Cara Tarik Tunai Dengan QRIS-Lebih Mudah Dan Praktis 2023

Cara Tarik Tunai Dengan QRIS-Lebih Mudah Dan Praktis?-Halo sobat Idpintar!Selamat datang artikel kami.Dalam era digital seperti sekarang ini, teknologi terus berkembang dan mempermudah banyak aspek kehidupan, termasuk dalam hal keuangan. Salah satu inovasi terbaru yang telah membawa kemudahan dalam transaksi keuangan adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai jenis transaksi, termasuk tarik tunai, dengan lebih cepat dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara tarik tunai dengan QRIS beserta langkah-langkahnya.

 Keuntungan Tarik Tunai dengan QRIS

Sebelum kita melangkah ke langkah-langkah praktisnya, mari kita lihat beberapa keuntungan tarik tunai menggunakan QRIS:

  1. Kemudahan Akses: Proses tarik tunai via QRIS memungkinkan Anda untuk mengakses uang tunai tanpa perlu membawa kartu ATM fisik. Cukup gunakan smartphone Anda.
  2. Waktu Fleksibel: Layanan tarik tunai melalui QRIS tersedia 24/7, memberi Anda fleksibilitas untuk melakukan transaksi kapan saja, bahkan di luar jam operasional bank.
  3. Keamanan Terjamin: QRIS mengimplementasikan standar keamanan yang tinggi dengan enkripsi data, menjaga informasi pribadi Anda tetap aman selama transaksi.

Cara Tarik Tunai Dengan QRIS

 Apa Itu QRIS?

Sebelum kita membahas langkah-langkah tarik tunai dengan QRIS, penting untuk memahami apa itu QRIS. QRIS adalah sebuah standar kode QR yang digunakan di Indonesia untuk memudahkan berbagai transaksi keuangan. QRIS dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai tempat seperti toko, restoran, dan juga untuk tarik tunai di mesin ATM.

QRIS adalah standar pembayaran nasional di Indonesia yang memungkinkan berbagai metode pembayaran seperti kartu debit, kredit, dompet digital, dan bahkan tarik tunai menggunakan kode QR yang sama. Ide utama di balik QRIS adalah menciptakan satu kode QR yang dapat dibaca oleh berbagai jenis aplikasi pembayaran.

Ketika Anda melakukan transaksi menggunakan QRIS, Anda hanya perlu memindai kode QR yang tersedia pada tempat pembayaran atau mesin ATM menggunakan aplikasi dompet digital atau aplikasi perbankan yang mendukung QRIS. Informasi transaksi, seperti jumlah pembayaran atau permintaan tarik tunai, akan terenkripsi dalam kode QR tersebut. Setelah dipindai, aplikasi akan memproses transaksi sesuai dengan instruksi yang terkandung dalam kode QR.

 Langkah-Langkah Tarik Tunai dengan QRIS

 Langkah 1: Pilih Mesin ATM dengan Layanan QRIS

Langkah pertama dalam tarik tunai dengan QRIS adalah memastikan bahwa Anda memilih mesin ATM yang menyediakan layanan QRIS. Biasanya, mesin ATM yang mendukung layanan ini akan memiliki logo QRIS yang terlihat jelas.

Langkah 2: Buka Aplikasi Dompet Digital

Selanjutnya, buka aplikasi dompet digital Anda yang mendukung layanan QRIS. Pastikan Anda memiliki saldo yang cukup untuk melakukan tarik tunai.

 Langkah 3: Pilih Opsi “Tarik Tunai”

Di dalam aplikasi dompet digital, cari opsi “Tarik Tunai” atau serupa. Kemudian, pilih opsi ini untuk melanjutkan proses tarik tunai.

 Langkah 4: Scan QRIS di Mesin ATM

Pada layar mesin ATM, Anda akan melihat kode QRIS yang perlu discan. Gunakan fitur scan pada aplikasi dompet digital Anda untuk memindai kode QRIS tersebut.

 Langkah 5: Masukkan Jumlah Tarik Tunai

Setelah berhasil memindai kode QRIS, Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah tarik tunai yang diinginkan. Ketik atau pilih jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 6: Konfirmasi Transaksi

Periksa kembali informasi transaksi, termasuk jumlah tarik tunai dan akun yang akan digunakan. Pastikan semua informasi sudah benar sebelum melanjutkan.

 Langkah 7: Tunggu dan Selesaikan Transaksi

Setelah konfirmasi transaksi, tunggu beberapa saat hingga mesin ATM memproses permintaan Anda. Setelah transaksi selesai, mesin ATM akan mengeluarkan uang tunai dan tanda transaksi selesai.

 

Nah, itu dia cara-cara dan keutungan tarik tunai via QRIS, Tarik tunai dengan QRIS merupakan salah satu inovasi terkini dalam dunia transaksi keuangan yang memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah melakukan tarik tunai melalui mesin ATM yang mendukung layanan QRIS. Pastikan untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan informasi pribadi Anda selama melakukan transaksi menggunakan QRIS. Dengan adanya QRIS, proses tarik tunai menjadi lebih efisien dan nyaman dalam era digital saat ini.Selamat mencoba !

Tinggalkan komentar