14 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

14 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi – Hai! Apa Kamu sudah tahu? enggak cuma laptop yang bisa bermasalah, tapi keyboard laptop juga bisa bikin kamu pusing, apalagi kalo kamu sering kerja di rumah.. Nah, untungnya, ada beberapa cara simpel buat ngatasi masalah keyboard laptop yang nggak berfungsi loh.

Yuk simak terus pembahasan dan dapatkan manfaatnya!

14 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi
14 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Mati

Nih, ada beberapa langkah simpel yang bisa kamu coba buat benerin keyboard laptop yang nggak berfungsi, tanpa harus repot datengin tempat service. Penasaran? Yuk, simak solusi-solusi berikut yang bisa kamu praktikin buat menghidupin lagi keyboard kamu!

  • Memperbaiki Driver Keyboard

Salah satu penyebab keyboard laptop tiba-tiba mati bisa karena masalah di driver keyboard, kaya bug atau error gitu. Tapi tenang aja, kamu bisa kok memperbaiki driver keyboard lewat device manager. Ini dia cara kamu ngatasi keyboard laptop yang mati gara-gara driver:

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih Hardware and Sounds.
  3. Klik Device Manager di bagian Devices and Printers.
  4. Klik kanan di menu Keyboard dan pilih Update Driver Software.
  5. Kalo berhasil, bakal keluar notifikasi kalo driver udah diperbarui.
  6. Setelah driver diperbarui, kamu bisa cek lagi deh, apakah keyboardnya udah normal lagi atau belum.
  • Restore Windows

Kalo ngaturan Windows-nya berantakan atau ada masalah di sistemnya, bisa bikin keyboard bermasalah juga. Nah, buat ngatasi ini, kamu bisa lakuin restore Windows. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel.
  2. Masuk ke bagian System and Security.
  3. Klik File History.
  4. Pilih Restore Personal Files di bagian samping kiri.
  5. Tunggu sampe proses restore Windows selesai.
  • Ganti Layout Keyboard

Layout keyboard itu pengaturan buat tombol-tombol di keyboard sesuai sama bahasa dan kebiasaan ngetik di negara tertentu. Misalnya, layout keyboard di Amerika beda sama di Indonesia.

  1. Klik Start.
  2. Masuk ke Settings.
  3. Pilih Time and Language.
  4. Klik Language.
  5. Pilih bahasa yang mau kamu pake dan klik Options.
  6. Kalo udah, hapus aja bahasa keyboard yang nggak penting.
  7. Kalo kamu mau nambahin layout keyboard lain, klik Add a Keyboard.
  • Sesuaikan Pengaturan Keyboard

Pengaturan keyboard biasanya udah diatur otomatis. Tapi terkadang, konfigurasi pengaturannya bisa bikin masalah, kayak delay waktu ngetik atau pengaturan lainnya.

  1. Buka Control Panel.
  2. Klik Ease of Access.
  3. Geser ke bawah, pilih menu Explore All Settings.
  4. Pilih ikon Keyboard atau Make the Keyboard Easier to Use.
  5. Geser lagi ke bawah, klik Set Up Filter Keys.
  6. Uncheck Turn off Filter Keys, trus klik OK.

Coba Restart Laptop

Walaupun kelihatannya simpel, restart laptop bisa jadi jalan buat ngatasi keyboard yang nggak jalan. Ini bisa mengusir bug yang nyebelin di laptop.

Kalo kamu udah coba ini dan belum ada hasilnya, matiin laptop dengan nge-hold tombol Power beberapa detik. Trus, tunggu sebentar, lalu nyalain lagi deh. Lihat deh, apakah keyboardnya udah oke atau belum.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Bermasalah

Pernah nggak, kamu lagi serius ngetik di laptop, eh tiba-tiba keyboardnya bermasalah? Bisa jadi itu karena malware atau virus. Nah, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk ngatasi masalah keyboard ini. Yuk, simak caranya di bawah ini ya!

  • Periksa Apakah Laptop Terkena Virus

Kamu tahu nggak, malware dan virus bisa bikin laptop jadi rewel, termasuk bikin keyboard nggak jalan. Kalo kamu curiga ini penyebabnya, tenang aja, kamu bisa membersihkan laptop pake aplikasi anti-virus kayak Malwarebytes, Avast, McAfee, atau Norton. Ada juga Windows Security dari Microsoft yang oke banget.

