7 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus, Yuk Coba!

7 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus, Yuk Coba! – Kamu pasti pernah kesal saat kehilangan gambar atau dokumen di ponsel, kan? Tapi bagaimana kalau tiba-tiba semua kontak di ponsel lenyap begitu saja? Tenang aja, ada beberapa cara simpel buat mengembalikan kontak yang terhapus di ponsel Android atau iOS.

Kamu tahu kan, kontak di ponsel itu penting banget, apalagi buat urusan pekerjaan dan keluarga. Bayangin deh betapa ribetnya kalau tiba-tiba kontak di HP hilang, terus kamu harus minta nomor sama orang-orang itu lagi.

Nggak usah panik deh kalau kamu lagi menghadapi situasi yang enggak enak kayak gini. Sebenernya, ada caranya kok buat mengembalikan kontak yang terhapus. Dengan ikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu bakal bisa lagi nyambungin teman, kolega, atau keluarga dengan mudah. Yuk simak pembahasannya!

7 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus, Yuk Coba!
7 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus, Yuk Coba!

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Kamu bisa lho mengembalikan kontak yang hilang tanpa ribet, cuma pake fitur di ponsel. Nah, ini dia langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi kontak, terus ketuk tanda tiga garis di pojok kiri atas.
  2. Cari menu Sampah di bagian bawah, tujuannya buat nampilin nomor-nomor yang baru aja kamu hapus. Ingat ya, setelah 15 hari, nomor-nomor ini bakal terhapus buat selamanya.
  3. Nah, pilih aja kontak yang mau kamu pulihin, terus ketuk tulisan Pulihkan.
  4. Tinggal tunggu, nanti kontak yang hilang bakal muncul lagi di ponsel kamu.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Pake Aplikasi

Kamu juga bisa, lho, mengembalikan kontak yang hilang pake aplikasi. Gampang banget, dan aplikasi-aplikasi ini ada di Google Play Store atau App Store. Yuk, ikutin caranya:

  1. Buka aplikasi Restore Contacts: Recover Deleted Contacts di Google Play Store atau App Store.
  2. Ketik aja nama kontak yang ilang, misalnya “Agung,” di kotak di atas.
  3. Setelah nemuin kontaknya, tinggal pencet tulisan “Restore” buat bawa balik kontaknya ke ponsel kamu. Mudah kan?

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus pake Google Contacts

Nih, ada cara lain buat kamu yang mau mengembalikan kontak yang hilang, pake Google Contacts. Gampang kok, dan ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Contacts lewat aplikasi Google Search di ponsel kamu.
  2. Ketuk tanda segi enam di pojok kiri atas, terus pilih “Urungkan perubahan.”
  3. Nah, kamu bisa pilih waktu kapan kontak terakhir kali ada. Misalnya kemarin, deh. Jadi Google bakal bawa balik kontak yang hilang dari 1 hari yang lalu dan seterusnya. Tinggal pilih aja trus pencet “Urungkan.”
  4. Selesai deh! Kontak yang ilang tadi bakal muncul lagi di ponsel kamu. Kamu bisa liat jumlah kontak bertambah, ini tandanya kontak yang hilang udah balik lagi.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus pake Gmail

Kamu bisa, loh, mengembalikan kontak yang terhapus pake akun Gmail. Tapi, catet ya, ini cuma bisa kalo kamu udah nyambungin perangkat Android kamu sama akun Gmail.

Jadi, kalo udah nyambungin, kamu bisa langsung ikutin langkah ini:

  1. Buka akun Gmail kamu, terus masuk ke menu Inbox.
  2. Di menu Inbox, cari aja tulisan “More,” trus pilih “Restore Contact.”
  3. Nanti kamu bakal liat daftar kontak yang pernah kamu simpen. Mulai dari yang baru-baru ini, sampe yang udah 30 hari yang lalu.
  4. Terakhir, pilih “sinkronisasi ulang” atau “Resync” di perangkat Android kamu. Tunggu bentar, trus kontak yang hilang bakal muncul lagi di HP kamu.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus pake iCloud

Kamu yang pakai iPhone juga bisa kok mengembalikan kontak yang hilang, pake iCloud. Ini gampang banget dan nggak perlu unduh-aplikasi-aplikasi lagi, karena semuanya bisa lewat web browser.

