3+ Cara Edit Video di Capcut Simpel dan Sederhana

Cara Edit Video di Capcut Simpel dan Sederhana Editing video saat ini memang sudah semakin mudah dengan banyaknya aplikasi editing video yang tersedia termasuk di smartphone. Informasi cara edit video di Capcut memang cukup banyak dicari, karena banyak orang yang tertarik menggunakannya. Aplikasi ini memang cukup mudah digunakan, sehingga bahkan pemula pun akan bisa mempergunakannya untuk editing video.

Mengenal Aplikasi Capcut

Pertama-tama kita perlu kenali dulu aplikasi Capcut itu sendiri sebenarnya apa dan apa saja sih kelebihan serta kekurangan dari aplikasi tersebut. Capcut adalah salah satu aplikasi edit video yang bisa digunakan di smartphone dengan user interface yang sederhana. Meskipun tampilannya sederhana, tapi fitur yang dimiliki bisa dibilang cukup lengkap untuk melakukan editing video yang simpel.

Aplikasi ini sudah bisa kalian temukan di Playstore atau Appstore, berarti ini merupakan aplikasi yang berkualitas dan juga stabil. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini yang menjadi alasan banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut. Berikut ini beberapa kelebihan dari aplikasi edit video Capcut ini.

  1. Kelebihan yang pertama itu soal ukuran dari aplikasi, di mana ukurannya tidak terlalu besar sebagai aplikasi edit video. Hal ini membuat kapasitas smartphone jadi tidak akan termakan terlalu banyak untuk aplikasi Capcut ini.
  2. Kelebihan yang kedua yakni memiliki tampilan antar muka yang sederhana, sehingga bahkan pemula pun akan bisa menggunakannya. Cara edit video di Capcut dan penggunaan berbagai fitur pun sudah semakin mudah, sehingga kalian bisa edit video dengan mudah.
  3. Kelebihan yang ketiga soal fitur, di mana untuk ukuran aplikasi yang kecil fitur yang tersedia itu sudah cukup lengkap. Kalian bisa membuat video yang menarik dan estetik dengan mudah selama kalian tahu cara edit video aestetik di Capcut.
  4. Kelebihan yang terakhir yaitu gratis, kalian tidak perlu membayar untuk mendapatkan dan install aplikasi Capcut ini. Untuk aplikasi edit dengan fitur yang beragam, aplikasi ini sangat menarik karena gratis dan bisa kalian dapatkan dengan mudah di Playstore atau Appstore.

Cara Menggunakan Capcut Untuk Edit Video

Setelah kalian sudah tahu mengenai Capcut, maka saatnya kalian mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut. Seperti sudah kami jelaskan kalau aplikasi ini tampilannya itu simpel dan sederhana, jadi kalian pasti akan bisa menggunakannya dengan baik. Berikut kami akan jelaskan cara edit video di Capcut terbaru bagi kalian yang mungkin belum pernah menggunakannya.

  1. Langkah yang pertama sudah pasti kalian harus mencari, download dan kemudian install aplikasi Capcut tersebut. Kalian tinggal kunjungi Playstore lalu cari aplikasinya dan klik install.
  2. Langkah yang kedua yaitu kalian buka aplikasinya dan kemudian klik new project
  3. Nanti kalian pilih video yang ingin kalian edit, bisa 1 atau lebih video dalam satu project.
  4. Langkah berikutnya kalian akan masuk ke dalam workspace, dan kalian tinggal lakukan edit sesuai dengan kebutuhan.
  5. Berbagai fitur dan pengaturan bisa kalian temukan di bagian bawah.
  6. Setelah sudah selesai kalian bisa klik kualitas video di sebelah tanda panah atas, biasanya lokasinya di kanan atas
  7. Setelah itu kalian setting untuk ukuran kualitas video apakah 480, 720, atau 1080. Kalian juga bisa atur frame rate agar bisa sesuai dengan hasil yang kalian inginkan.
  8. Setelah semua pekerjaan sudah selesai dan pengaturan kualitas video sudah dilakukan, kalian bisa ekstrak video dengan klik tanda panah atas
  9. Tunggu beberapa saat dan itulah cara edit video di Capcut.

