10 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Anak Sekolah

10 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Anak Sekolah – Di era kemajuan teknologi ini, Anda harus tahu apa saja jenis aplikasi belajar online yang bisa sangat memudahkan anak dalam belajar. Memang kebanyakan orang merasa bahwa belajar secara offline atau secara tatap muka langsung akan lebih efektif daripada cara lainnya.

Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Apalagi ada anak – anak yang lebih suka belajar di rumah dengan melihat visual menarik. Jadi selain belajar di sekolah bersama guru dan teman – temannya, anak juga harus tetap belajar mandiri di rumah agar pengetahuannya bertambah.

Kemudian untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, tentu Anda harus memanfaatkan aplikasi yang bisa diakses dengan mudah untuk mendapat ilmu pengetahuan. Itu sebabnya memahami apa saja aplikasi untuk belajar online terbaik sangat penting dilakukan.

Jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi untuk pembelajaran secara online sebelumnya, coba perhatikan beberapa jenis aplikasinya berikut ini yang terbaik, kemudian gunakan untuk menambah pengetahuan secara mandiri di rumah.

10 Aplikasi Belajar Online Terbaik

Pada zaman ini memang semuanya serba ditangani dan diatasi oleh aplikasi. Tentu saja hal ini akan mempermudah Anda dalam banyak kegiatan, termasuk salah satunya adalah pembelajaran. Inilah beberapa aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk belajar dengan mudah.

1.      Ruang Guru

Ruang guru adalah salah satu aplikasi terbaik dan terkenal di kalangan anak sekolah. Ruang guru tidak hanya membantu untuk pembelajaran, namun juga mengerjakan pekerjaan rumah melalui materi – materi menariknya. Mentor di Ruang Guru juga sangat berkualitas dan ahli.

Bersama Ruang Guru, Anda akan menemukan berbagai materi untuk SD, SMP, SMA dan bahkan persiapan kuliah. Tidak heran jika banyak sekali orang yang lebih memilih Ruang Guru daripada aplikasi lainnya untuk menambah ilmu.

Sebagai salah satu aplikasi belajar online terbaik, Ruang Guru juga menyediakan materi secara gratis. Namun tidak semuanya bisa diakses dengan gratis, ada juga materi – materi yang baru bisa diakses ketika Anda sudah berlangganan di aplikasinya.

2.      Zenius

Zenius juga cukup terkenal terutama setelah ada berbagai penyelesaian soal SBMPTN di tahun 2018 yang terbukti cukup akurat. Zenius menyediakan berbagai materi untuk anak sekolah SMP, SMA dan persiapan kuliah. Materinya juga cukup mudah dipahami oleh semua anak.

Sebagai salah satu aplikasi belajar online terbaik, tentu saja Zenius memiliki mentor terbaik dan sangat ahli di bidangnya. Bahkan ada juga sesi penyelesaian soal di buku – buku standar sekolah. Jadi Anda bisa langsung belajar sekaligus memahami jawaban dari soal – soal itu.

Zenius tidak hanya bisa diakses melalui aplikasi, namun bisa juga melalui website. Tampilannya juga kurang lebih mirip serta tidak membosankan. Ada banyak materi yang bisa diakses secara gratis di Zenius. Namun ada juga yang berbayar meskipun tidak terlalu mahal.

3.      Aku Pintar

Dahulu, aplikasi belajar online seperti Aku Pintar hanya dikenal sebagai platform untuk membantu persiapan kuliah. Bahkan ada juga tes kepribadian untuk membantu menentukan mana jurusan kuliah terbaik dan paling sesuai dengan kepribadian Anda tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, Aku Pintar mulai menambah layanannya yaitu untuk pembelajaran secara online. Jadi Anda juga bisa menemukan berbagai materi SD, SMP dan SMA yang bisa digunakan sebagai dasar menambah pengetahuan.

4.      Quipper

Quipper juga termasuk aplikasi belajar online cukup terkenal, bahkan pernah menyaingi Ruang Guru sebagai platform terbaik. Quipper juga menyediakan berbagai materi dari SD sampai SMA. Kemudian fitur menariknya adalah adanya soal latihan dan quiz untuk semakin melatih Anda.

