5 Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store

5 Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store – Kamu tidak bisa menggunakan Google Play Store? Atau ingin meng-upgrade aplikasi Android tanpa harus lewat playstore? Tenang saja, sekarang kamu bisa melakukan Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store dengan mudah loh.

Sebagai pengguna Android, Google Play Store memang tempat yang paling bagus untuk mengunduh dan meng-update berbagai aplikasi yang kamu butuhkan. Mulai dari aplikasi media sosial sampai aplikasi-aplikasi yang mungkin terdengar asing.

Walaupun play store punya banyak jenis aplikasi, tapi terkadang ada aplikasi-aplikasi keren yang nggak ada di play store, jadi kamu hanya bisa mengunduhnya dari situs di internet, kayak contohnya WhatsApp MOD. Nah, untuk bisa dapetin aplikasi-aplikasi kayak gitu dan tetap bisa nge-update pas ada versi terbarunya, kamu perlu tahu Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store.

5 Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store
5 Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store

Kenapa harus Update Aplikasi?

Mengupdate aplikasi di perangkat Android memiliki beberapa alasan penting yang bisa memberikan manfaat besar bagi pengalaman pengguna dan keamanan perangkatmu:

  1. Fitur dan Fungsionalitas Baru: Pengembang aplikasi terus memperbarui aplikasi mereka dengan menambahkan fitur baru, peningkatan fungsionalitas, dan perbaikan bug. Dengan mengupdate aplikasi, kamu bisa mendapatkan manfaat dari peningkatan ini dan mengakses fitur-fitur baru yang mungkin belum ada sebelumnya.
  2. Peningkatan Kinerja: Update aplikasi sering kali mencakup perbaikan performa. Ini bisa berarti aplikasi berjalan lebih lancar, lebih cepat, dan lebih responsif, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.
  3. Keamanan: Pengembang sering memperbarui aplikasi untuk mengatasi masalah keamanan yang mungkin muncul. Aplikasi yang tidak diupdate bisa menjadi rentan terhadap serangan atau pelanggaran keamanan. Dengan mengupdate, kamu memastikan bahwa aplikasimu memiliki perlindungan terbaru dari ancaman keamanan.
  4. Perbaikan Bug: Aplikasi mungkin memiliki bug atau masalah yang ditemukan setelah peluncuran. Update aplikasi sering mencakup perbaikan untuk masalah-masalah tersebut, yang bisa membuat penggunaan aplikasi menjadi lebih stabil dan mengurangi frustrasi.
  5. Kompatibilitas dengan Sistem Operasi Baru: Ketika sistem operasi Android diperbarui, beberapa aplikasi mungkin tidak lagi kompatibel. Pengembang akan merilis update untuk memastikan bahwa aplikasi tetap berjalan dengan baik pada versi sistem operasi yang lebih baru.
  6. Dukungan Teknis: Pengembang biasanya hanya memberikan dukungan teknis untuk versi aplikasi yang paling baru. Jika kamu menghadapi masalah dengan versi lama, kamu mungkin tidak akan mendapatkan bantuan yang kamu butuhkan.
  7. Optimalisasi dan Pemeliharaan: Update juga dapat mencakup proses optimasi dan pemeliharaan, termasuk pengurangan penggunaan baterai, pengoptimalan ukuran file, dan perbaikan kesalahan lain yang mungkin tidak terlihat langsung oleh pengguna, tetapi bisa mempengaruhi performa perangkat secara keseluruhan.

Mengupdate aplikasi secara rutin membantu menjaga perangkatmu tetap aman, berkinerja tinggi, dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store

Kalau kamu lagi menghadapi masalah kayak gini, jangan khawatir ya. Karena sekarang ada beberapa Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store. Berikut Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store:

  1. Gunakan APKUpdater

APKUpdater itu namanya, suatu aplikasi yang bisa dengan otomatis meng-update aplikasi di HP Android kamu. Aplikasi ini bisa ngambil update dari berbagai tempat, seperti APKMirror, APKPure dan bahkan playstore juga.

