Cara Menyembunyikan File di Android

Mayoritas pengguna ponsel Android menjadikan ponselnya untuk menyimpan hal-hal pribadi, seperti foto atau video bahkan file dokumen-dokumen penting yang tidak ingin dilihat oleh orang lain ketika ponsel mereka dipinjam. Tidak hanya itu,terkadang ponsel dipakai oleh anak-anak yang belum begitu paham cara menggunakan ponsel, tentu saja hal ini dapat menyebabkan file-file penting dihapus tanpa sengaja.

Saat ini di google play store sudah banyak tersedia aplikasi android untuk menyembunyikan file-file penting. Akan tetapi, tak semua aplikasi itu aman oleh karena itu kalian harus pintar- pintar memilih aplikasi mana yang bagus untuk digunakan. Namun jika kalian masih bingung untuk menentukan aplikasi mana yang akan kalian gunakan untuk menghidden file foto video atau yang lainnya kalian bisa menggunakannya tanpa menggunakan aplikasi. Disini saya akan memberikan cara menyembunyikan file di android tanpa aplikasi dan juga dengan tambahan aplikasi.

Cara Menyembunyikan File atau Dokumen di File Manager

Dalam menggunakan cara ini kalian tidak perlu menggunakan tambahan aplikasi, kalian hanya perlu teliti dalam melakukan step by step dalam menyembunyikan file berupa foto, video atau file penting lainnya. Kalian bisa menggunakan cara ini di ponsel samsung atau ponsel yang lainnya kecuali hp OPPO, untuk Ponsel OPPO akan ada cara sendiri.

  1. Untuk menyembunyikan file dengan cara ini kalian bisa masuk ke file manager/ file saya
  2. Kemudian kalian masuk ke Penyimpanan perangkat
  3. Disini kalian bisa membuat atau menggunakan folder yang sudah ada
  4. Masukkan file – file penting yang mau kalian sembunyikan
  5. Pastikan file foto video atau data yang lainnya sudah dimasukkan dalam satu folder
  6. Jika file atau data yang akan disembunyikan sudah ada di satu folder kalian bisa tekan folder beberapa saat sampai muncul ceklis
  7. Setelah itu kalian klik pilihan Lainnya di atas
  8. Kemudian kalian pilih Ubah Nama
  9. Selanjutnya kalian tambahkan titik di depan nama folder
  10. Setelah itu kalian klik Ubah Nama maka folder yang berisi file akan hilang

Jika kalian ingin mengembalikan file foto video dan data yang lainnya kalian bisa menggunakan cara diatas akan tetapi pada step ke 8 kalian hapus titik yang ada di depan nama folder.

Cara Menyembunyikan Foto, Video dan File di Hp OPPO

Ponsel android merk oppo juga bisa digunakan untuk menyembunyikan file atau data data penting kalian. Cara menyembunyikan file di android sangatlah mudah kalian hanya perlu mengikuti langkah langkah yang akan saya buat.

  1. Silahkan buka ponsel OPPO kalian
  2. Untuk menyembunyikan file di hp oppo kalian masuk ke pengaturan kemudian pilih Security Center
  3. Setelah itu kalian aktifkan Homescreen Acceleration Ball dengan cara menggeserkan sampai warnanya berubah
  4. Setelah diaktifkan maka akan ada Acceleration Ball di layar hp kalian yang terletak di kanan,
  5. Patikan file video dan foto atau data yang lainnya sudah berada di satu folder
  6. Untuk menyembunyikan file kalian klik Ball tersebut
  7. Kemudian kalian pilih Privacy Permission lalu pilih Privacy Protection
  8. Setelah itu akan muncul permintaan password, kalian masukkan saja sesuai dengan yang kalian buat
  9. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan. Jika kalian ingin menyembunyikan kontak kalian hanya perlu pilih Private Contacts, jika ingin menyembunyikan aplikasi pilih Private Applications dan jika ingin menyembunyikan file maka pilih Private Files
  10. Kalian bisa memilih Private Files untuk menyembunyikan file yang sudah ada di satu folder
  11. Setelah itu Kalian pilih Add di bagian bawah untuk memilih file file yang ingin disembunyikan
  12. Setelah itu kalian hanya perlu klik OK

Untuk mengembalikan file file tadi kalian hanya perlu mengikuti langkah – langkah diatas sampai ke nomor sembilan setelah itu kalian tinggal klik file kemudian klik Move dan pilih OK maka file akan kembali terlihat

Aplikasi Menyembunyikan File dan Dokumen

Selain beberapa cara di atas kalian juga bisa menggunakan aplikasi untuk menyembunyikan file file penting kalian agar tidak bisa dilihat dan dibaca oleh orang lain. Berikut ini beberapa aplikasi menyembunyikan file terbaik yang bisa kalian gunakan.

Aplikasi Vault-Hide SMS, Pics & Video

Aplikasi yang pertama yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi Vault-Hide SMS, Pics & Video sama seperti namanya aplikasi ini bisa digunakan untuk menyembunyikan file seperti SMS, foto, kontak, aplikasi, Video dan masih banyak lagi lainnya jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini kalian hanya perlu mengunduhnya di play store kemudian bisa langsung menggunakannya.

Di aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur yang bagus yaitu Vault palsu. Fitur ini bisa kalian gunakan untuk menipu orang yang kepo dengan data data yang ada di ponsel kalian. Padahal file file yang diambil oleh orang orang yang kepo adalah file file buatan aplikasi ini.

Aplikasi Safe Gallery Free

Jika kalian ingin menyembunyikan file file yang ada di galeri hp kalian bisa menggunakan aplikasi Safe Gallery Free. aplikasi Safe Gallery Free akan diperkuat dengan password, PIN dan juga Pola. jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini kalian hanya perlu mengunduhnya di google play store.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur yang bagus yaitu fitur backup. Fitur ini bisa kalian gunakan untuk membackup data atau file file penting kalian. Jadi kalian tak perlu khawatir lagi

Aplikasi Photo Locker

Aplikasi yang terakhir adalah aplikasi Photo Locker. Aplikasi Photo Locker adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menghidden file dan data penting yang kalian simpan di hp. Kalian tidak perlu khawatir aplikasi ini sudah teruji akan menjaga file file penting milik kalian dan juga aplikasi ini akan mengunci secara otomatis jika kalian lupa untuk mengunci nya.

Bagaimana mudah bukan? Yaps cara menyembunyikan file di android sangat lah mudah kalian bisa menyembunyikan file tanpa menggunakan tambahan aplikasi dan juga dengan tambahan aplikasi tergantung kalian mana yang paling mudah untuk digunakan.

Categories Android

Leave a Comment