8 Cara Melacak HP Hilang dalam Kondisi Hidup dan Mati

8 Cara Melacak HP Hilang dalam Kondisi Hidup dan MatiCara melacak HP hilang wajib diketahui karena alat tersebut memiliki fungsi penting. Siapa saja yang kehilangan barang penting itu pasti pusing. Terlebih banyak data penting yang tersimpan di dalamnya. 

Saat ini hampir semua aktivitas menggunakan HP, mulai dari berkomunikasi, belajar, bekerja hingga mengakses berbagai macam hiburan. Selain itu, aktivitas belanja menjadi lebih mudah dengan adanya ponsel. 

Banyak aplikasi belanja online yang dapat diakses melalui ponsel. Lalu, Anda juga dapat melakukan transaksi keuangan seperti transfer uang, cek saldo dan lain-lain secara online. 

Anda juga tidak perlu khawatir jika saat hilang HP dalam kondisi mati. Kemajuan teknologi mempermudah banyak orang untuk menemukan gawainya yang hilang meskipun sudah tidak aktif. 

8 Cara Melacak HP Hilang yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa cara yang dapat dipraktekkan untuk melacak HP saat Anda kehilangan barang penting tersebut. Simak informasi detailnya dalam pembahasan di bawah ini. 

1. Menggunakan Google

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan Fitur Find My Device. Silahkan pilih browser dan buka situs google.com/android/find. Selanjutnya, klik setuju Google melacak lokasi perangkat Anda.

Silahkan login ke akun Google yang digunakan pada perangkat. Jika akunnya dipakai untuk lebih dari satu perangkat, maka klik jenis HP yang hilang. 

Login harus menggunakan akun utama jika di dalam perangkatnya ada lebih dari satu akun. Nanti akan muncul notifikasi maupun informasi tentang lokasinya di Maps. 

Cara melacak HP hilang, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Find My Device tersebut. Pada umumnya, fitur akan otomatis aktif saat login memakai akun Google. 

Jika ingin memastikan sudah aktif atau belum, silahkan buka menu settings. Setelah itu, pilih menu security & location kemudian ketik Find My Device. 

Cara mengaktifkan lainnya yaitu dengan membuka Google, pilih security, baru Find My Device. Data bisa terjamin aman karena bisa menghapus data dari jarak jauh. 

Apabila cara melacak HP hilang tersebut belum berhasil, silahkan cek di mana lokasi terakhir. Google juga menyediakan fitur-fitur yang mempermudah Anda menemukannya. 

Contohnya fitur play sound yang membuat perangkat berdering 5 menit tanpa henti. Lalu, ada fitur secure device, pemilik dapat mengunci perangkat atau mengirimkan pesan nomor teleponnya sehingga penemu bisa menghubunginya. 

Selain itu, dapat memanfaatkan fitur eraser device untuk menghapus perangkatnya. Pemilik ponsel dapat menghapus semua data secara permanen. Namun, data di SD tidak bisa terhapus. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat fitur ini diaktifkan, maka Anda tidak lagi bisa menggunakan aplikasi Find My Device. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik sebelum mengaktifkannya. 

2. Melacak Lewat Email

Anda juga dapat memanfaatkan email untuk melacaknya. Caranya login ke akun gmail, lalu klik ikon titik sembilan di kanan atas. Setelah itu, pilih “akun” dan klik menu keamanan. 

Cara melacak HP hilang selanjutnya mengecek informasi yang dikirimkan lewat email. Pilih perangkat yang hilang, klik “detail selengkapnya” dan menu “cari perangkat”.  Anda akan diarahkan ke layanan Find My Device. 

3. Menemukan HP Lewat WhatsApp

WhatsApp juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan mencari ponsel. Cara ini dapat dipilih jika perangkat terhubung internet. Selain itu, terhubung berbagi lokasi dengan nomor WA. 

Buka aplikasi WA dengan ponsel lain, lalu cari nomor WA perangkat yang akan dicari. Klik kontak, lalu berturut-turut pilih ikon lampiran kemudian ikon lokasi dan tap bagikan lokasi. 

Pilih lanjut untuk menentukan berapa lama waktu membagikan lokasi. Maksimal pilih waktu 8 jam, lalu tekan “selanjutnya”. Tunggu sampai muncul lokasinya, lalu pilih kotak bertuliskan “melihat lokasi terbaru kontak terpilih”.

