5 Cara Jual Foto di Shutterstock, Cepat Laku!

5 Cara Jual Foto di Shutterstock, Cepat Laku! – Cara menjual foto di Shutterstock penting untuk kamu pahami jika ingin menambah penghasilanmu. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah untuk jualan foto di platform ini.

Shutterstock ialah salah satu perusahaan mikrostock yang didirikan pada tahun 2003 di New York, Amerika, oleh Jon Oringer. Situs ini menyediakan berbagai foto, video, musik, dan gambar yang bisa diunduh secara gratis atau dengan membayar.

Hampir semua foto di Shutterstock diunggah oleh orang-orang yang berkontribusi dari seluruh dunia. Jadi, kamu juga bisa mengirimkan foto-foto hasil karyamu ke Shutterstock. Jika ada pengguna yang membeli foto yang kamu kirimkan, maka kamu akan mendapatkan komisi sebagai imbalan.

5 Cara Jual Foto di Shutterstock, Cepat Laku!
5 Cara Jual Foto di Shutterstock, Cepat Laku!

Kenapa harus Shutterstock?

Menggunakan Shutterstock sebagai platform untuk menjual foto-foto memiliki beberapa keuntungan dan alasan yang mungkin membuatnya menjadi pilihan yang baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih menggunakan Shutterstock:

  1. Visibilitas dan Jangkauan Internasional: Shutterstock adalah salah satu platform mikrostock terbesar dan paling terkenal di dunia. Ini berarti ada peluang besar bagi foto-foto Kamu untuk dilihat oleh jutaan pengguna dari berbagai negara. Jadi, peluang untuk mendapatkan pembeli lebih besar.
  2. Kemudahan Penggunaan: Shutterstock menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan intuitif. Proses unggah foto, pengelolaan portofolio, dan pelacakan penjualan relatif sederhana, bahkan untuk pemula.
  3. Pemasaran dan Promosi: Shutterstock memiliki tim yang berfokus pada pemasaran dan promosi konten. Ini dapat membantu foto-foto Kamu lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli, meningkatkan potensi penjualan.
  4. Beragam Jenis Konten: Selain foto, Shutterstock juga mendukung unggahan video, musik, ilustrasi, dan elemen desain lainnya. Jadi, jika Kamu memiliki beragam jenis konten kreatif, Kamu bisa menjualnya di satu platform.
  5. Pengamanan Hak Cipta: Shutterstock memiliki prosedur ketat dalam memastikan hak cipta dilindungi. Hal ini membantu mencegah penggunaan tidak sah atau pelanggaran hak cipta atas karya Kamu.
  6. Potensi Penghasilan: Meskipun persentase komisi per penjualan mungkin berbeda-beda, Shutterstock menyediakan cara bagi Kamu untuk menghasilkan uang dari foto-foto Kamu. Jumlah pengguna yang besar juga berarti ada peluang lebih besar untuk penjualan.
  7. Lisensi yang Beragam: Shutterstock menawarkan berbagai jenis lisensi untuk foto-foto, mulai dari penggunaan editorial hingga komersial. Ini memberi fleksibilitas kepada pembeli dalam cara mereka menggunakan foto-foto Kamu.

Keuntungan Memakai Shutterstock

Shutterstock memiliki potensi untuk menguntungkan, tetapi hasil yang Kamu dapatkan akan tergantung pada beberapa faktor, termasuk kualitas foto-foto Kamu, popularitas tema yang Kamu pilih, jumlah konten yang Kamu unggah, dan strategi pemasaran Kamu. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Kualitas Konten: Foto-foto berkualitas tinggi dengan komposisi menarik, pencahayaan yang baik, dan subjek yang menarik cenderung memiliki peluang lebih besar untuk laku. Pengguna Shutterstock mencari gambar yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
  2. Kuantitas Konten: Semakin banyak konten yang Kamu unggah, semakin besar peluang untuk menarik perhatian pembeli. Portofolio yang beragam dan berkembang bisa membantu meningkatkan penjualan.
  3. Popularitas Tema: Foto-foto dengan tema populer atau tren saat ini cenderung memiliki peluang lebih tinggi untuk dijual. Namun, jangan lupakan pula tentang keunikan dan keaslian, karena konten yang unik juga bisa menarik perhatian.
  4. Kata Kunci yang Relevan: Pengguna Shutterstock mencari gambar berdasarkan kata kunci. Menggunakan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan konten Kamu dapat membantu foto-foto Kamu ditemukan oleh calon pembeli.
  5. Pemasaran Pribadi: Meskipun Shutterstock melakukan sebagian besar promosi, upaya pemasaran pribadi Kamu juga bisa berdampak positif. Memperkenalkan portofolio Kamu melalui media sosial atau website pribadi bisa membantu meningkatkan

Perlu diingat bahwa dalam platform mikrostock seperti Shutterstock, persaingan cukup ketat karena ada banyak kontributor lain yang juga mengunggah konten. Oleh karena itu, hasil yang Kamu dapatkan mungkin akan bervariasi.

