3+ Langkah Cara Menyembunyikan WiFi Indihome

idpintar.com – Kamu tau gak? kalau menyembunyikan WiFi Indihome itu sangat penting? WiFi yang disembunyikan bisa membuat jaringan kamu lebih aman lho! Pasti, gak ada yang gak suka dengan keamanan ekstra kan?

Tidak hanya tentang keamanan, Kamu, WiFi yang disembunyikan juga bisa membantu kamu mencegah pencurian bandwidth yang sering membuat koneksi menjadi lambat.

Yuk, langsung aja kita mulai! Selamat membaca!

3+ Langkah Cara Menyembunyikan WiFi Indihome
3+ Langkah Cara Menyembunyikan WiFi Indihome

Mengapa Harus Menyembunyikan WiFi Indihome Kamu?

Kamu pasti punya WiFi di rumah, kan? Pernah terpikir gak untuk “menyembunyikan” WiFi kamu? Kenapa, ya? Oke, biar gak penasaran, yuk kita bahas dua alasan utamanya.

1. Keamanan yang Lebih Baik

Alasan pertama dan paling penting tentunya soal keamanan. Bayangkan saja, kalau WiFi kamu terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja, tentu ada risiko jaringanmu disusupi oleh orang-orang yang tidak diinginkan. Ini seperti kamu meninggalkan pintu rumahmu terbuka lebar-lebar, siapa saja bisa masuk, kan?

Dengan menyembunyikan WiFi Indihome kamu, kamu seakan-akan “menutup pintu” rumahmu. Orang-orang yang tidak diinginkan akan kesulitan untuk menemukan dan mengakses jaringanmu. Hasilnya? Jaringan WiFi kamu jadi lebih aman!

2. Mengurangi Penggunaan Bandwidth

Alasan kedua terkait dengan penggunaan bandwidth. Coba bayangkan, kamu lagi asyik streaming film favorit atau sedang serius bermain game online, tiba-tiba koneksi jadi lelet. Setelah ditelusuri, ternyata ada “tamu tak diundang” yang ikutan pakai WiFi kamu dan menguras bandwidthmu.

Dengan menyembunyikan WiFi Indihome kamu, orang-orang di sekitarmu yang tidak tahu tentang jaringan WiFi kamu tidak bisa seenaknya mengakses dan menggunakan bandwidthmu. Dengan begitu, pengalaman berselancar di dunia maya jadi lebih maksimal.

Jadi, gimana, Kamu? Setelah tahu alasan-alasannya, kayaknya cukup penting juga ya untuk menyembunyikan WiFi Indihome kita. Tapi ingat ya, meski WiFi kita disembunyikan, tetap harus bijak dan waspada dalam menggunakan internet. Selamat berselancar!

Cara Menyembunyikan WiFi Indihome

Agar WiFi Indihome Kamu lebih aman dan terkendali, yuk Cara Menyembunyikan WiFi Indihome berikut:

1. Login ke Pengaturan Router

Pertama-tama, Kamu perlu masuk ke markas utama kita, yaitu pengaturan router. Caranya sangat sederhana, Kamu cukup membuka browser favoritmu, seperti Chrome, Firefox, Safari, atau yang lainnya.

Lalu, masukkan alamat IP router Kamu di kolom alamat. Biasanya, alamat IP ini terdiri dari angka-angka, seperti 192.168.1.1 atau 192.168.0.1, tetapi mungkin berbeda-beda tergantung pada provider dan model router Kamu.

Jika Kamu tidak yakin tentang alamat IP routermu, Kamu bisa cek manual book atau melakukan pencarian di internet.

Setelah Kamu memasukkan alamat IP, biasanya akan muncul halaman login. Silakan masukkan username dan password router Kamu. Jika Kamu belum menggantinya sebelumnya, biasanya masih menggunakan username dan password default yang dapat Kamu temukan di manual book atau di bagian belakang router. Setelah itu, klik login atau masuk.

2. Menuju ke Pengaturan WiFi

Langkah selanjutnya adalah masuk ke bagian penting, yaitu pengaturan WiFi. Di halaman pengaturan router, carilah menu yang berkaitan dengan WiFi. Biasanya ada menu yang berlabel “Wireless” atau “WiFi”. Klik menu tersebut untuk masuk ke pengaturan WiFi router Kamu.