Berikut langkah-langkahnya buat update aplikasi tanpa play store:

  1. Download dulu aplikasi APKUpdater dari tautan di sini.
  2. Pasang aplikasinya di HP Android kamu.
  3. Buka aplikasinya, terus masuk ke menu pengaturan.
  4. Tekan yang namanya “Periksa pembaruan”, lalu pilih “Harian”.
  5. Di bagian “Perbarui Sumber”, centang semuanya aja.
  6. Terus biarin aja aplikasinya loading sampai selesai.
  7. Kalo udah, masuk ke menu “Pembaruan”.
  8. Selesai

Di menu “Pembaruan” bakal ada daftar semua aplikasi yang butuh update. Cukup pencet “Install”, nah, aplikasinya bakal langsung di-update dengan sendirinya.

  1. Gunakan APKMirror

Kamu bisa temuin banyak macam aplikasi terbaru dan yang versi lama di situs APKMirror. Dengan bantuan situs ini, Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store jadi lebih gampang.

Nah, ini dia langkah-langkahnya buat meng-update aplikasi:

  1. Pertama, buka situs APKMirror.
  2. Terus ketik aja nama aplikasinya di kotak pencarian.
  3. Pilih versi aplikasi yang kamu mau.
  4. Setelah berhasil, pasang aplikasinya.
  5. Nanti aplikasinya bakal ter-update dengan sendirinya.

Tapi inget ya, pastiin kamu pilih versi aplikasi yang udah stabil supaya nggak ada masalah. Jadi, lebih baik nggak usah pake versi alpha atau beta.

  1. Coba Aptoide

Di sini kamu juga bisa pake versi terbaru buat update aplikasi tanpa play store.

Nih, ikutin langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Aptoide lewat browser.
  2. Cari aja aplikasinya pake kotak pencarian.
  3. Klik tombol “Download” buat dapetin file APK-nya.
  4. Setelah selesai di-download, pasang aplikasinya.
  5. Kalo berhasil, berarti aplikasimu udah di-update ke versi yang terbaru.

Aptoide punya banyak banget koleksi aplikasi. Bahkan bisa jadi alternatif buat kamu yang pengen update aplikasi tanpa lewat play store.

  1. Cobain AppsGag

AppsGag mungkin masih terdengar agak asing dibanding situs-situs yang udah disebutkan. Tapi sebenernya, AppsGag bisa jadi solusi buat kamu buat update aplikasi Android tanpa harus lewat play store.

  1. Buka browser, trus buka AppsGag.
  2. Pake fitur pencarian buat cari aplikasi yang kamu mau.
  3. Begitu halaman aplikasinya muncul, scroll ke bawah.
  4. Klik tombol “Unduh”, terus klik lagi buat konfirmasi unduh.
  5. Nah, file APK-nya bakal mulai diunduh.
  6. Pasang aja file APK-nya buat update aplikasinya.
  7. Selesai

Mudah banget kan? Nah, tampilannya juga simpel, jadi nggak ribet waktu diakses.

  1. Cek APKPure

APKPure juga punya banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatin buat update tanpa Google Play Store.

  1. Langkah pertama, buka dulu situs APKPure.
  2. Terus cari aplikasi yang mau kamu update.
  3. Buka bagian aplikasinya.
  4. Klik tombol “Unduh XAPK”.
  5. Begitu proses downloadnya selesai, langsung aja pasang.
  6. Selesai

APKPure nyediain XAPK, yang sebenarnya itu file APK yang udah digabung sama data yang dibutuhkan. Nah, ini cocok banget buat aplikasi yang ukurannya gede di Android.

Jadi, itulah beberapa pilihan buat update aplikasi di Android tanpa harus pake Google Play Store. Tinggal pilih Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store yang paling gampang dan cocok buat kamu. Semoga berguna ya!

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada beberapa Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store yang bisa kamu pilih untuk memperbarui aplikasi di Android tanpa harus menggunakan Google Play Store. Kamu bisa coba menggunakan APKUpdater, situs seperti APKMirror, Aptoide, AppsGag, atau APKPure.

Setiap Cara Update Aplikasi Android Tanpa Play Store punya langkah-langkah yang gampang diikuti, jadi kamu bisa pilih yang paling nyaman buat kamu. Dengan memanfaatkan opsi-opsi ini, kamu bisa tetap meng-update aplikasi-aplikasi kesayanganmu tanpa harus tergantung pada Play Store.

Ingat untuk selalu memilih versi aplikasi yang stabil dan hati-hati saat mengunduh dan menginstal file dari sumber-sumber yang dapat dipercaya.

Tinggalkan komentar