10 Langkah Cara Setting Router TP LINK Secara Mudah

10 Langkah Cara Setting Router TP LINK Secara Mudah – Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu Router dalam Cara Setting Router TP LINK. Kamu tahu, Router itu seperti alat penyambung antarjaringan, bisa menghubungkan dua jaringan atau lebih, biar beberapa perangkat bisa join di jaringan itu. Nah, buat kamu yang baru punya router ini, pasti bingung gimana sih Cara Setting Router TP LINK.

Nah, jadi begini, router ini bisa ngasih akses internet ke semua jenis perangkat. Dan yang seru, TP Link ini itu merk router WiFi yang oke punya. Harganya juga gak bikin kantong bolong. Nah, router TP Link ini tuh bener-bener ngebantu banget deh, buat yang punya kantor atau buat rumah.

Buat kamu yang udah pasang TP Link di rumah, pasti udah ngerasain banget manfaatnya. Plus, bulanan jadi lebih irit daripada harus beli kuota buat tiap-tiap smartphone. Apalagi kalo di rumah banyak banget perangkat, kalo satu-satu beli kuota buat masing-masing, bisa-bisa dompet jebol tuh.

 

 

10 Langkah Cara Setting Router TP LINK Secara Mudah
10 Langkah Cara Setting Router TP LINK Secara Mudah

Cara Setting Router TP LINK

Kamu tahu gak? TP Link itu perusahaan yang bikin alat jaringan WiFi dan udah ada di 170 negara di seluruh dunia. Aslinya dari Tiongkok. Kamu juga bisa gampang banget dapetinnya di daerah tempat tinggalmu.

Nah, Router ini bisa kamu pake buat jadi Access Point dan Repeater. Artinya, dia bisa nolongin sinyal yang tiba-tiba ilang, khususnya di tempat-tempat yang susah nangkep jaringan WiFi. Pas kamu beli, biasanya dikasih 3 antena, buku petunjuk, kabel LAN, sama adaptor listrik. Buku petunjuknya udah dikasi gambar-gambar dan langkah-langkahnya, jadi kamu bisa ngatasi kesulitan waktu mau seting router TP LINK wr804n.

Lain dari itu, ada tombol reset yang bisa kamu teken kalo misalnya ada masalah waktu setting Router TP Link. Buat kamu yang masih bingung setting-routeran, nih, dengerin langkah-langkahnya. Simak yuk!

Langkah Cara Setting Router TP LINK

Sebelum mulai, siapin dulu router kamu biar gampang ikutin langkah-langkah setting router TP Link berikut ini:

  1. Nyalain Router: Colok aja kabel daya router ke stopkontak dan konekin kabel lainnya ke port daya di bagian belakang.
  2. Hubungin Modem Pake Kabel: Colok salah satu kabel ke port WAN atau port internet. Biasanya berwarna biru atau abu-abu. Terus colok satu lagi ke port Ethernet atau LAN yang biasanya kuning. Pastiin posisinya bener ya, biar modem dan router saling kenal.
  3. Sambungin Komputer atau Laptop ke Router: Sambungin kabel ke port LAN di komputermu dan router. Tapi saran kami, jangan pake WiFi router pas proses setting ini, biar koneksinya stabil.
  4. Buka Web TP-LINK: Pertama, masukin alamat http://linkwifi.net ke address bar di browsermu. Atau, kamu juga bisa pake alamat IP http://192.168.1.1.
  5. Login: Begitu halaman TP-LINK muncul, kamu diminta masukin username dan password. Biasanya username defaultnya “admin.” Kalo perlu, cek buku panduan buat pastiin username dan passwordnya bener. Trus klik LOGIN.
  6. Masukin Data dan Konfigurasi: Isi data dan konfigurasi sesuai dengan provider internetmu. Pastiin semua lampu indikator nyala sesuai yang seharusnya.
  7. Ganti Nama Jaringan: Di Cara Setting Router TP LINK, kamu bisa ganti nama jaringan dengan klik Wireless 2.4 GHz, terus pilih Wireless Setting. Ganti nama jaringannya biar lebih mudah dikenal.
  8. Atur Keamanan: Pilih tipe keamanan yang disebut Version. Pilih WPA2-PSK, misalnya.
  9. Ganti Password: Bikin password baru buat jaringanmu. Tulis aja di kolom Wireless password terus simpen.
  10. Hubungin Perangkat ke Router: Pastiin router kamu udah nyala. Terus sambungin perangkatmu ke jaringan WiFi yang baru aja kamu set.

