Berbagai Macam Cara Logout Akun Google di HP Xiaomi Terbaik Bisa Dicoba

Berbagai Macam Cara Logout Akun Google di HP Xiaomi Bisa DicobaInformasi mengenai tata cara logout akun Google di HP Xiaomi biasanya dicari oleh para pemula yang belum pernah atau masih awam dalam melakukannya. Setiap ponsel apapun merknya, mempunyai akun Google yang berperan sangat penting.

 

Sebab, akun tersebut nantinya dipakai untuk mempermudah pengguna mengakses berbagai layanan disediakan oleh Google. Beberapa diantaranya dan kerap diperlukan yaitu Google drive, Maps serta Play Store.

 

Ketika menggunakan HP Xioami, Anda bisa menghapus serta menambahkan akun Google kapan saja sesuai keinginan. Mengenai logout akun Google di ponsel ini, bisa dilakukan dengan beberapa metode yang lebih lengkapnya akan dibahas pada uraian berikut.

 

Kapan Diperlukannya Logout Akun Google pada Ponsel Xiaomi?

 

Sebelum membahas tentang bagaimana cara logout, apakah Anda sudah paham kapan waktu diperlukannya aktivitas satu ini? Salah satu waktu yang biasanya diperlukan yaitu ketika ingin menjual ponsel.

 

Sebagaimana kita tahu, kebanyakan ponsel Xiaomi yang ingin dijual biasanya bukan hanya dikondisikan kosong pada bagian file foto dan videonya. Tapi juga perlu diposisikan logout dari akun Google. Kemudian pada akhirnya tata cara logout akun Google di HP diterapkan.

 

Jadi, nantinya pemilik barunya bisa langsung login menggunakan email milik mereka. Waktu lainnya yang diperlukan adalah ketika seseorang ingin menggantinya menggunakan email baru karena alasan tertentu.

 

Seperti, lupa kata sandi atau password email lama. Dibandingkan mengurusi pengaturan pengubahan kata sandi, kebanyakan orang lebih memilih membuat alamat email baru. Sebab, dianggap lebih mudah dan praktis.

 

Inilah Tata Cara Logout Akun Google di HP Xiaomi Melalui Menu Pengaturan

 

Cara logout akun Google di HP Xiaomi pertama yaitu melalui menu pengaturan. Setiap ponsel sudah seharusnya memiliki menu pengaturan atau settings, begitu halnya dengan Xiaomi. Inilah tata cara logout lewat menu pengaturan yang bisa Anda coba terapkan:

 

  • Buka bagian menu Settings atau Pengaturan yang ada di dalam ponsel Xiaomi Anda tersebut.
  • Setelah itu, pilih menu bertuliskan Akun & Sinkron atau Accounts & Sync.
  • Akan muncul seluruh daftar akun yang terpasang pada perangkat tersebut. 
  • Pilih bagian menu Google yang ingin dikeluarkan dari perangkat. Tidak perlu terburu-buru menekan tombol Sync. Pilih terlebih dahulu email mana yang ingin dikeluarkan. Sebab, biasanya dalam satu perangkat ada beberapa alamat email.
  • Bila sudah, tata cara logout bisa dilanjutkan dengan menekan bagian menu More atau Lainnya.
  • Kemudian tekan menu bertuliskan Remove Account atau Hapus.
  • Selanjutnya, lakukan konfirmasi dengan cara memilih bagian Remove atau Hapus.
  • Tinggal tunggu beberapa saat sampai terhapus.

 

Sebagai tambahan catatan saja bahwa proses penghapusan tersebut bukan secara permanen. Melainkan hanya menghilangkan terkoneksinya akun pada perangkat tersebut. Jadi, bila suatu saat ingin login lagi menggunakan email tersebut masih bisa.

 

Dengan syarat Anda masih ingat apa alamat email dan kata sandinya untuk login. Setelah menerapkan tata cara logout akun Google di HP tersebut, seluruh aplikasi milik Google nantinya akan ikut dikeluarkan.

 

Bila tetap ingin menggunakan produk atau layanan milik Google tersebut, tambahkan profil lain. Tata cara tersebut bisa diterapkan untuk seluruh jenis HP Xiaomi yang memiliki antarmuka MIUI. 

 

Tapi, untuk versi tertentu perlu menyesuaikan alur atau langkah-langkahnya mengingat tampilannya mungkin sedikit berbeda. Walaupun sedikit berbeda, tetap mudah diterapkan karena setiap petunjuknya intuitif.