Nih, langkah-langkahnya:

  1. Buka web browser di HP kamu, terus buka situs icloud.com dan login.
  2. Setelah sukses login, cari menu “Account Settings.”
  3. Di situ ada beberapa pilihan menu. Karena kamu mau ngembaliin kontak yang hilang, pilih aja menu “Advance,” trus “Restore Contact.”
  4. Lanjutnya, pencet aja “Restore Next” buat pilih tanggal sebelum kontak di HP kamu ilang.
  5. Pas udah tentuin tanggalnya, klik “Restore Again To Confirm” buat mulai nge-pulihin datanya.
  6. Nanti, pas datanya udah pulih, kamu bakal dapat notifikasi di icloud.com dan juga lewat email kamu. Kontak yang tadi ilang bakal muncul lagi di HP kamu.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus pake PC

Kamu yang pakai iPhone juga bisa banget lho, ngembaliin kontak yang ilang pake PC. Ada aplikasi Dr. Fone yang bisa bantu kamu pulihin data kontak yang hilang dengan gampang. Nah, yang seru, kamu bisa milih sendiri kontak mana yang mau kamu pulihin. Ini beda banget sama cara-cara yang lain. Biar nggak bingung, cek cara-cara lengkapnya berikut ini:

  1. Pertama, unduh dulu aplikasi Dr. Fone dari situs drfone.wondershare.com.
  2. Colok iPhone ke PC, terus buka aplikasi Dr. Fone.
  3. Pilih menu “Data Recovery,” trus klik “Recover from iOS Device.”
  4. Di situ ada beberapa pilihan, terkait data apa yang mau kamu pulihin. Karena kamu mau balikin data kontak, pilih aja “Contact.”
  5. Klik tombol “Start Scan,” yang ada di pojok kanan bawah aplikasinya, lalu tunggu beberapa menit sampai kontak berhasil dikembalikan.
  6. Setelah itu, kamu bisa milih sendiri kontak mana yang mau kamu pulihin. Mau yang keluarga, atau temen kerja, semuanya bisa. Tinggal pencet “Contact.”
  7. Nah, terakhir kamu tinggal pilih mau “Restore to Device” atau “Recover to Computer,” buat selesainya proses balikin datanya.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus pake Recover Deleted Contacts

Nah, buat kamu yang sering simpen kontak di kartu SIM, kadang suka ada masalah kan? Misalnya, tiba-tiba aja kontak di kartu SIM hilang. Tenang aja, nggak perlu panik. Kamu masih bisa mengembalikan kontak yang terhapus di kartu SIM, loh. Nah, ikutin nih langkahnya:

  1. Pertama, unduh dulu aplikasi Recover Deleted Contacts dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya, lalu pilih opsi “Recover Contacts.”
  3. Setelah itu, kamu bakal lihat daftar kontak yang udah hilang dari kartu SIM. Nah, tinggal pilih aja kontak yang mau kamu pulihin, trus pencet “Restore.”

Kesimpulan

Jadi, dalam menghadapi masalah kehilangan kontak di ponsel, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikannya. Kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan ponsel seperti Fitur Pulihkan, menggunakan aplikasi tambahan seperti Restore Contacts: Recover Deleted Contacts, atau menggunakan layanan seperti Google Contacts dan iCloud.

Selain itu, untuk pengguna iPhone, Dr. Fone juga bisa menjadi opsi yang praktis. Jika kontakmu terhapus di kartu SIM, ada pula aplikasi Recover Deleted Contacts yang dapat membantu mengembalikannya. Dengan langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan dalam artikel, kamu dapat dengan mudah mengembalikan kontak yang hilang dan melanjutkan koneksi dengan teman, keluarga, dan rekan kerjamu. Jadi, nggak perlu khawatir lagi kalau tiba-tiba kontakmu menghilang!

Tinggalkan komentar