3 Cara Reset Printer Epson Lengkap dan Mudah Dijalankan

Cara Reset Printer Epson Lengkap dan Mudah Dijalankan – Cara reset printer Epson adalah salah satu jalan ninja yang harus diketahui untuk membantu segala macam pekerjaan. Bagaimana tidak, trik ini akan sangat berharga dalam membantu permasalahan yang kerap kali Anda temukan. Mengingat printer adalah salah satu barang paling berguna yang dapat mendukung kinerja dan aktivitas dalam pekerjaan.

Printer Epson merupakan salah satu printer kebanggaan masyarakat. pasalnya printer ini dikenal tangguh dan juga kuat. Tak heran jika printer ini selalu menjadi primadona setiap orang dalam membantu mengerjakan berbagai macam aktivitas kantor.

3 Cara Reset Printer Epson

Penyebab Eror Printer Epson L3110

Ada berbagai macam penyebab yang harus diketahui terlebih dahulu mengenai penyebab kerusakan printer. Dengan mengetahui penyebab kerusakan ini maka Anda akan dapat menemukan solusi terbaik dalam melakukan riset printer.

Salah satu masalah yang kerap menjadikan permasalahan pada printer adalah hardware atau software dari Epson L3110. Namun yang sering dialami oleh pemula sebagai penyebab utama kerusakan printer adalah blinking. Masalah ini disebabkan karena adanya pesan error waste ink full yang akan menyebabkan counter pembuangan tinta menjadi penuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan over capacity pada tinta.

Eror ini sering dialami oleh printer Epson L yang menggunakan petunjuk LED tinta dan juga koper berkedip atau blinking. Hal ini menandakan jika printer mengalami over ink pad counter yaitu penghitung atau counter pembuangan tinta. Kondisi tersebut harus membuat Anda segera memikirkan bagaimana langkah perbaikan yang tepat untuk dilakukan.

Berikut Beberapa Permasalahan yang Mengharuskan Anda Melakukan Reset Printer:

–        Munculnya Pesan Eror Pada Status Monitor Service Required

Masalah pertama yang mewajibkan Anda melakukan reset adalah printer yang sudah melewati usia pakai. Hal ini akan membuat printer menampilkan status service required atau layanan diperlukan.

–        Munculnya Pesan Disarankan Melakukan Pemeriksaan Nozel

Hal lain yang menjadi permasalahan bagi pengguna printer Epson adalah tanda permintaan pemeriksaan nozel pada printer. Nozzle pada printer memiliki batas yang telah ditentukan oleh pabrikan printer. Jika telah muncul pesan ini maka artinya Anda telah membutuhkan reset terhadap printer.

–        Paper Jam

Penyebab lain mengapa printer harus segera direset adalah karena adanya paper jam. Kertas yang terperangkap ke dalam printer karena adanya kesalahan saat memasukkan kertas dapat menjadi salah satu penyebab printer harus direset ulang.

–        Tinta Sudah Habis

Penyebab selanjutnya yang mengharuskan Anda mereset printer Epson adalah karena tinta sudah habis. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian saat melakukan isi ulang tinta. Hal ini akan menyebabkan printer mengalami eror sehingga harus segera direset agar dapat digunakan kembali secara normal.

–        Permasalahan Pada Catridge

Banyak orang meremehkan mengenai pemasangan catridge pada printer. Padalah pemasangan yang salah, tidak tepat, atau penggunaan catridge yang rusak dapat menyebabkan kinerja printer menjadi terganggu. Hal tersebut membuat Anda harus melakukan reset terhadap printer agar kemudian dapat digunakan kembali secara normal.

–        Masalah Lain yang Menyebabkan Lampu Indicator Power dan Stop Berkedip Bersamaan

Penyebab lain yang harus diwaspadai adalah lampu indicator. Terkadang kita tak akan tahu pasti penyebab mengapa muncul pesan-pesan dengan kode atau angka yang menampilkan lampu indicator pada tombol stop. Namun, jika lampu indicator stop dan power berkedip bersamaan maka keduanya menandakan adanya masalah pada printer.