Ada fotografer yang berhasil menghasilkan penghasilan yang signifikan dari penjualan foto-foto di Shutterstock, sementara yang lain mungkin mengalami hasil yang lebih rendah.

Cara Jual Foto di Shutterstock

Cara Jual Foto di Shutterstock Kutipan dari situs resmi Shutterstock, berikut adalah Cara Jual Foto di Shutterstock dan mendapatkan uang saku tambahan.

Buat Akun Shutterstock

Pertama-tama, buat akun di Shutterstock. Kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka website shutterstock.com.
  • Tekan ‘Sign Up’.
  • Isi data diri dengan lengkap di formulir yang ada.
  • Setuju dengan syarat dan ketentuan dengan mencentang kotak dan tekan ‘Next’.
  • Ikuti petunjuk verifikasi di emailmu.
  • Lengkapi semua data yang diperlukan hingga selesai.

Unggah Foto di Shutterstock

  • Di halaman akun Shutterstockmu, tekan ‘Upload Content’.
  • Pilih foto yang ingin kamu unggah dan berikan deskripsi serta tag.
  • Ikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan proses pengunggahan.

Shutterstock Menilai Foto yang Kamu Kirim

Tidak semua foto yang kamu kirim akan dijual oleh Shutterstock. Tim platform akan menilai sesuai persyaratan. Proses penilaian ini memerlukan waktu sekitar 24 jam.

Atur Cara Kamu Dibayar

Shutterstock menawarkan beberapa metode pembayaran, termasuk PayPal, Payoneer, dan Skrill. Inilah caranya:

  • Masuk ke halaman pengaturan akun melalui ‘Account Setting’.
  • Isi informasi pembayaran di bagian ‘Payout Information’.
  • Simpan perubahan yang telah kamu buat.

Tunggu Hingga Fotomu Dibeli

Setelah foto berhasil melewati penilaian di Shutterstock, tinggal menunggu sampai ada pengguna lain yang membelinya. Tiap akhir bulan, hasil penjualan fotomu akan dikompensasi. Pendapatan ini akan dikirimkan ke akun PayPal, Payoneer atau Skrill yang sudah kamu atur sebelumnya.

Tips Agar Foto-foto Kamu Laku di Shutterstock

Pendapatan yang Kamu dapat di Shutterstock tergantung pada seberapa banyak orang membeli foto-fotomu. Berikut ini adalah beberapa tips simpel agar foto-foto Kamu bisa laku dengan cepat di Shutterstock, yang Kamu bisa dapatkan dari saran-saran di situs Shutterstock:

  1. Kualitas Foto yang Unggul: Pastikan foto-fotomu memiliki kualitas tinggi, terlihat cerah, dan tajam.
  2. Gunakan Kata Kunci yang Tepat: Gunakan kata kunci yang relevan dan sering dicari oleh pengguna Shutterstock.
  3. Patuhi Hak Cipta: Selalu perhatikan aturan hak cipta dan hindari mengambil foto yang memiliki logo atau merek dagang.
  4. Keanekaragaman Tema: Unggah berbagai macam gambar dengan tema yang beragam.
  5. Fokus pada Tema: Jika Kamu mengunggah foto dengan tema perjalanan, pastikan untuk fokus pada objek utama, seperti landmark tempat tersebut.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana Cara Jual Foto di Shutterstock agar bisa menambah penghasilanmu. Semoga informasinya bermanfaat!

Kesimpulan

Kesimpulannya, menggunakan Shutterstock sebagai platform untuk menjual foto-foto adalah pilihan yang menawarkan berbagai keuntungan. Dari visibilitas global dan kemudahan penggunaan hingga dukungan dalam pemasaran dan perlindungan hak cipta, Shutterstock memberikan kesempatan bagi para penjual untuk memperluas jangkauan dan potensi penghasilan mereka.

Namun, sebelum memutuskan, penting untuk mempertimbangkan alternatif lain dan menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan tujuan pribadi dalam menjual karya-karya kreatif. Selamat Mencoba!

Tinggalkan komentar