5 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

5 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati  – Menerapkan cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup merupakan solusi terbaik agar bisa segera menemukannya. Melacak handphone yang tiba-tiba hilang, apalagi bila kondisinya mati bukanlah hal mudah.

 

Sebab, ketika mati, seluruh kegiatan ponsel berhenti. Selain itu juga tidak terkoneksi dengan jaringan seluler terdekat lokasi. Seseorang mengalami kehilangan ponsel, baik itu saat kondisi sudah mati atau masih hidup disebabkan oleh beragam hal.

 

Bisa karena lupa menaruh, diambil oleh orang lain atau lainnya. Bila Anda merupakan salah satu di antara mereka yang mengalami hal serupa, bisa mencoba menerapkan beragam cara sebagaimana akan dibahas pada uraian berikut.

 

Inilah Beragam Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati dan Hidup

 

Walaupun dianggap sebagai hal sulit mencari ponsel hilang saat keadaannya mati maupun hidup, Anda masih bisa mencoba cara tertentu secara mandiri. Berikut ini berbagai cara dapat Anda coba untuk dilakukan:

 

  1. Google Maps

 

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup pertama yaitu memanfaatkan aplikasi Google Maps. Menemukan ponsel memakai Google Maps bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

 

  • Pertama-tama, buka aplikasi Google Maps terpasang pada perangkat.
  • Lanjutkan dengan menekan bagian foto profil yang biasanya terletak di bagian kanan halaman, tergantung perangkatnya.
  • Setelah itu, inputkan akun HP yang ingin dicari. Caranya dengan menekan bagian bertuliskan Add Account atau Tambah Akun.
  • Kemudian masukkan alamat email yang dipakai oleh ponsel hilang tersebut.
  • Bila sudah berhasil login akun, tekan ikon berbentuk segitiga kecil pada bagian kanan atas halaman.
  • Akan muncul opsi Linimasa, tekan OK.
  • Sekarang aplikasi Google Maps akan menunjukkan keberadaan dan lokasi ponsel hilang.
  1. IMEI

 

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup selanjutnya memakai IMEI atau International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI merupakan identitas atau tanda pengenal yang dipunyai setiap perangkat.

 

Tanda pengenal ini tidak dapat dihilangkan atau diubah. Akan berbeda-beda nomor IMEI perangkat satu dengan lainnya. Inilah penyebab proses pelacakannya akan lebih mudah.

 

Tapi, sayangnya pelacakan nomor IMEI tidak bisa asal atau sembarangan. Perlu tahapan pembuatan laporan terlebih dahulu. Setelah itu meminta bantuan dari pihak provider atau kepolisian untuk melacaknya.

 

Terpenting adalah Anda mengetahui berapa nomor IMEI dari ponsel hilang. Jadi, cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati satu ini bisa diterapkan hanya bila mengetahui IMEI ponsel hilang tersebut.

 

Terdapat dua cara bisa dilakukan untuk mengetahui IMEI ponsel. Pertama, menggunakan kode *#06# pada papan tombol dial ponsel. Tidak perlu menekan tombol panggil, nomor IMEI akan secara otomatis muncul.

 

Cara kedua, membuka menu Settings atau Pengaturan. Setelah itu cari menu bertuliskan About Phone atau Tentang Ponsel. Akan muncul berbagai informasi penting seputar ponsel, termasuk nomor IME yang dicari.

 

Metode ini bisa diterapkan barangkali Anda sudah tahu atau mencatat sebelum kejadian hilang berapa IMEI dari ponsel yang ingin dilacak lokasinya tersebut. Penting dipahami, IMEI bisa dipakai untuk mencari ponsel hilang asalkan sudah terkoneksi dengan email.

 

  1. Email

 

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup bisa dilakukan memakai email. Pastikan ketika ingin melacak ponsel pakai email, sudah tahu alamat dan kata sandinya. Inilah tata cara pencarian HP hilang pakai email bisa Anda ikuti:

 

  • Langkah pertama, login akun Gmail yang ada di ponsel hilang tersebut. Proses login bisa memakai laptop atau komputer.
  • Setelah itu, tekan ikon titik sembilan, letaknya ada di bagian kanan sebelah atas.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Akun, lalu klik menu bertuliskan Keamanan.
  • Bila sudah, cek informasi terkait perangkat yang mempunyai akses Gmail Anda tersebut.
  • Kemudian pilih ponsel hilang untuk melacaknya.
  • Tekan tombol bertuliskan Detail Selengkapnya.
  • Tekan pilihan menu Cari Perangkat.
  • Sekarang pengguna akan diarahkan menuju layanan milik Google bernama Find My Device.