Fitur Dalam Capcut dan Cara Menggunakannya

Fitur dalam Capcut itu memang ada cukup banyak, tapi ada beberapa yang memang cukup populer dan juga banyak dipergunakan untuk editing. Kalian perlu tahu bagaimana cara untuk memanfaatkan fitur tersebut supaya kalian bisa menggunakannya dengan baik. Berikut ini kami akan jelaskan fitur populer dan cara menggunakannya supaya kalian bisa edit video dengan mudah dan baik.

1.      Pemotongan Video

Fitur yang pertama yakni pemotongan video, kalian bisa dengan mudah melakukan pemotongan video di Capcut lho. Saat kalian sudah masuk ke Workspace, maka akan terlihat timeline dari video yang kalian pilih itu. Kalian bisa bagi dua dengan split untuk memotong menjadi dua, atau bisa juga kalian memotong bagian depan atau belakang dengan menggeser.

Cara edit video di Capcut untuk pemotongan bisa tekan sisi bagian samping kanan atau kiri dari video untuk memotong bagian yang kalian tidak inginkan. Kalian bisa klik kemudian tahan untuk mendapatkan waktu yang lebih detail.

2.      Menambahkan Teks

Fitur yang kedua yakni dengan menambahkan teks, karena banyak video saat ini yang mempergunakan teks. Kalian juga bisa mengatur waktu dari teks sesuai dengan kebutuhan dalam video kalian, jadi sangat Fleksibel. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara menambahkan teks.

  1. Setelah masuk ke workspace kalian klik ikon tambah teks di bagian bawah, kemudian kalian bisa pilih jenis teks, warna, dan lain sebagainya.
  2. Kalian tinggal tulis saja kata-kata yang kalian ingin tuliskan dan kemudian klik centang di bagian kanan.
  3. Lalu di bagian timeline kalian bisa atur soal waktu tulisan akan ditampilkan, caranya dengan menggeser saja sisi kanan atau kiri.

Cara edit video di Capcut untuk penambahan teks itu sederhana, namun pilihan jenis teks, box, dan lain sebagainya itu cukup banyak.

3.      Memberikan Efek Blur

Fitur yang ketiga yakni memberikan efek blur pada video, ini juga terkadang menjadi kebutuhan dalam editing video. Capcut pun menyediakan fitur blur ini, tapi kalian harus tahu dulu bagaimana cara edit video Capcut ngeblur untuk menggunakannya. Berikut ini kami cara menggunakannya.

  1. Langkah pertama tentu masuk ke workspace terlebih dahulu.
  2. Langka kedua kalian pilih menu efek, dan carilah efek blur atau fokus and blur.
  3. Setelah itu kalian klik dan atur bagian mana yang ingin kalian blur.
  4. Langkah berikutnya atur waktu untuk blur tersebut sesuai dengan pergerakan dari objek yang ingin di blur di dalam video.

4.      Penambahan Filter dan Sticker

Fitur yang terakhir akan kami bahas yakni penambahan filter dan sticker yang sampai saat ini memang banyak dipakai di berbagai video Tiktok. Capcut menyediakan fitur tersebut dan kalian bsa menambahkan filter dan sticker ini dengan mudah. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkahnya.

  1. Pertama tentunya kalian perlu masuk ke workspace dulu
  2. Langkah kedua kalian pilih filter atau juga sticker, biasanya lokasinya ada di bagian bawah
  3. Langkah ketiga yakni dengan mengatur filter yang kalian inginkan atau menambahkan sticker ke video tersebut.
  4. Untuk penambahan sticker itu kalian bisa mengatur waktunya.

Demikianlah cara edit video di Capcut. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar