Cara Unreg Kartu yang Hilang

Cara melakukan unreg kartu provaider yang hilang – Peraturan yang telah dibuat oleh kementerian informasi dan komunikasi (kominfo) pada tahun 2017 tentang pelanggan atau pengguna kartu prabayar yang harus melakukan registrasi menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK (Kartu Keluarga) wajib untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyalahgunaan kartu prabayar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya peraturan ini diharapkan tidak ada pemalsuan data pada saat melakukan registrasi.

Bagi kalian yang sering berganti nomor untuk membeli paket data (internet) ada baiknya jika kalian melakukan UNREG, UNREG disini adalah untuk menghapus registrasi yang sudah ada karena akan mengganti kartu prabayar baru, walaupun sekarang dengan satu NIK dan NO KK bisa digunakan lebih dari tiga kali registrasi.

Akan tetapi bagi kalian yang memiliki masalah kartu prabayar hilang karena sesuatu hal kalian juga bisa melakukan UNREG. Cara UNREG kartu yang hilang juga sangat mudah dilakukan berikut ini adalah beberapa cara menonaktifkan kartu prabayar yang hilang.

Cara Cek Status Registrasi SIM Card

Sebelum saya memberikan tutorial UNREG kartu prabayar saya akan memberikan informasi mengenai cara cek status registrasi. Bagi kalian yang masih ragu apakah kartu prabayar yang kalian gunakan sudah terdaftar dengan benar atau ada kesalahan.

Berikut ini cara melakukan cek status registrasi di beberapa provider ternama di indonesia.

Kartu Telkomsel

Bagi kalian pengguna kartu prabayar telkomsel ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan dalam pengecekan registrasi kartu telkomsel mulai dari dalang ke gerai telkomsel sampai menggunakan kode USSD. untuk saat ini saya akan memberikan cara pengecekan dengan menggunakan kode USSD.

  1. Buka ponsel kalian
  2. Masuk ke panggilan kemudian tekan *444#
  3. Tunggu sampai proses selesai
  4. Jika sudah muncul interface maka cari “Cek Status Registrasi”
  5. Ikuti cara selanjutnya

Kartu XL Axiata/ Axis

Yang kedua adalah kartu provider XL Axiata/Axis. Provider ini juga banyak sekali digunakan karena penawaran yang ditawarkan juga tidak kalah dengan provider yang lainnya dan juga jaringan yang sudah merata di seluruh indonesia. Berikut ini cara cek status registrasi kartu XL Axiata menggunakan kode USSD.

  1. Buka smartphone yang kalian gunakan
  2. Masuk ke aplikasi panggilan (Telepon)
  3. Masukkan kode *123*4444#
  4. Setelah itu kalian hanya perlu mengikuti step selanjutnya.

Kartu Indosat Ooredoo

Jika kalian menggunakan kartu prabayar Indosat Ooredoo kalian juga bisa melakukan pengecekan registrasi lho. Kalian bisa menggunakan website indosat langsung atau jiga menggunakan kode USSD dan juga jika kalian ingin lakukan UNREG kartu indosat karena kartu yang kalian gunakan hilang dan tidak ingin di salah gunakan oleh orang lain kalian bisa melakukannya. cara UNREG kartu yang hilang juga mudah untuk dilakukan. Sebelum memberikan cara menonaktifkan kartu prabayar yang hilang berikut ini cara melakukan pengecekan kartu prabayar indosat.

  1. Jika kalian menggunakan hp android coba gunakan website indosat
  2. Kalian hanya perlu buka aplikasi browser kalian
  3. Atau langsung saja https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/
  4. Masukkan NIK dan No KK yang kalian gunakan untuk resistrasi
  5. Klik atau centang “I’M Not Robot’
  6. Lalu klik periksa
  7. Tunggu proses selesai kemudian ada muncul datanya.

Baca Juga : Cara Transfer Pulsa Indosat Ooredoo

Kartu Smartfren

Apakah kalian pengguna kartu Smartfren? Jika iya maka bisa melakukan cek registrasi kartu smartfren yang kalian gunakan. Berikut ini caranya.

  1. Kalian buka aplikasi Google Chrome atau yang lainnya
  2. Buka website smartfren
  3. Atau bisa langsung ke https://my.smartfren.com/check_nik.php
  4. Masukkan NIK dan KK
  5. Kemudian isi penjumlahan
  6. Lalu klik Cek Status

Kartu 3

Para pengguna kartu tri juga bisa melakukan pengecekan kartu yang digunakan lho. Ada dua cara yang bisa kalian gunakan yang pertama dengan menggunakan situs atau website tri atau dengan menggunakan SMS. kali ini saya akan memberikan caranya dengan menggunakan Aplikasi SMS.

  1. Buka smartphone/ Hp
  2. Kemudian buka aplikasi SMS
  3. Buat pesan baru
  4. Ketik status pada kolom pesan
  5. Kemudian kirim ke 4444
  6. Tunggu sampai ada balasan SMS

Lakukan cara cek status registrasi kartu diatas dengan benar. jika menggunakan kode atau angka jangan sampai salah, jika salah maka hasil tidak akan muncul.