3. Pilih “Hide SSID”

Sekarang, Kamu bisa memulai misi rahasia Kamu, yaitu menyembunyikan WiFi Indihome Kamu. Caranya mudah, biasanya ada opsi “Hide SSID” atau “Hide Network Name”. Jika Kamu menemukannya, centang atau aktifkan opsi tersebut. Jangan lupa untuk mengklik simpan atau save untuk menerapkan perubahan.

Selesai, WiFi Indihome Kamu kini sudah disembunyikan dan lebih aman. Namun, tetap ingat, Kamu harus mencatat dan mengingat nama jaringan dan kata sandi dengan baik. Kamu akan tetap memerlukannya untuk terhubung ke WiFi Kamu.

Sekarang, Kamu telah menjadi ahli dalam menyembunyikan WiFi Indihome. Siap untuk misi rahasia selanjutnya? Semoga berhasil, Kamu!

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Menyembunyikan WiFi Indihome?

Meski sudah berhasil menyembunyikan WiFi Indihome kita, masih ada beberapa poin yang perlu Kamu perhatikan. Penasaran? Yuk, kita bahas bersama.

1. Periksa Kompatibilitas Perangkat

Nah, begini, Kamu. Ketika Kamu menyembunyikan WiFi Indihome, ada hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu kompatibilitas perangkat. Mungkin Kamu bertanya, “Kompatibilitas perangkat itu apa, ya?” Oke, mari saya jelaskan.

Meskipun WiFi sudah disembunyikan, tentu kita ingin perangkat kita tetap bisa terhubung ke WiFi tersebut, kan? Namun, tidak semua perangkat mampu mendeteksi WiFi yang tersembunyi.

Jadi, sebelum Kamu menyembunyikan WiFi, pastikan semua perangkat yang biasa Kamu gunakan dapat mendeteksi dan terhubung ke WiFi yang disembunyikan.

2. Menyimpan Nama Jaringan dan Password

Hal penting lainnya adalah soal penyimpanan nama jaringan dan kata sandi. “Mengapa itu penting, ya?” Sabar, saya akan jelaskan.

Ketika WiFi sudah disembunyikan, kita tidak lagi bisa melihatnya dalam daftar jaringan WiFi yang tersedia. Ini berarti kita harus secara manual memasukkan nama jaringan dan kata sandi setiap kali ingin terhubung ke WiFi kita.

Artinya, kita harus selalu mengingat atau menyimpan dengan baik nama jaringan dan kata sandi. Kalau tidak, kita sendiri yang akan kesulitan, Kamu. Jadi, pastikan untuk tidak lupa atau kehilangan catatan tentang nama jaringan dan kata sandi WiFi Kamu.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan saat menyembunyikan WiFi Indihome Kamu. Ingat, Kamu, meski WiFi sudah disembunyikan, tetap harus bijak dan waspada dalam menggunakan internet. Tetap aman, Kamu!

Cara Mudah Terhubung ke WiFi Indihome yang Tersembunyi

Di bawah ini, terdapat langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti.

  1. Menggunakan Windows

Jika Kamu menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, ikuti langkah-langkah ini:

  • Klik ikon WiFi di pojok kanan bawah layar Kamu, lalu pilih “Network & Internet settings”.
  • Pilih opsi “WiFi” di sisi kiri, lalu klik “Manage known networks”.
  • Klik “Add a new network”, lalu masukkan nama jaringan WiFi Kamu (SSID) dan pilih jenis keamanan yang sesuai. Jangan lupa masukkan password WiFi Kamu.
  • Centang “Connect automatically” dan “Connect even if the network is not broadcasting”. Klik “Save” dan voila, Kamu sudah terhubung!
  1. Menggunakan Android

Jika Kamu menggunakan smartphone Android, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan, lalu pilih “WiFi”.
  • Klik “Add network” atau “Tambah jaringan”. Masukkan nama jaringan WiFi Kamu dan pilih jenis keamanan yang sesuai. Jangan lupa masukkan password WiFi Kamu.
  • Klik “Save” atau “Simpan”, dan sekarang Kamu sudah bisa terhubung ke WiFi Kamu!
  1. Menggunakan iOS

Jika Kamu pengguna iPhone atau iPad, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan, lalu pilih “WiFi”.
  • Pilih “Other” atau “Lainnya”. Masukkan nama jaringan WiFi Kamu dan pilih jenis keamanan yang sesuai. Jangan lupa masukkan password WiFi Kamu.
  • Klik “Join” atau “Gabung”, dan sekarang Kamu sudah bisa terhubung ke WiFi Kamu!

Selamat mencoba dan tetap jaga keamanan jaringanmu ya Sobat!

Tinggalkan komentar