Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Banyak sekali perangkat yang ada di laptop salah satu nya keyboard. Keyboard merupakan perangkat keras yang fungsinya sangat banyak, selain digunakan untuk mengetik keyboard juga bisa digunakan untuk mematikan laptop dan masih banyak lagi.

Jika kalian mengalami kendala atau masalah dalam keyboard, kalian bisa mematikan fungsi keyboard laptop dan bisa menggunakan keyboard external atau menggunakan keyboard on-screen keyboard. Cara menonaktifkan keyboard laptop sangat lah mudah untuk dilakukan.

Cara yang bisa kalian gunakan cukuplah mudah kalian hanya perlu mengikuti cara yang akan saya bagikan ini. Sebelum memberikan cara menonaktifkan keyboard ada baiknya kalian mengetahui apa fungsi dari keyboard itu sendiri.

Fungsi Keyboard di Laptop

Selain fungsi tombol keyboard yang sangat banyak, fungsi keyboard pada laptop juga sangatlah banyak. Berikut ini beberapa fungsi keyboard yang kalian harus ketahui.

Bisa Mematikan atau Menonaktifkan Laptop

Jika kalian sering menggunakan mouse untuk segala aktifitas di laptop dan tiba tiba mouse mengalami kendala tidak ada salahnya kalian menggunakan keyboard untuk menggerakkan kursor. Kalian bisa menggerakkan tombol atas bawah dan kanan kiri untuk mencari file yang kalian ingin buka kemudian tekan enter untuk membuka file. Tidak hanya itu saja tombol keyboard juga bisa digunakan untuk menonaktifkan komputer, untuk cara ini kalian bisa menggunakan kombinasi atau menggunakan tombol atas bawah dan kanan kiri.

Sebagai Perintah Pemintas

Selain bisa digunakan untuk menonaktifkan komputer dan juga mengetik keyboard juga bisa digunakan sebagai perintah dengan cara menggunakan tombol kombinasi, contohnya jika kalian sedang membuat artikel dan di beberapa kata ingin ditebalkan kalian hanya perlu memblok kata yang ingin ditebalkan kemudian tekan tombol CTRL + B, atau kalian ingin memindahkan file, kalian hanya perlu tekan CTRL + X pada file yang ingin kalian pindah kemudian kemudian tekan CTRL + V untuk menempatkan file pada tempat yang kalian inginkan.

Cara Mematikan Keyboard Laptop

Jika keyboard kalian mengalami kendala dan kalian ingin menonaktifkan keyboard internal kalian bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop dengan Device Manager

  1. Klik Start >> pilih Computer
  2. Atau bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + E
  3. Klik kanan pada Computer
  4. Pilih Manage kemudian klik Device Manager
  5. Klik kanan pada submenu keyboard lalu pilih Update
  6. Lalu akan ada dua pilihan kalian pilih Brouse My Computer For Driver Software
  7. Kemudian kalian pilih Let me Pick From a List of Device Driver on My Computer kemudian Next
  8. Setelah itu kalian hanya perlu Menghilangkan Centang pada Show Compatible Hardware
  9. Kemudian pilih pada Manufacturer yang tidak sama dengan merk laptop lalu tekan Next
  10. Lalu pilih Yes
  11. Terakhir kalian hanya perlu Restart Laptop
  12. Selesai

Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop dengan Device Manager

Jika kalian ingin mengaktifkan keyboard laptop yang sudah di nonaktifkan, kalian hanya perlu mengikuti step by step diatas. Akan tetapi pada nomor delapan kalian hanya perlu mencentang pada bagian Show Compatible Hardware, kemudian pada bagian Manufacturer silahkan disamakan merek laptop yang kalian gunakan setelah itu klik Next kemudian pilih Yes. kemudian Restart Laptop.

Cara Menggunakan On-Screen Keyboard

Apakah keyboard internal laptop kalian sedang bermasalah dan kalian sedang membutuhkannya. Kalian tak perlu khawatir pada dasarnya di windows 7 yang saya gunakan ada salah satu fitur yaitu on-screen keyboard yang bisa kalian gunakan di kala keyboard internal laptop sedang bermasalah.

Cara Menggunakan Aplikasi On-Screen Keyboard.

  1. Kalian hanya perlu klik Start
  2. Lalu klik Accessories
  3. pilih Ease For Access
  4. Kemudian cari dan buka on-screen keyboard
  5. Setelh terbuka kalian busa menggunakannya dengan mengklik huruf atau angka menggunakan Mouse.
  6. Selesai.

Itulah cara menonaktifkan keyboard laptop dengan mudah dan juga bagaimana menggunakan keyboard on-screen keyboard di waktu keyboard internal laptop sedang bermasalah.

1 thought on “Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop”

Leave a Comment