 

Memahami Cara Logout Akun Google Ponsel Xiaomi Lewat Website

 

Selain melalui menu pengaturan, cara logout akun Google di HP Xiaomi juga bisa dilakukan dengan alternatif lain, yaitu lewat website. Untuk tata caranya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

 

  • Pertama-tama, kunjungi laman myaccount.google.com/device-activity melalui browser untuk membuka informasi aktivitas perangkat.
  • Akan muncul informasi perangkat yang sudah login dalam kurun waktu 28 hari terakhir. Bila ternyata Anda belum login, lakukan terlebih dahulu sebelum menuju tahapan selanjutnya.
  • Tata cara logout akun Google di HP bisa dilanjutkan dengan memilih opsi perangkat Xiaomi yang sedang dipakai.
  • Sesudah itu, tekan bagian ikon tiga titik yang terletak di bagian pojok perangkat.
  • Untuk keluar tekan tombol logout.
  • Kemudian akan muncul pemberitahuan yang berisikan bahwa tindakan tersebut menghapus akses menuju akun Google dari perangkat.
  • Lakukan konfirmasi dengan logout dan proses sudah selesai.

 

Sama seperti metode logout melalui menu pengaturan, lewat website juga tidak menghapus permanen akun Google Anda tersebut. Hanya mengeluarkan dan bisa dimasukkan ulang dikemudian hari bila memerlukannya.

 

Dengan catatan masih ingat kata sandi dan alamat emailnya. Karena metode ini memerlukan browser untuk mengakses website, pastikan Anda mempunyai koneksi internet yang stabil dan mumpuni. Sebab, pengaksesannya perlu secara online.

 

Panduan Cara Mudah Logout Akun Google Xiaomi Lainnya

 

Berikutnya adalah panduan cara logout akun Google di HP Xiaomi yang ada di Gmail. Ketika menambahkan akun Google, akan secara otomatis ditambahkan juga di bagian Gmail. Bila ingin melakukan logout atau menghapusnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

 

  • Awali langkah dengan membuka aplikasi Gmail yang terpasang.
  • Kemudian tekan bagian tombol menu yang ada di sebelah sudut kiri atas.
  • Lanjutkan dengan menekan bagian menu Settings atau pengaturan.
  • Setelah itu, tekan tombol menu dibagian sudut kanan atas.
  • Klik opsi Manage Accounts.
  • Bila sudah, pilih Google.
  • Langkah selanjutnya, klik salah satu akun yang ingin dihapus atau dikeluarkan dari Gmail.
  • Kemudian pilih opsi bertuliskan More.
  • Terakhir, tekan menu Remove Account.
  • Sekarang akun sudah berhasil dikeluarkan dari Gmail.

 

Terakhir adalah cara logout akun Google di HP dengan metode yang lebih hard. Logout atau penghapusan alamat email yang ada di ponsel Xiaomi bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur factory reset atau hard reset.

 

Tapi, penting untuk dipahami metode terakhir ini bukan hanya mengeluarkan alamat email saja, tapi juga menghapus seluruh data tersimpan dalam ponsel. Bukan berarti menghapus, melainkan hanya menghilangkannya saja.

 

Di mana untuk saat itu pengguna tidak bisa mengaksesnya. Bisa mengaksesnya lagi bila melakukan tahapan login. Untuk menghapusnya dengan metode reset, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

 

  • Pertama-tama, buka bagian menu pengaturan atau settings.
  • Akan muncul beberapa menu, pilih bagian About Phone.
  • Lanjutkan cara logout akun Google di HP dengan menekan opsi Factory Reset.
  • Bila ingin menghapus, pilih menu bertuliskan Account.
  • Sedangkan bila ingin menghapus sekaligus data secara keseluruhan, termasuk berbagai file, termasuk foto, dokumen dan lainnya, tekan opsi Erase All Data.

 

Banyak orang yang bertanya, apakah data yang ada akan hilang bila mengeluarkannya? Jawabannya adalah tidak. Data tidak hilang, tapi proses sinkronisasinya dihentikan.

 

Ingin menerapkan cara yang mana saja itu disesuaikan dengan kondisi. Sebagai contoh, ketika sekaligus menghapus semua data pada perangkat, Anda bisa memilih opsi terakhir, yaitu melakukan reset yang nantinya bisa mengeluarkan akun.

 

Sedangkan bila ingin melakukannya memakai perangkat milik orang lain, metode website bisa menjadi pertimbangan. Perangkat lain dimaksud bukan hanya ponsel, tapi juga komputer atau laptop.

 

Metode tersebut bisa diterapkan asalkan Anda ingat alamat email dan kata sandi yang ingin dikeluarkan dari perangkat tersebut. Pilih cara logout akun Google di HP Xiaomi yang Anda anggap paling mudah dan praktis.

Tinggalkan komentar