Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Pernahkah kalian semua salah membeli barang di Shopee hingga mencari cara membatalkan pesanan di Shopee? Sebagai manusia, melakukan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Baik karena kecerobohan maupun karena hal – hal yang lain. Begitu pun jika sedang belanja online di Shopee. Salah membeli barang atau menemukan toko yang jual produk di Shopee dengan harga yang lebih murah adalah hal biasa.

Kalian tidak perlu sampai mengganti username di Shopee atau bahkan menghapus akun Shopee hanya karena satu kesalahan. Sebab salah satu aplikasi belanja online terbesar di Asia ini memberikan fitur pembatalan dan pengembalian uang penuh.

Cara membatalkan pesanan juga bisa dilakukan ketika pesanan sudah dibayar maupun belum dibayar. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas tentang cara untuk membatalkan pesanan di Shopee.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee Yang Sudah Dibayar

Membatalkan pesanan Shopee bisa dilakukan ketika bayar sudah dibayar namun belum dikirim. Pembatalan juga bisa dilakukan oleh penjual maupun pembeli. Nah berikut ini adalah tata caranya.

Pengajuan Pembatalan dari Pembeli

  • Masuk ke menu “Saya” yang ada di pojok kanan tampilan
  • Klik status barang yang sudah dibayar dalam opsi “Dikemas”
  • Klik barang yang ingin kalian semua batalkan
  • Kemudian klik “Batalkan Pesan” dan konfirmasi “Ya”

Konfirmasi Pembatalan oleh Penjual

  • Masuk ke menu “Saya” yang ada di pojok kanan tampilan seperti pada pembeli
  • Kemudian klik “Toko Saya” yang ada di kiri atas tampilan
  • Masuk ke halaman “Penjualan Saya” dan pilih barang dengan kondisi “Perlu Dikirim”
  • Kemudian klik barang yang diajukan pembatalan dan klik “Jawab”
  • Tuliskan alasan pembatalan dan klik “Konfirmasi”
  • Proses pembatalan akan segera dilakukan. Kini kalian hanya tinggal menunggu pengembalian dana dari pihak Shopee.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan ShopeePay Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Belum Dibayar

Selain ketika barang sudah dibayar, kalian juga bisa membatalkan pesanan sebelum dibayar. Dengan begitu, pesanan secara otomatis hangus dan tidak dilanjutkan. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk membatalkan pesanan di Shopee yang belum di bayar.

  • Masuk ke halaman “Saya” di pojok kiri tampilan
  • Lanjutkan ke status barang “Belum Bayar”
  • Klik “Produk” yang ingin kalian batalkan
  • Untuk membatalkan pesanan silahkan klik “Batalkan Pesanan”
  • Konfirmasi pembatalan “Ya” dan barang secara otomatis terhapus dari riwayat belanjaan

Sama seperti ketika membatalkan pesanan yang sudah dibayar, proses pembatalan ini juga akan di konfirmasikan kepada penjual. Tetapi penjual tidak perlu melakukan refund atau pengembalian apapun.

Pembatalan Pesanan Otomatis di Shopee

Di Shopee terdapat pula sistem pembatalan otomatis. Biasanya, pembatalan ini dilakukan ketika dalam beberapa hari penjual tidak memberi tanggapan para produk yang ingin dibeli. Sehingga uang yang dibayar akan langsung di refund kepada pembeli.

Selain itu jika pembeli tidak kunjung membayar barang selama waktu yang ditentukan, maka Shopee juga akan secara otomatis membatalkan transaksi. Biasanya batas waktu pembayaran hanya berdurasi 24 jam alias satu hari.

Jika kalian ingin membatalkan pesanan, usahakan untuk melakukannya sebelum penjual menginput nomor resi atau melakukan pick-up. Dengan begitu proses pembatalan akan dikonfirmasi dengan lebih cepat dan mudah.

Ketentuan Pembatalan Pesanan

Ada beberapa catatan yang perlu kalian ketahui dalam melakukan pembatalan ini, berikut ini informasinya:

  • Jika kalian membeli barang dan masih dalam menu Belum Dibayar maka kalian bisa memilih jenis barang yang kalian ingin batalkan.
  • Jika kalian membeli marang dan masih dalam menu Dikemas maka kalian tidak bisa memilih jenis atau produk yang ingin dibatalkan (Dibatalkan semua).
  • Pembatalan pembelian hanya bisa dilakukan sekali saja.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung melihat beberapa peraturan pembetalan produk di shopee berikut ini.