Cara Memblokir Kartu Yang Hilang dan Lupa Nomor

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara mengecek status registrasi kartu yang kalian gunakan, sekarang saya akan membagikan beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk melakukan UNREG kartu SIM yang hilang. Hal ini memang harus dilakukan jika memang nomor hp yang kalian gunakan memang hilang sehingga tidak disalah gunakan oleh orang yang menemukan. Berikut ini cara memblokir kartu yang hilang atau rusak berdasarkan kartu provider.

UNREG Kartu Telkomsel yang Hilang

Bagi pengguna kartu telkomsel berikut ini beberapa cara memblokir kartu telkomsel yang hilang. Sebelum itu kalian juga harus menyiapkan berkas berkas pendukung seperti KTP, KK (Kartu Keluarga) dan juga 2 nomor terakhir yang kalian hubungi dalam satu bulan terakhir kemudian kalian bisa langsung ke GraPARI terdekat atau juga bisa menelpon ke CS telkomsel di 188. Jika kalian memutuskan untuk ke GraPARI terdekat berikut ini hal harus kalian lakukan.

  1. Jika antrian panjang dan lama menunggu
  2. Kalian langsung ke mesin MyGraPARI
  3. Kalian pilih Pelanggan Telkomsel
  4. Untuk UNREG kartu yang hilang kalian pilih menu Simcard Hilang atau Rusak
  5. Setelah itu masukkan nomor yang hilang atau akan diganti
  6. Kemudian kalian akan di suruh memasukkan No KTP dan No KK
  7. Hal itu dilakukan untuk melakukan Validasi
  8. Tunggu beberapa saat maka kartu baru dengan nomor yang hilang akan keluar

Dan juga kalian memutuskan untuk menelpon CS telkomsel kalian bisa menghubungi nomor 188, perlu kalian ketahui jika kalian melakukan panggilan ke cs telkomsel maka kalian akan dikenai biaya yaitu sebesar Rp. 300 / panggilan.

UNREG Kartu Indosat Ooredoo Yang Hilang

Selanjutnya adalah pengguna kartu indosat Ooredoo. Sama seperti kartu telkomsel kalian juga bisa menggunakan 2 cara dalam melakukan pemblokiran kartu yang hilang. Yang pertama dengan datang langsung ke gerai indosat atau dengan menghubungi CS indosat langsung.

Sebelum itu kalian mesti mempersiapkan data diri seperti KTP dan juga KK sesuai dengan yang terdaftar di kartu indosat yang kalian gunakan.

Jika kalian ingin melakukan pemblokiran kartu indosat yang hilang dan juga langsung ingin mengganti kartu yang baru dengan nomor yang sama kalian bisa langsung ke gerai indosat Ooredoo terdekat dan jika kalian ingin memblokir nomor yang hilang saja kalian bisa menelpon CS indosat langsung.

Jika kalian ingin melakukan UNREG layanan indosat kalian bisa memlihat caranya pada artikel yang sudah saya buat sebelumnya.

Memblokir Kartu XL Yang Hilang

Para pengguna kartu XL jangan khawatir kalian juga bisa kok melakukan pemblokiran kartu XL yang kalian miliki jika kartu XL yang kalian gunakan hilang sehingga tidak digunakan orang lain untuk menipu. Namun sebelum itu kalian pastikan dahulu bahwa nomor yang gunakan memang benar menggunakan identitas kalian. Kalian bisa menghubungi CS XL untuk melakukan pemblokiran nomor yang hilang ke nomor 817 kalian bisa menelpon nomor tersebut menggunakan nomor apapun.

UNREG Kartu Smartfren Yang Hilang

Yang terakhir adalah pengguna kartu Smartfren. Salah satu cara untuk memblokir nomor smartfren adalah dengan datang langsung ke gerai smartfren terdekat di sana kalian ceritakan saja maksud tujuan kalian datang ke gerai smartfren dan minta untuk melakukan pemblokiran nomor hp smartfren kalian yang hilang dan kalian juga langsung meminta kartu smartfren yang baru dengan nomor yang hilang.

Itulah tadi beberapa cara cek status registrasi kartu dan juga beberapa cara UNREG kartu yang hilang yang bisa kalian lakukan sehingga tidak akan disalahgunakan bagi yang menemukan,

9 thoughts on “Cara Unreg Kartu yang Hilang”

  1. Sy mau blokir nmr 082112529554 ko tidak bisa tlng balas malah yg kena hapus nmr baru sy 082112549010

    Reply
  2. Help me!!!
    Ini nik saya udah habis kepake di saya 🙁
    Tapi lupa unreg
    Dan kartu nya hilang
    + lupa nomor nya (soalnya nomor paket gak ke save)

    Jadi gimana ya?

    Reply
  3. Help me!!!
    Ini nik saya udah habis kepake di saya
    Tapi lupa unreg
    Dan kartu nya hilang
    + lupa nomor nya (soalnya nomor paket gak ke save)

    Jadi gimana ya?
    Tolong ini dijawab karena saya juga mengalaminya

    Reply

Leave a Comment