Cara Buat Toko di Shopee, Yuk Jualan!

Cara Buat Toko di Shopee, Yuk Jualan! – Bagaimana cara membuka toko di Shopee lewat HP? Buat Kamu yang ingin memulai usaha berjualan online pasti ingin tahu caranya dengan tepat. Shopee adalah salah satu marketplace pilihan di Indonesia, bersama dengan Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Tak hanya untuk pembeli, Shopee juga menjadi platform andalan bagi para penjual, baik yang sudah punya brand kuat maupun yang baru memulai. Shopee menjadi wadah efektif untuk berjualan secara online.

Namun, banyak orang yang bingung bagaimana cara buat toko di shopee lewat HP. Padahal, sebenarnya hanya butuh beberapa langkah mudah untuk memiliki toko sendiri. Apakah kamu salah satunya?

Lewat panduan ini, kamu akan dipandu tentang cara buat toko di shopee sebagai penjual tanpa modal, sehingga kamu bisa langsung membuka toko online.

Yuk, simak langkah-langkah berikut!

Cara Buat Toko di Shopee, Yuk Jualan!
Cara Buat Toko di Shopee, Yuk Jualan!

Mulai menentukan Ingin Menjual Produk Sendiri, Jadi Reseller, atau Dropship?

Sebelum membuka toko di Shopee, ada baiknya kamu menentukan jenis barang yang akan kamu jual. Pertimbangkan apakah kamu akan menjual produk sendiri, menjadi reseller dari supplier besar, atau menjadi dropshipper. Setiap jenis kategori tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini sebelum kamu memulai cara buat toko di shopee tanpa modal.

  1. Menjual produk sendiri:

Jika kamu memiliki produk sendiri, pastinya kamu sudah tahu kelebihan dan keunikan produkmu dibandingkan dengan pesaing. Kamu juga memiliki kendali penuh atas produksi dan kualitas barangmu. Mungkin sebelumnya kamu sudah berjualan secara offline atau bahkan dengan sistem online.

Kelebihannya adalah stok barang mudah dikelola, kamu bisa mengendalikan kualitas produksi, dan juga dapat menjaring reseller dan dropshipper untuk membantu penjualanmu.

Namun, kekurangannya adalah membutuhkan tenaga dan modal untuk meracik produk, riset pasar, menguatkan brand melalui kegiatan pemasaran, dan ada risiko kerugian jika barang yang dijual tidak mendapatkan modal kembali.

  1. Menjadi reseller:

Sebagai reseller, kamu akan menjual produk milik orang lain, misalnya produk dari supplier besar yang sudah memiliki pasar dan reputasi baik di mata pelanggan. Tugasmu hanya menjual produk tersebut dengan syarat membeli terlebih dahulu produk dari supplier dalam jumlah tertentu.

Kelebihannya adalah kamu tidak perlu membangun brand dari nol, stok mudah dikelola, dan biasanya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena kamu bisa menentukan harga jual dengan mark-up tertentu.

Namun, kekurangannya adalah kamu harus mengeluarkan modal untuk membeli produk dalam jumlah tertentu sebagai persyaratan minimum order.

  1. Menjadi dropshipper:

Jika kamu ingin mencoba berjualan di Shopee tanpa harus menyimpan stok barang, kamu bisa menjadi dropshipper. Ini berarti kamu akan menjual produk dari supplier tanpa harus memiliki stok terlebih dahulu. Kamu hanya perlu mencari pelanggan yang siap untuk memesan produk, dan kemudian mengirimkan pesanan tersebut ke supplier. Dengan cara buat toko di shopee ini, kamu bisa mendapatkan komisi penjual di Shopee.

Kelebihannya adalah kamu bisa berjualan di Shopee tanpa stok barang dan tanpa modal, cukup dengan giat memasarkan produk.

Namun, kekurangannya adalah kamu tidak dapat mengelola stok sendiri, kualitas gambar produk bergantung pada supplier, dan keuntungan yang didapatkan tidak sebesar reseller.

Setelah mengetahui jenis barang yang akan kamu jual, pilihlah yang sesuai dengan modal dan karakter kamu.