Salah. satu dari 8 Cara melacak HP hilang berikutnya adalah Anda klik “dapatkan arah” setelah ada kiriman lokasi. Lalu, masuk ke Google Maps untuk membantu Anda menuju ke lokasi tempat perangkat berada. 

4. Melacak HP Hilang Saat Kondisinya Mati

Silahkan Anda buka Google Maps. Selanjutnya, klik ikon segitiga kecil di sisi kanan halaman. Klik pada pilihan “tambah akun” lalu ketikkan alamat email yangdipakai. 

Tuliskan password, klik “saya setuju” dan ikon segitiga kecil yang terletak di sebelah kiri atas. Langkah selanjutnya klik pilihan “Lini masa”. Tunggu sampai Google Maps menunjukkan lokasinya. 

5. Memantau Posisi HP Memakai Google Maps

8 Cara melacak HP hilang selanjutnya dengan mengaktifkan fitur “sharing location” ke akun Google atau orang terpercaya. Tujuannya agar mempermudah proses pelacakan jika fiturnya masih aktif. 

Langkah pertama, silahkan buka Google Maps dan klik profil yang letaknya di kanan atas. Pilih “Location sharing” dan waktu pelacakan, bisa selama 1 jam atau sampai dinonaktifkan oleh user. 

Setelah itu, memilih opsi email yang sering diakses. Setelah itu, geser ke kanan lalu klik “more” untuk memilih email yang akan dikirim lokasi terkini. 

Masukkan alamat email yang dipercaya untuk share location. Setelah itu, Anda bisa melacak perangkat selama fitur share location tetap aktif. Cara ini juga lebih akurat sehingga banyak dipilih.

6. Lacak Menggunakan IMEI

Salah satu dari 8 Cara melacak HP hilang juga dapat dilakukan memakai IMEI (International Mobile Equipment Identity). Anda dapat menemukan ponsel dengan mudah jika sudah terhubung dengan email. 

IMEI berfungsi sebagai tanda pengenal yang ada di setiap perangkat. Tanda ini tidak dapat orang lain hilangkan atau ubah. Masing-masing perangkat mempunyai tanda pengenal berbeda-beda. 

Cara menemukannya ketik *#06# untuk memunculkan IMEI secara otomatis. Bisa juga dengan membuka menu settings pada HP lalu pilih “about phone” kemudian minta bantuan polisi atau provider untuk melacaknya.

Cara ini sangat efektif karena nomor IMEI tidak bisa diganti. Silahkan catat dan simpan nomornya jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Cara ini dapat dipilih jika HP masih dalam kondisi menyala. 

7. Mencari Memakai Nomor Telepon

Cara melacak HP hilang dengan nomor telepon sangat mudah. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps, lalu pilih menu “option” dan pilih layanan “Friend List”.

Pada jenis layanan tersebut, silahkan masukkan nomor HP hilang untuk memproses pencarian. Klik nomor providernya dan tunggu sebentar. Nanti akan muncul informasi seputar lokasi terkini ponselnya. 

Hal ini mempermudah untuk menemukan ponsel Anda. Silahkan ikuti rute yang muncul tersebut. Silahkan gunakan bantuan Google Maps untuk mempercepat menemukan lokasinya. 

8. Menggunakan Akun Khusus

Cara melacak HP hilang ini dapat dilakukan dengan memakai aplikasi khusus sesuai merek dari smartphone. Bagi pengguna iPhone bisa memakai iCloud, HP Samsung menggunakan Find My Mobile. 

Lalu, para pengguna Xiaomi bisa memanfaatkan layanan Mi Cloud. Adapun caranya adalah silahkan login pada browser, masukkan alamat email maupun informasi seputar akun khusus. 

Selain berfungsi untuk melacak lokasi ponselnya, juga dapat digunakan mengamankan data dalam perangkat itu. Dengan demikian, data penting tidak akan tersebar ke orang lain.

Kedelapan cara tersebut direkomendasikan untuk Anda lakukan ketika kehilangan HP. Anda wajib mempelajari bagaimana cara melacak HP hilang dalam berbagai kondisi, mengingat perangkat tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar