5 Jenis Bahasa Pemrograman Yang Masih Populer di 2023

5 Jenis Bahasa Pemrograman Yang Masih Populer di 2023. Seiring dengan meningkatnya demand terhadap web dan software development seperti sekarang ini, menguasai bahasa pemrograman adalah salah satu skill yang sudah pasti akan membuka banyak sekali peluang bagi Anda.

Dengan mempelajari bahasa coding, Anda bisa mengasah kemampuan teknis serta pemecahan masalah, dan tentu saja mendapatkan peluang kerja dengan gaji tinggi. Bahasa program komputer ini wajib dipahami dan dikuasai oleh seorang Developer atau Programmer agar dapat membuat dan membangun sebuah aplikasi maupun software.

Untuk membuat suatu aplikasi tertentu, akan digunakan bahasa program komputer yang sesuai dengan kebutuhan dari aplikasi yang akan dibuat nantinya. Jumlah dari bahasa program komputer sendiri cukup banyak dan beragam. Nah, dari sekian banyak bahasa program komputer, tentu tidak seluruhnya akan digunakan oleh seorang Developer. Hanya akan ada satu atau dua bahasa program komputer yang digunakan dalam membuat software development.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa digunakan saat ini. Berikut penjelasan contoh-contoh bahasa pemrograman.

 

1. Java

Java bahasa pemrograman dengan hak milik yang dipegang oleh Oracle. Java merupakan bahasa programming tingkat tinggi yang serbaguna, memungkinkan coder untuk membuat semua jenis aplikasi dengan mudah. Dikenal luas sebagai bahasa coding dengan tagline “tulis sekali, jalankan di mana saja”, kode Java bisa berjalan tanpa masalah di sistem operasi apa pun, di mana pun kode tersebut ditulis.

Selain itu, Java termasuk bahasa coding yang mudah berkat familiaritas sintaksisnya dengan struktur object-oriented dan tugas dunia nyata. Kemudian framework Java yang baru, termasuk Spring dan Hibernate, membuatnya lebih mudah bagi developer untuk membuat aplikasi. Java bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari software engineering hingga web development back-end, data science, dan big data. Bahasa ini juga sering digunakan dalam layanan keuangan karena keamanannya yang kuat.

Programmer Java bisa mempelajari bahasa coding baru dengan cepat karena skill programming Java bisa diaplikasikan ke bahasa lain. Oleh karena itu, Java bisa menjadi bahasa pemrograman pertama yang layak dipelajari oleh semua penggemar coding. Selain itu, pekerjaan sebagai developer Java masih banyak dibutuhkan. Anda bisa memilih berbagai posisi kerja, termasuk software engineer, analis QA, manajer proyek, dan UX designer.

2. C++

Saya yakin kamu pernah menggunakan aplikasi Microsoft Office, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Aplikasi-aplikasi tersebut ternyata dibangun menggunakan C++.

Para programmer menggunakan bahasa pemrograman C++ untuk pengembangan berbagai bidang. Mulai dari :

  • Software
  • Game
  • Dan Sistem keamanan informasi

Saya masih ingat dulu saat masih mengajar di SMK, bahasa pemrograman yang dipelajari di pelajaran pemrograman dasar yaitu C++. Dari situ saya simpulkan ternyata jika ingin memiliki basic pemrograman yang bagus bisa mempelajari bahasa C++.

3. PHP

PHP juga merupakan salah satu jenis dari bahasa pemrograman yang cukup populer dan paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP digunakan juga karena merupakan jenis bahasa program komputer server side scripting yang memang dirancang khusus untuk membangun sebuah website dinamis.

Selain itu, ada banyak jenis website ternama lainnya, seperti Facebook, WordPress, maupun Digg yang menggunakan bahasa PHP dalam proses pengembangannya. Perlu Anda ketahui juga, bahwa PHP dikembangkan pertama kali oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Phyton

Python Salah satu bahasa pemrograman yang wajib Anda pelajari untuk pengembangan science data adalah Python. Python termasuk bahasa pemrograman yang praktis, sehingga banyak perusahaan menggunakannya, terutama perusahaan yang mengembangkan artificial intelligence (AI). Selain itu, karena pustaka dokumentasi milik Python banyak membahas visualisasi data dalam jumlah besar menggunakan Matplotlib, Pandas, dan lainnya, tidak sedikit praktisi dunia teknologi yang menggunakan Python untuk memprogram aplikasi desktop. Bahkan, berkat kemampuan dan kompatibilitasnya yang mumpuni, perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Yahoo!, Instagram, Pinterest, YouTube, dan Reddit, ikut menggunakan Python pada software mereka.

5. SQL

SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses, mengelola, dan memanipulasi data berbasis relasional. Sebagai bahasa program khusus data, SQL sangat berguna dalam mendefinisikan struktur data dan alirannya dalam suatu program. Tanpa SQL, data program tidak dapat diolah secara maksimal.

Oleh karena itu, SQL banyak dimanfaatkan untuk membangun sistem manajemen database (DBMS) untuk aplikasi dengan platform apapun. Melihat sejarahnya, SQL pertama kali dikembangkan oleh perusahaan pembuat software, IBM di tahun 1974.

Kelebihan bahasa pemrograman SQL

  • Performa pengolahan data yang sangat cepat, bahkan tidak sampai hitungan detik.
  • Mudah dipelajari karena Query SQL paling mirip dengan bahasa manusia.
  • Ekosistem SQL ini terjamin, karena sudah ada sejak dekade 70-an.
  • Kompatibel dengan bahasa pemrograman lain dan berbagai platform..

Kekurangan bahasa pemrograman SQL

  • Interface SQL terbilang kompleks sehingga kurang ramah pengguna.
  • Kemampuannya terbatas, karena hanya berguna untuk mengelola data.
  • Tidak bisa berdiri sendiri, jika ingin membangun sebuah sistem utuh harus digunakan bersama bahasa pemrograman lain.

 

Itulah beberapa ulasan jenis bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para developer di dunia pada tahun 2023. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lainnya juga.

 

Tinggalkan komentar