Cara Reset Printer Epson

Beberapa masalah di atas bisa diatasi dengan sangat mudah yakni dengan melakukan reset pada printer menggunakan suatu software khusus. Berikut merupakan cara reset printer Epson l3110:

–        Reset Printer Epson Manual Tanpa Menggunakan Software

Cara reset printer Epson l120 pertama yang bisa dilakukan adalah dengan reset manual tanpa software. Cara ini cukup mudah dilakukan dan bisa dilakukan secara mandiri. Kebanyakan orang menggunakan cara ini saat terjadi kerusakan pada printer yang muncul dengan tanda pesan eror pada printer tersebut.

Cara reset printer Epson l360 manual ini dilakukan dengan menggunakan tombol kombinasi pada printer. Cara manual bisa digunakan untuk mengatasi masalah head yang tidak bergerak pada saat printer dinyalakan atau untuk memperbaiki printer saat tombol power dan tombol indicator berkedip bersamaan.

Anda bisa melakukan reset secara mudah tanpa harus mengunduh software khusus resetter online. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Pastikan printer pada kondisi menyala, hal ini bisa dicek pada lampu indicator yang ada di mana lampu indicator harus menyala atau tidak berkedip;
  • Tekan pada tombol yang berlogo tetesan tinta yang biasanya berada di dekat tombol power. Anda bisa menekan tombol ini sekitar 10 detik dan kemudian lepaskan kembali;
  • Selanjutnya tekan dengan cepat tombol tersebut selama 5 detik lalu lepaskan;
  • Setelah menekan selama 5 detik, Anda harus menekan selama 3 detik dan kemudian lepaskan;
  • Tekan kembali selama 1 detik dan kemudian lepaskan;
  • Setelah langkah tersebut selesai dilakukan, maka printer akan dapat berfungsi kembali dengan baik.

Jika cara reset printer Epson manual di atas tidak dapat dicoba, maka Anda harus menggunakan cara reset berikut ini. Cara ini disebut sebagai cara tahap lanjut jika menggunakan cara manual tak bisa dilakukan.

–        Reset Printer Epson Menggunakan Software Resetter

Cara reset printer Epson kedua yang bisa digunakan untuk reset printer Epson adalah dengan menggunakan software resetter. Software ini dirancang secara khusus untuk pengguna Epson yang mengalami eror dan masalah terkait kondisi printernya. Nama aplikasi yang digunakan adalah Adjprog.exe.

Sebelum mereset menggunakan software ini Anda terlebih dahulu harus mendownload dan menginstall aplikasi tersebut. Jika sudah didownload, maka segera buka program L3310 dan klik Adjprog.exe. selanjutnya pilih bagian particular adjustment mode dan pilih waste ink pad counter.

Selanjutnya pada bagian check & Initialization Anda bisa mencentang main pad counter dan platen pad counter. Setelah itu klik check dan klik initialize kemudian klik finish.

Seelah langkah-langkah tersebut selesai dilakukan maka Anda bisa kembali mencetak menggunakan printer Epson L3310 yang Anda miliki.

Setelah langkah di atas selesai dilakukan maka harusnya printer sudah berhasil direset. Kemudian kita bisa menyalakan kembali printer lalu menggunakan untuk mencetak dokumen, foto, atau hal lain sesuai kebutuhan Anda. pastikan juga Anda sudah mengoneksikan printer dengan laptop atau PC saat membuka aplikasi ADJPROG. Pasalnya aplikasi ini akan mendeteksi jenis printer yang Anda gunakan.

–        Menekan Tombol Resume Secara Bersamaan

Cara reset printer Epson selanjutnya yang bisa digunakan untuk mereset printer adalah dengan menekan tombol power serta resume bersamaan. Tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan selama 5 menit. Bila sudah, lepaskan kedua tombol dan tekan lagi secara bersamaan. Tunggu hingga reset selesai dilakukan.

Saat menemukan beberapa kendala yang mengharuskan printer direset ulang maka Anda bisa melakukan sendiri atau pun membawa ke servis resmi printer. Melalui servis resmi maka Anda tak perlu khawatir dan pusing menebak bagaimana cara reset printer Epson yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Yuk segera reset printer yang Anda miliki agar masalah tak semakin bertambah parah.

Tinggalkan komentar