Cara Jualan di Shopee Agar Cepat Laku

Shopee merupakan salah satu aplikasi toko online terbesar di Indonesia, sehingga mengetahui cara berjualan di Shopee bisa menjadi langkah awal untuk memulai berjualan online. Setiap harinya, ada jutaan orang yang bertransaksi di aplikasi ini. Tak heran banyak pebisnis online yang menjadikan Shopee sebagai tempat jualan online utama.

Selain banyaknya pelanggan yang sering belanja online di Shopee, aplikasi toko online ini juga menyediakan banyak fitur yang menguntungkan baik untuk penjual maupun pembeli. Mulai dari fitur promo gratis ongkir dan cashback hingga fitur beriklan yang membuat lapak kita mudah ditemui calon pembeli. Tanpa berlama – lama lagi, berikut penjelasan bagaimana cara berjualan di marketplace Shopee :

Tips Jualan di Shopee Untuk Pemula

Sebelum memulai berjualan ada baiknya kalian perhatikan beberapa tips jualan di shopee untuk pemula agar tidak salah langkah dan bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Gunakan identitas asli dalam berjualan di shopee
  2. Jual produk yang tidak melanggar aturan shopee
  3. Jual produk yang prospek kedepan bagus (diminati)
  4. Cari produk yang dapat bersaing (harga/barang) dipasaran
  5. Gunakan nama toko dan sesuaikan dengan barang yang kalian jual
  6. Jika sudah mempunyai nama Brand gunakan nama tersebut
  7. Update post secara berkala
  8. Gunakan fitur naikkan produk (gratis)
  9. Setting jasa kirim COD agar konsumen lebih percaya
  10. Menerima refunt jika barang cacat saat di terima pembeli
  11. Berikan pelayanan yang maksimal kepada pembeli
  12. Kerjasama dengan agen produk (Dropsip)
  13. Ikuti event – event yang diadakan oleh pihak shopee
  14. Gunakan fitur iklan yang ada di shopee (berbayar)
  15. Manfaatkan fitur live yang ada di shopee

Cara Berjualan di Shopee Terbaru

Sebelum mulai berjualan di Shopee, ada beberapa langkah yang harus kalian semua ikuti. Di antaranya adalah :

Membuat Akun Shopee

Sama seperti cara jualan online di aplikasi – aplikasi toko online yang lain, kalian juga perlu membuat akun untuk bisa berjualan di Shopee. Proses pembuatan akun Shopee sangat simple. Yang perlu kalian siapkan hanya Nomor Telephone dan akun Gmail atau email. Kemudian, ikuti langkah di bawah ini melalui smartphone Android.

  • Buka aplikasi Shopee di android atau melalui web shopee
  • Klik tab “Saya” yang ada di pojok kanan bawah
  • Akan muncul pilihan “Daftar” dan klik pilihan tersebut
  • Masukan nomor telepon atau gmail yang ingin kalian gunakan, kalian juga bisa mendaftar melalui akun Line dan Facebook
  • Kemudian, kode verifikasi akan dikirim ke nomor telepon atau Gmail, sesuai dengan pilihan kalian sebelumnya
  • Masukan kode verifikasi, kemudian lengkapi data diri seperti password, nama toko, alamat, dan lain – lain.

Mengunggah Produk

Langkah berikutnya dalam cara jualan di Shopee adalah mengunggah produk yang ingin kita jual. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengunggah produka adalah foto, nama, deskripsi, dan informasi produk.

  • Jika semua sudah dipikirkan, kini klik opsi “Jual” yang ada di tengah tampilan, kemudian ikuti langkah di bawah ini.
  • Masukan foto produk, minimal 1 maksimal 9
  • Isi informasi produk seperti nama, harga, stok, warna berat, dan lain – lain
  • Isi deskripsi yang menjelaskan produk tersebut dengan lebih detail
  • Masukan hastag “#” agar produk kalian mudah ditemukan
  • Jika semua sudah selesai, tap Checklist atau “Simpan” untuk mengunggah produk

Mulai Mempromosikan Produk

Setelah membuat akun dan mengunggah produk, kini waktunya mulai mempromosikan produk yang kalian jual. Sehingga toko online kalian bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Kalian bisa berpromosi dengan fitur Iklanku khusus dari Shopee agar produk kalian bisa muncul di halaman teratas dengan kata kunci tertentu. Harga beriklan di Shopee juga fleksibel. Kalian juga bisa menyesuaikan budget, jangka waktu, dan banyaknya kata kunci yang ingin di targetkan. kalian juga bisa menggunakan fitur naikkan produk. fitur ini bisa kalian gunakan supaya produk kalian bisa terlihat oleh orang banyak.

Strategi Berjualan di Shopee Agar Cepat Untung

Selain mengetahui cara berjualan di Shopee, kalian semua juga perlu tahu bagaimana strategi khusus agar produk yang dijual selalu laku dan ramai pembeli. Nah kali ini kita akan membagi strategi berjualan di Shopee.

Cari Produk Yang Paling Diminati

Semakin banyak peminat produk barang tertentu, tentunya semakin besar pula penjualan produk tersebut. Oleh karena itu, usahakan memilih produk – produk yang sekiranya banyak dicari orang dan juga harganya terjangkau untuk dijual kembali, cari produk yang berkualitas dan juga banyak diminati banyak orang.  Beberapa contohnya yaitu baju, sepatu, makanan atau cemilan, dan lain – lain. Atau kalian juga bisa menjual produk – produk yang sedang menjadi tren seperti sneakers, smartwatch, dan lainnya. untuk cara riset produk yang paling diminati ini kalian bisa menggunakan fitur Terlaris caranya kalian hanya perlu masuk ke toko yang mungkin menurut kalian bagus. kemudian kalian cari produk Terlaris maka kalian akan mengetahui produk yang paling diminati oleh banyak orang dan disini juga kalian bisa melihat berapa jumlah barang yang terjual setiap bulannya .

Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Setiap toko bisa mengaktifkan fitur gratis ongkir setelah memenuhi beberapa persyaratan. Fitur ini akan sangat membantu toko kalian di Shopee sebab promo gratis ongkir sangat menarik di mata pembeli.

Aktifkan Fitur COD

Pada era digital ini sudah dipermudah jika kalian ingin membeli sesuatu dan juga aman dari penipuan pastinya. jika kalian ingin jualan di shopee kalian bisa mengaktifkan fitur ini, fitur COD ini sudah banyak sekalian digunakan oleh para penjual online di shopee dan para konsumen juga suka menggunakan fitur ini karena konsumen bisa membayar jika barang sudah sampai.

Perbanyak Follower Shopee kalian

Layaknya Instagram, setiap toko di Shopee juga memiliki follower alias pengikut. Followers di toko kalian akan mendapatkan update paling pertama ketika kalian mengunggah produk terbaru di toko. Memperbanyak follower tentunya artinya kalian memiliki pembeli langganan yang semakin banyak pula.

Beriklan di Shopee

Strategi berjualan di Shopee yang terakhir adalah dengan beriklan di Shopee. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Shopee menyediakan fitur Iklanku dimana pemilik toko bisa mengiklankan produknya agar berada di halaman pertama pencarian. Dengan begitu, calon pembeli bisa menemukan produk yang kalian jual dengan mudah tanpa perlu mencari – cari hingga ke halaman bawah.

Beriklan di Media Sosial

Jika kalian ingin berjualan di marketplace shopee kalian juga bisa memasarkan produk di media sosial. banyak cara yang bisa kalian lakukan seperti memposting ke grup grup facebook dan instagram atau produk produk kalian di iklankan di media sosial facebook dan instagram. media sosial ini diibaratkan sebagai pasar jadi jika ada yang ingin membeli produk kalian dan konsumen tersebut masih ragu karena takut tertipu kalian bisa menawarkan transaksi menggunakan shopee. jadi akan lebih aman buat konsumen.

Produk Yang Dilarang di Shopee

Dalam berjualan di Shopee, tentunya kalian perlu mengikuti aturan – aturan yang berlaku. Termasuk tidak menjual produk yang dilarang di Shopee. Agar tidak melanggar peraturan dan berimbas ke reputasi toko, berikut ini adalah beberapa jenis produk yang tidak boleh dijual di Shopee.

  • Alkohol
  • Hewan, binatang, dan satwa liar
  • Barang antik
  • Kartu kredit
  • Kosmetik bekas dan ilegal
  • Obat – obatan penguat, perangsang, dan jenis parafilia lainnya
  • Obat pelangsing tanpa izin edar
  • Senjata api, semprotan merica, airsoft gun, airgun, termasuk replika senjata lain
  • Tiket lotre dan judi lainnya
  • Alat pembobol kunci
  • bagian tubuh atau jenazah manusia
  • Saham dan surat berharga
  • Barang curian
  • Rokok dan produk tembakau lainnya
  • Dan produk atau jasa lainnya yang membahayakan

Jadi seperti itulah cara berjualan di Shopee dan strategi berjualannya. Agar bisa terus berjualan online dengan nyaman, selalu patuhi peraturan yang ada di aplikasi Shopee.

Leave a Comment