Cara Buat Toko di Shopee Online

Kamu bisa membuka toko online di Shopee Indonesia dengan mudah melalui aplikasi Shopee di HP. Ini adalah cara buat toko di shopee lewat HP:

  1. Pertama, akses situs Shopee atau unduh aplikasi Shopee dari Play Store atau App Store.
  2. Tap “Daftar” di aplikasi.
  3. Masukkan nomor HP yang aktif (pastikan belum terdaftar di Shopee sebelumnya), kode captcha, dan kode verifikasi, lalu klik “Daftar”.
  4. Selanjutnya, cek SMS untuk mendapatkan kode verifikasi, lalu masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia. Tap “Lanjut”.
  5. Kamu bisa masukkan username sesuai dengan brand toko dan buat password. Konfirmasi password di bawahnya, lalu tap “Lanjut”.
  6. Selesai! Sekarang toko Shopee-mu sudah siap.

Cara Melengkapi Profil Melalui Aplikasi

Setelah tahu cara buat toko di shopee lewat HP, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil toko agar calon pembeli bisa mendapatkan informasi yang jelas. Kamu bisa melengkapi profil toko ini baik melalui aplikasi Shopee maupun Seller Centre jika menggunakan browser di PC. Berikut beberapa data yang perlu kamu lengkapi:

  • Nama toko:

Isi nama toko sesuai dengan brand yang kamu inginkan. Pilihlah nama yang mudah diingat dan memiliki ciri khas yang menarik bagi pendengar.

  • Deskripsi toko:

Jelaskan toko kamu dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Sertakan informasi mengenai produk yang dijual, jam buka toko, pilihan pengiriman yang tersedia, dan juga voucher atau promo yang sedang kamu berikan.

  • Gambar deskripsi toko:

Gunakan gambar yang dapat menjelaskan brand kamu dengan baik. Kamu bisa menampilkan program promo dan voucher yang sedang berlangsung agar calon pembeli tertarik.

Dengan melengkapi profil toko ini, toko Shopee-mu akan terlihat lebih profesional dan menarik bagi pembeli potensial.

Cara Melengkapi Profil Melalui Seller Centre (Browser PC)

Nah, berikut cara mudah untuk melengkapi profil toko Shopee melalui Seller Centre:

  1. Pergi ke Seller Centre dan pilih menu “Profil Toko”.
  2. Lengkapi Nama Toko agar terlihat khas dan mudah diingat.
  3. Tambahkan Deskripsi Gambar dengan mengunggah hingga 5 foto dan video yang mencerminkan identitas brand toko kamu dengan kuat.
  4. Buat Deskripsi toko yang singkat dan padat, sehingga menarik pembeli untuk mengunjungi toko kamu. Kamu bisa menyertakan informasi penting seperti riwayat toko, jenis produk yang dijual, atau waktu respon chat.

Setelah semua selesai, jangan lupa klik tombol “Simpan”. Dengan melengkapi profil toko dengan baik, diharapkan toko kamu semakin menarik dan sukses dalam menarik perhatian pembeli.

Cara buat toko di Shopee dan Berjualan Produk Pertama di Shopee untuk Pemula

Setelah tahu cara buat toko di shopee lewat HP, sekarang waktunya untuk tahu cara berjualan di marketplace ini. Pertama, kamu bisa mencoba menampilkan produk pertama yang ingin kamu jual agar merasakan pengalaman berjualan di Shopee. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Shopee atau akses Seller Center melalui seller.shopee.co.id.
  2. Pilih menu “Saya” dan tap “Mulai Jual”.
  3. Klik “Tambah Produk Baru”.
  4. Lengkapi informasi produk, seperti nama produk, deskripsi produk, kategori produk, harga produk, stok produk (jumlah barang yang tersedia), variasi produk (misalnya warna atau ukuran), berat produk (dalam Kg), kondisi produk (Baru/Bekas), jasa pengiriman yang akan kamu gunakan (JNE, J&T, dll.), dan juga rekening bank untuk pembayaran.
  5. Setelah semua informasi produk terisi dengan lengkap, tap “Simpan & Tampilkan”.
  6. Selesai! Produk pertamamu sudah ditampilkan di Shopee dan siap untuk dijual.

Dengan langkah-langkah ini, kamu sudah bisa memulai perjalanan berjualan di Shopee. Semoga sukses!

Selamat berjualan!

Tinggalkan komentar