Cara Setting Router TP LINK pake HP

TP LINK sekarang udah berkembang jadi lebih gampang buat pengguna buat setting router. Di zaman canggih sekarang, segala sesuatu jadi lebih simpel.

Tapi, perlu diinget ya, kalo mau pake HP, harus punya aplikasi khusus dulu. Namanya TP-Link Tether. Jadi, dengerin cara setting router TP Link pake HP ya!

Cara Setting Router TP LINK Pake HP

  1. Hubungin HP ke Router: Nyalain HP dan konek ke jaringan router.
  2. Buka Aplikasi TP LINK Tether: Cari dan buka aplikasi TP LINK Tether di HP-mu.
  3. Pilih Router di Aplikasi: Di menu “Local Devices,” pilih gambar router yang keliatan.
  4. Masukin Password Baru: Buat password baru buat jaringanmu. Tulis lagi di kolom konfirmasi.
  5. Pilih Jenis Koneksi Internet: Di menu “Quick Setup,” pilih jenis koneksi yang sesuai sama provider internetmu. Kalo bingung, bisa lihat ISP.
  6. Ubah Nama Jaringan dan Password: Ganti nama jaringan dan password sesuai keinginan. Klik “Next.”
  7. Cek Lagi Data yang Diisi: Pastiin lagi data yang kamu masukin udah bener semua. Kalo udah, klik “Save.”
  8. Tunggu Proses Selesai: Nungguin proses setting selesai, biasanya butuh beberapa saat.
  9. Klik “Finish”: Setelah selesai, klik “Finish.”

Beberapa Jenis Router TP Link dan Harganya

  • TP Link TL-MR3020 Portable Wireless Router: Router portabel yang bisa dipakai bareng modem USB. Kecepatannya 150 Mbps, harganya sekitar 210 ribu rupiah.
  • TP Link WR840N 300Mbps: Router gabungan antara kabel dan nirkabel, punya fitur WPS buat keamanan jaringan. Harganya kira-kira 155 ribu rupiah.
  • TP Link TL WR945N Wireless N Router: Router WiFi cepat dan stabil, kecepatannya 450 Mbps di jaringan 2,4 GHz. Harganya sekitar 300 ribu rupiah.
  • TP Link TL MR3420 White Wireless N Router: Router portabel buat berbagi koneksi internet via WiFi atau kabel UTP. Kecepatan transmisi 300 Mbps, punya 1 port USB 2.0 dan 4 port LAN. Ada fitur failover buat backup koneksi juga. Harganya sekitar 300 ribu rupiah.

Kesimpulan

Setting router TP Link sekarang bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan HP atau smartphone. Pengembangan TP Link yang canggih membantu kita dalam mengatur router dengan cara yang lebih simpel. Namun, penting untuk memastikan bahwa HP yang digunakan memiliki aplikasi TP-Link Tether.

Langkah-langkah setting router TP Link dengan HP termasuk menghubungkan HP ke jaringan router, membuka aplikasi TP Link Tether, memilih router yang ingin diatur, mengganti password, memilih jenis koneksi internet, mengubah nama jaringan dan password, memeriksa data yang dimasukkan, menunggu proses selesai, dan akhirnya menyelesaikan proses.

Selain itu, beberapa jenis router TP Link juga disebutkan, seperti TP Link TL-MR3020 Portable Wireless Router, TP Link WR840N 300Mbps, TP Link TL WR945N Wireless N Router, dan TP Link TL MR3420 White Wireless N Router. Harga-harga router ini juga dijabarkan.

Dengan langkah-langkah Cara Setting Router TP LINK yang simpel dan beberapa pilihan router yang berkualitas dari TP Link, kamu bisa dengan mudah mengatur jaringan WiFi di rumah atau kantor sesuai dengan kebutuhanmu. Semua ini memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam menjaga koneksi internet!

Tinggalkan komentar