  • Matikan Fitur Num Lock

Kalo keyboard laptopmu punya tombol Num Lock, coba deh matiin fiturnya. Ini bisa bantu kalo tiba-tiba keyboard jadi aneh gara-gara Num Lock. Gampang, kok, tinggal teken tombol Fn sama Num Lock barengan.

  • Lepas dan Pasang Baterai

Tau enggak, baterai laptop kadang bisa bikin masalah di keyboard? Kalo baterainya kepanasan atau udah uzur, bisa ngebentak-bentak keyboard. Jadi, coba lepas dulu baterainya, colokin laptop ke listrik, trus nyalain lagi. Liat deh, apakah keyboardnya udah oke atau belum.

  • Gunakan On-screen Keyboard

Kalo kamu lagi buru-buru dan belum sempet coba cara-cara di atas, tenang aja, kamu bisa pake fitur On-screen keyboard. Caranya:

  1. Buka menu Start.
  2. Pilih Program, trus klik Accessories.
  3. Klik Accessibility.
  4. Pilih On-screen Keyboard buat nyala-in fiturnya.
  5. Keyboard bakal muncul di layar, kamu bisa pake itu buat ngetik. Meskipun agak ribet, tapi ini oke buat kondisi darurat.
  • Bersihin Keyboard

Kalo keyboard kotor, bisa bikin masalah juga. Debu dan kotoran bisa nganggu jalan tombol-tombolnya. Cara bersihinnya gampang:

  1. Miringin laptop sampe debu gede pada keyboard jatuh.
  2. Bersihin keyboard pake lap atau kuas kecil sampe bersih.
  3. Cek lagi deh, apakah keyboardnya udah balik normal atau belum.
  • Ganti Keyboard Bawaan Laptop

Kalo semua cara di atas belum sukses, mungkin kamu perlu ganti keyboard. Bisa beli di toko online atau bawa ke tempat service resmi. Pastiin beli yang sesuai sama merek dan tipe laptopmu, ya.

  • Pasang Keyboard Eksternal

Ini mungkin perlu biaya, tapi lebih simpel daripada harus bongkar laptop. Kamu bisa pasang keyboard eksternal, yang bisa ngehubungin ke laptopmu. Ada yang kabel, ada yang nggak. Tapi kalo kamu sering bepergian, mungkin agak ribet bawa-bawa keyboard tambahan ini.

  • Bawa ke Tempat Service

Kalo semua upaya udah kamu coba tapi tetep nggak bisa, nggak ada salahnya bawa laptop kamu ke tempat service. Mereka lebih paham, dan bisa bantu kamu perbaiki dengan bener. Ingat, lebih baik ke tempat service resmi ya!

Apa yang Bikin Keyboard Laptop Jadi Rusak?

Setelah kamu tahu cara ngatasi masalah keyboard laptop, sekarang kita bahas dulu apa penyebabnya. Biar nantinya kamu bisa lebih waspada dan nggak lagi ketemu masalah yang sama.

  1. Driver keyboard rusak.
  2. Setelan keyboard yang berantakan.
  3. Virus atau malware yang bikin rusuh.
  4. Nekad pencet tombol-tombol yang matiin keyboard.
  5. Laptop kena benturan keras.
  6. Terlalu sering dipake.
  7. Konektor keyboard yang goyang.
  8. Keyboard jarang dibersihin, bisa jadi sarang debu.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya, keyboard laptop yang nggak berfungsi bisa bikin kita kesel dan ganggu kerjaan kita. Tapi tenang, ada beberapa cara simpel yang bisa kamu coba untuk ngatasi masalah ini. Mulai dari ngecek virus, reset laptop, sampe ganti keyboard baru.

Selain itu, kamu juga harus tahu penyebabnya, seperti driver rusak atau setelan keyboard yang bermasalah. Pastikan juga buat rajin membersihkan keyboard dari debu supaya nggak bikin masalah. Semoga dengan cara-cara di atas, kamu bisa punya keyboard laptop yang normal lagi dan bisa nyaman saat dipakai bekerja atau main. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar