Cara Mengupload Video di Youtube

Membuat channel Youtube merupakan salah satu peluang bisnis online paling menjanjikan, namun sebelumnya kita perlu tahu bagaimana cara mengupload video di Youtube terlebih dahulu. Sebab konten utama yang bisa mendatangkan uang dari Youtube adalah video yang kita posting, bukan hanya dari channel – nya saja.

Video yang kita upload nantinya akan menayangkan iklan pada setiap penonton. Dari iklan tersebutlah kita mendapatkan royalti alias uang bayaran. Oleh karena itu dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengupload video di Youtube melalui desktop browser maupun smartphone Android.

Cara Upload Video Youtube Melalui PC

Jika kamu ingin mengupload video Youtube melalui PC, software yang kamu perlukan hanyalah browser desktop seperti Google Chrome, Mozila Firefox, dan lain – lain selain software dan koneksi kamu terlebih dahulu harus membuat akun youtube atau membuat channel youtube, jika sudah kamu ikuti langkah – langkah yang ada di bawah ini upload vidio di youtube.

  • Log in ke akun Google untuk Channel Youtube kamu, kemudian masuk ke laman Youtube
  • Berikutnya klik logo foto profil yang ada di bagian kanan atas tampilan
  • Akan keluar menu baru dan cari “My Channel”
  • Klik tulisan “Upload Video” di kolom berwarna biru
  • Pilih video yang ingin kamu upload ke channel Youtube kamu
  • Kemudian pilih setelah privasi video menjadi “Publik” agar bisa disaksikan oleh pengguna lain
  • Masukan judul yang menarik serta foto Thumbnail agar pengguna tertarik untuk menonton
  • Jangan lupa masukan tag agar video yang kamu upload mudah ditemukan oleh para penonton
  • kamu juga bisa mengisi deskripsi dengan pesan atau penjelasan dari video
  • Jika semua sudah diisi dan proses upload sudah selesai, klik “Publikasikan” dan video yang kamu upload sudah bisa disaksikan oleh pengguna Youtube di seluruh dunia

Cara Upload Video Youtube Melalui Android

Siapa bilang menjadi Youtuber harus bermodal besar. Hanya dengan menggunakan HP android saja, kamu sudah bisa mengedit hingga upload video Youtube secara langsung. Yang kamu butuhkan hanyalah aplikasi Youtube versi terbaru dan mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Youtube android dan Log in ke akun Google dari channel Youtube kamu
  • Klik icon kamera yang ada di pinggir tampilan layar
  • kamu bisa memilih ingin merekam secara langsung atau menggunakan video yang sudah ada di galery
  • Kemudian, masukan judul, foto thumbnail dan deskripsi yang akan digunakan untuk video
  • Jika semua sudah diisi, klik “Upload”

Jika kamu mengubah koneksi ketika upload menjadi menggunakan Wi-Fi, klik ke menu “Setelan” -> “Umum” -> “Upload”. Pilih Upload ketika menggunakan koneksi Wi-Fi saja karena terkadang mengupload video di Youtube akan menghabiskan kuata yang cukup banyak.

Tips Agar Video Youtube Banyak Ditonton

Selain mengetahui cara upload video di Youtube, kita juga perlu tahu bagaimana cara agar video yang kita upload banyak ditonton oleh para pengguna Youtube. Nah berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti.

1.Buat Judul dan Thumbnail Yang menarik

Kesan pertama yang akan dinilai oleh penonton adalah judul dan thumbnail yang kamu gunakan dalam video. Oleh karena itu, gunakan thumbnail dan judul yang sekiranya membuat orang penasaran agar mau menonton video kalain.

2. Gunakan Tag Dengan Benar

Tag merupakan fitur dari Youtube yang membuat video kamu mudah ditemukan dalam pencarian Youtube. Dengan begitu, video kamu bisa ditemukan hanya dari kolom pencarian bahkan oleh pentonton yang bukan subscriber channel Youtube kamu.

3. Buat Video Yang Informatif

Dengan membuat video yang informatif, para pentonton akan membagikan video kamu melalui media sosial. Sehingga video kamu bisa menjangkau lebih banyak orang.

Seperti itulah cara mengupload video di Youtube serta tips agar video kamu banyak ditonton. Semakin banyak orang yang menonton, maka semakin banyak pula keuntungan yang kamu dapat dari Adsense.

Leave a Comment