Ada juga fitur untuk menandai mana saja materi yang sudah selesai dipelajari atau belum. Jadi semua fitur di Quipper ini sangat memudahkan untuk pembelajaran tahap demi tahap. Quipper bisa diunduh secara gratis di playstore. Namun untuk materinya masih ada yang harus berbayar.

5.      Brainly

Brainly dahulu hanya tersedia di web, namun kini juga sudah menjadi salah satu aplikasi belajar online terbaik. Brainly memiliki perbedaan dengan jenis aplikasi untuk pembelajaran online lainnya. Perbedaan tersebut adalah jawaban dari soal berasal dari para anggota di dalamnya.

Jadi Brainly lebih seperti platform untuk membantu menjawab pertanyaan orang lain. Namun biasanya jawaban yang diberikan sangat membantu dan sesuai dengan seharusnya. Anda juga bisa menjawab pertanyaan orang lain jika memang sudah memahami materi atau pelajarannya.

6.      Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah salah satu aplikasi belajar online terbaik yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Jika melihat dari pengembangnya, tentu Anda akan merasa Rumah Belajar jauh lebih terpercaya daripada lainnya. Hal ini karena materinya berasal dari Kemendikbud langsung.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik, seperti bank soal, kelas digital, buku elektronik, laboratorium dunia maya dan lain sebagainya. Semua fiturnya sangat membantu untuk anak – anak sekolah. Selain itu semuanya bisa diakses secara gratis atau tidak berbayar.

7.      Google for Education

Google juga tidak ketinggalan membuat aplikasi belajar online. Nama aplikasinya adalah Google for Education yang bisa diakses dengan mudah. Aplikasi ini mulai rilis sejak covid – 19 untuk mendukung kegiatan pembelajaran anak – anak sekolah menjadi lebih mudah di rumah.

Google for Education juga bisa diakses secara gratis. Fitur yang tersedia di dalamnya adalah beberapa materi untuk belajar secara luas. Kemudian untuk mengakses Google for Education ini tidak memerlukan jaringan internet kuat, sehingga bisa diakses di mana saja.

8.      Kipin School

Kipin School juga menjadi aplikasi belajar online terpercaya karena menyediakan banyak materi dari Kemendikbud. Kipin School memiliki fitur ujian online untuk memudahkan anak – anak dalam latihan mengerjakan soal. Soal – soalnya juga terpercaya dari sumber tepat.

Kipin School bisa digunakan oleh siapa saja, baik anak – anak dari SD, SMP, SMA dan bahkan SMK. Hanya saja masih belum ada materi untuk persiapan kuliah. Namun sejauh ini, Kipin School sudah memiliki banyak pengguna. Bahkan semuanya bisa diakses secara gratis.

9.      Media Belajar Online

Media belajar online atau lebih sering disingkat dengan MBO adalah salah satu aplikasi belajar online dengan tampilan sederhana. MBO dapat digunakan tidak hanya oleh siswa saja namun juga guru untuk mendapatkan materi yang diinginkan.

MBO juga menyediakan buku dan video untuk belajar secara daring. Kemudian tidak perlu pembayaran untuk mengakses fitur – fiturnya.

10.  Sekolahmu

Sekolahmu juga banyak disukai oleh anak – anak karena ada banyak pembelajaran dengan video. Sekolahmu bisa membuat kegiatan menambah ilmu ini menjadi lebih menyenangkan karena tutorial belajarnya disampaikan oleh tutor dengan seru.

Bahkan materinya juga dikelompokkan sesuai dengan kurikulum di sekolah. Tentu saja semua fitur dan kemudahan ini sangat membantu dalam proses belajar anak – anak sekolah.

Setelah mengetahui apa saja saja jenis aplikasinya yang sangat membantu dalam pembelajaran, tentu Anda harus memanfaatkan aplikasi belajar online tersebut sebaik mungkin.

Tinggalkan komentar