Cara Mereka Layar Komputer

Laptop atau komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang yang berguna untuk memudahkan pekerjaan. Tak hanya itu saja laptop atau komputer juga bisa digunakan untuk membantu orang lain untuk menyelesaikan masalah, seperti membuat tutorial baik dengan tulisan ataupun vidio, jika kalian ingin membuat tutorial dengan menggunakan vidio kalian bisa merekam layar komputer atau laptop sehingga apa yang sudah kalian lakukan bisa membantu orang lain yang sedang menemui jalan buntu, cara merekam layar laptop juga cukup mudah. Kalian hanya perlu memilih mau menggunakan tambahan aplikasi atau tidak.

Banyak sekali software atau aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk merekam layar laptop atau juga mengedit vidio yang gratis akan tetapi sebagian aplikasi tersebut bisa kalian gunakan untuk mengedit atau merekam layar dengan menampilkan watermark mereka sehingga akan mengganggu tampilan vidio kalian, jika kalian ingin menghilangkan watermark kalian hanya perlu mendownload versi premiumnya. Kalian tak perlu khawatir ada juga aplikasi atau software yang tidak menampilkan watermark.

Setelah merekam layar laptop kalian juga bisa edit vidio hasil dari merekam layar. Kalian bisa menggunakan tambahan software untuk edit vidio seperti Vegas, Camtasia, Kinemaster dan masih banyak lagi yang bisa kalian gunakan untuk edit vidio atau merekam vidio. Untuk cara merekamnya kalian ikuti langkah langkah berikut ini yang akan saya jabarkan,

Cara Merekam Layar Komputer & Laptop Tanpa Aplikasi atau Software

Cara yang pertama yang bisa kalian lakukan untuk merekam layar adalah tanpa menggunakan tambahan aplikasi atau menggunakan fitur game bar, akan tetapi cara ini hanya bisa kalian lakukan pada windows 10 build dan versi diatasnya (creators update) saja sehingga tidak semua windows 10 bisa menggunakan cara ini.

Fitur game bar sendiri biasanya digunakan untuk bermain game dan juga memerlukan spesifikasi laptop yang besar dan juga bisa digunakan aktivitas yang cukup besar juga seperti edit vidio, desain grafis atau yang lainnya dan tentunya juga memerlukan spesifikasi RAM yang cukup besar. Jika kalian mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis akan mengoptimalkan kinerja laptop dan juga meminimalisir penggunaan CPU dan RAM.

Berikut ini cara merekam layar laptop tanpa menggunakan aplikasi atau software:

  1. Pertama kalian harus mengaktifkan fitur game bar
  2. Caranya buka menu Settings kemudian pilih Gaming lalu aktifkan Game Bar.
  3. Setelah itu tekan tombol WinKey + G
  4. Setelah itu klik Check Box Yes this ia a game
  5. Kemudian akan muncul interface untuk merekam layar
  6. Sekarang kalian bisa mulai merekam layar laptop atau komputer kalian dengan menekan tombol merah
  7. Dan juga kalian ingin mengakhiri rekaman kalian hanya perlu klik stop
  8. selesai

Merekam Layar Komputer dengan Tambahan Aplikasi atau Software

Bagi kalian yang masih menggunakan windows di bawah windows 10 kalian bisa menggunakan cara ini untuk merekam layar komputer atau layar laptop kalian. Kalian hanya perlu mengunduh dan juga menginstall aplikasi atau softwarenya saja. Kalian juga bisa memilih mau yang premium atau yang gratis. Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk merekam layar laptop.

Aplikasi VLC Media Player

Mungkin sebagian banyak orang belum mengetahui bahwa aplikasi VLC ini bisa digunakan untuk merekam layar komputer atau laptop, orang orang mengenali aplikasi atau software ini hanya digunakan untuk memutar vidio saja. Berikut ini cara menggunakannya.

  1. Kalian unduh dan install VLC Media Player
  2. Setelah di install buka aplikasi VLC Media Player
  3. Kemudian pilih menu Media lalu pilih Open Capture Device
  4. Setelah itu akan muncul interface Media Open
  5. Kalian pilih Menu Capture Device pada Capture Mode Pilih Desktop
  6. Kemudian pada Desired frame rate for the capture pilih 15.00 f/s
  7. Setelah itu klik gambar segitiga kebawah yang letaknya di samping Play kemudian pilih Convert.
  8. Setelah itu akan muncul interface untuk memilih tempat penyimpanan vidio
  9. Kalian hanya perlu klik Browse dan pilih dimana tempat penyimpanannya.
  10. Kemudian klik Start untuk memulai merekam layar
  11. Jika kalian ingin berhenti kalian hanya perlu klik Stop Recording Saja.

Aplikasi Screencast-O-Matic

Cara yang selanjutnya yang bisa kalian gunakan yaitu menggunakan aplikasi Screencast-O-Matic. Mungkin banyak orang yang belum mengenal aplikasi ini, aplikasi ini sangatlah ringan untuk digunakan dan juga sangat mudah untuk menggunakannya. Berkut ini cara menggunakan Screencast-O-Matic.

  1. Unduh dan install Screencast-O-Matic
  2. Setelah di install silahkan buka aplikasinya
  3. Maka akan muncul interface klik saja Use Free Version
  4. Kemudian akan muncul menu untuk merekam
  5. Kalian bisa memilih ukuran yang ingin digunakan bisa fullscreen atau ukuran yang lain dibagian bawah.
  6. Setelah menentukan ukuran layar yang ingin direkam kalian bisa klik tombol merah untuk merekam
  7. Jika kalian ingin mengakhiri maka kalian hanya perlu klik tombol merah lagi.

Aplikasi Camtasia

Aplikasi yang terakhir yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi Camtasia aplikasi ini selain bisa digunakan untuk merekan juga bisa digunakan untuk mengedit vidio sehingga kalian tidak perlu untuk menginstall aplikasi lain untuk mengedit vidio akan tetapi aplikasi ini berbayar atau premium, jika memang kalian ingin mencoba menggunakan aplikasi ini kalian bisa menggunakan versi trial selama 30 hari. Untuk cara menggunakannya ikuti cara berikut ini:

  1. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi Camtasia saya menggunakan versi 8
  2. Setelah itu install aplikasi Camtasia
  3. Kemudian buka aplikasi Camtasia
  4. Lalu klik Record the screen yang ada di bawah menu File dan Edit
  5. Kemudian akan muncul interface Camtasia Recorder
  6. Disini kalian bisa memulai merekam layar komputer dengan klik tombol merah
  7. Dan aplikasi ini akan menghitung mundur untuk memulai merekam
  8. Jika kalian ingin berhenti maka kalian hanya perlu menekan tombol F10
  9. Maka setelah itu akan muncul pilihan jika kalian ingin menyimpannya maka kalian pilih Save and Edit atau jika kurang pas maka kalian bisa tekan Delete
  10. Jika kalian berniat untuk menyimpan vidio maka kalian langsung dihadapkan pada Camtasia Studio untuk melihat hasil dan juga kalian bisa edit vidio tersebut.
  11. selesai

Itulah tadi beberapa cara merekam layar laptop dan komputer yang bisa kalian gunakan baik menggunakan tambahan aplikasi atau software atau tidak menggunakan tambahan aplikasi sama sekalin.

Leave a Comment