 

Ketika menerapkan metode ini, mungkin petanya tidak menunjukkan keberadaan ponsel secara akurat. Tetapi, metode ini bisa coba dilakukan untuk memperkirakan lokasi terakhir ponsel ada di mana.

 

  1. Google ADM atau Android Device Manager

 

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup lainnya memanfaatkan aplikasi bawaan Google Android Device Manager atau ADM. Metode ini bisa berhasil asalkan pengguna selalu mengaktifkan GPS pada perangkatnya. Berikut tata caranya:

 

  • Login ke aplikasi ADM menggunakan akun Google. Pada tahapan login ini bisa memakai ponsel, laptop atau komputer milik orang lain.
  • Setelah itu masukkan kata sandi serta ID atau alamat email.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Accept.
  • Bila sudah, tekan nama ponsel yang hilang.
  • Sekarang akan muncul lokasi atau keberadaan HP yang ingin dicari.

 

Bila hasil penelusuran Google ADM tidak memunculkan lokasi perangkat hilang, kemungkinan besarnya ponsel hilang dalam kondisi mati. Ketika metode ini tidak berhasil, Anda bisa mencoba menerapkan cara lainnya.

 

  1. WhatsApp

 

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup bisa dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp.  Sebelum melakukan pelacakan ponsel hilang lewat WhatsApp, kirim lokasi paling baru alias terkini melalui aplikasi tersebut selama kurun waktu 8 jam.

 

Tahapan ini diperlukan untuk berjaga-jaga supaya ketika HP hilang tetap bisa dilacak lokasinya lewat WA. Jadi, ketika menerapkan metode ini perangkat harus terkoneksi internet. Tata cara mengirimkan lokasi terkini sebagai berikut:

 

  • Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp.
  • Sesudah itu, masuk ke bagian chats. Lanjutkan dengan memilih salah satu kontak teman yang Anda percaya.
  • Kemudian buka bagian menu chat, pilih kontak teman tersebut.
  • Akan muncul jendela chat bersama teman tersebut, tekan ikon lampiran.
  • Beberapa opsi tersedia, pilih Lokasi.
  • Lanjutkan dengan memilih Berbagai Lokasi Terkini.
  • Akan muncul tampilan notifikasi yang isinya tentang fitur tersebut, klik Lanjut.
  • Bila sudah, pilih durasi waktu 8 jam supaya lokasi keberadaan secara real time bisa terlacak dengan lebih lama.
  • Terakhir, tekan tombol Kirim atau Send.

 

Bisa dikatakan cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati tidak bisa pakai WA. Bagaimana bila tiba-tiba ponsel hilang? Nah sekarang waktunya Anda meminjam HP teman yang tadinya dikirimi pesan WA.

 

Setelah itu, buka bagian pesan dengan kontak Anda. Lanjutkan dengan menekan lokasi yang sebelumnya telah dikirimkan. Sekarang keberadaan ponsel hilang dan sedang ingin dicari bisa dilihat di mana posisinya.

 

Dari penjelasan tersebut, cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati bisa dilakukan menggunakan aplikasi Google Maps, IMEI dan email. Sedangkan ketika kondisinya masih hidup bisa memakai WhatsApp dan Google ADM.

 

Apapun metode dipilih bisa menyesuaikan dengan situasi dan kesanggupan. Sebagai contoh, Anda akan kesulitan mencarinya menggunakan IMEI bila tidak tahu berapa nomornya pada perangkat yang ingin dicari.

 

Akan sulit juga menggunakan metode email bila lupa dengan alamat dan kata sandinya karena menjadi terkendala dalam proses login. Jadi, pilih cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dan hidup menyesuaikan dengan situasi.

Tinggalkan komentar