Jadi seperti itulah cara membatalkan pesanan di Shopee. Dana yang dikembalikan akan masuk ke dompet digital Shopee pembeli. Bila seandainya salah satu pihak baik penjual maupun pembeli menolak pembatalan, maka customer service Shopee akan dengan senang hati membantu menyelesaikan masalah ini dengan jalan terbaik.

12 thoughts on “Cara Membatalkan Pesanan di Shopee”

  1. Saya mau tanya saya kan pesan dishopee dari tgl 25 kemarin sudah saya bayar dan dalam pengemasan
    Kok lama ya dari tgl 25-29 masih pengemasan
    Saya tanya ke pihak toko.nya aktif terakhir 5 hari yang lalu
    Saya bingung mau gimana? Mau dibatalkan takut uangnya gak kembali
    Gimana ya ?
    Terima kasih ☺️

    Reply
    • Kan uangnya masih ada di pihak shopee, belum ke penjualnya, kalo barang sudah di terima dari pihak pembeli, uang dr pembeli akan di transfer oleh shopee ke pihak penjual

      Reply
    • Lalu bagaimana akhirnya kak? Saya juga mengalami hal yang sama.. tapi problem saya, penjualnya terlalu bertele dan banyak alasan

      Reply
      • Saya juga, saya pesen dan bayar pada tanggal 17 tapi saat ini masih dalam pengemasan. Saya sudah menghubungi penjual nya tetapi tidak ada respon sama sekali. Mau dibatalin takut uangnya gak kembali

        Reply
    • Sama juga..saya order dari tgl 11 Juni, hingga 15 Juni masih dikemas statusnya. chat bejibun sama penjual tdk ada respon, padahal aktif. kok macam begitu orang jualan ya…
      buat kapok beli… paling aman emang COD

      Reply
  2. Sama sy order tgl 18 statusnya saat ini masih dikemas, padahal besok harus SDH sampai ,akhirnya saya cancel .penjual dichat dari awal ga ada respon ga aktif .sampai saat ini juga ga aktif .mana udah saya cancel ..uang balik ga ya ..

    Reply
  3. Klo saya pembatalan dah di setujui tapi gg kunjung di transfer juga uangnya ke shopeepay sebesar Rp. 5.245.000 katanya 1×24 jam tapi dah 5 hari blm ada wacana.

    Reply
    • Mungkin di kembaliinnya harus kasih rekening bank,kalau di refund di shopeepay kebesaran jumlah nominalnya,itu sih yg aku baca,aku ya barusan melakukan pembatalan pesanan dengan nominal 5 jt, ini masih belum aku cek sih saldoku di atm

      Reply
  4. Saya masih awam belanja online. Tanggal 17 Juli saya pesan barang. Riwayat ekspedisinya barang ‘dikirim’, itu tertera hingga tanggal 20 Juli.
    Saya sepertinya tidak sengaja kepencet ‘batalkan pesanan’, jadi Tanggal 20 Juli di riwayat barangnya kembali ke ekspedisinya dan stuck disana. Setelah itu gak ada riwayat lagi.
    Sudah saya hubungi penjual, katanya status masih pengiriman. Yg benar yg mana? Sudah sepekan blm saya terima barangnya. Dan penjual agak slowrespon.
    Pendapat kakak gimana nih?

    Reply
  5. Saya pesan bayar COD ke penjual tanggal 7 september.. Sampe tanggal 9 september status masih dikemas barangnya?? Di chat ga direspon.. Akhirnya ada pembatalan otomatis dari shopee di tanggal 10 september.. Sampe sekarang ini di chat ga dibales padahal sedang online/ aktif beberapa jam yg lalu.. Tuh orang ga niat jualan apa yaa? Rejeki kok ditolak.. Lagian jadi penjual mesti amanah dan tanggung jawab..Lebih untung bayar sistem COD dariada transfer bikin waswas uang ga balik lagi.. Pokonya selalu hati² belanja di online shop

    Reply

Leave a Comment