Cara Mengembalikan Barang di Shopee

Tahukah kalian bagaimana cara mengembalikan barang di shopee? Tentu saja hal tersebut dapat kalian lakukan, apabila merasa barang yang telah dibeli di Shopee kurang cocok atau tidak sesuai dengan yang ada pada deskripsi produk. Tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku mengenai permohonan pengajuan pengembalian barang ini.

Kalian hanya bisa mengajukan pengembalian barang apabila produk tersebut cacat atau rusak. Yang kedua, produk salah ukuran, warna, ataupun kesalahan lainnya. Dan yang ketiga, produk berbeda dengan yang ada di Deskripsi serta telah ada kesepakatan antara penjual dan juga pembeli. Apabila tidak ada salah satu unsur yang terpenuhi, maka kalian tidak bisa memohon pengembalian barang tersebut.

Sekilas Tentang Shopee

Sebelum langsung menuju ke tutorial, mungkin diantara kalian ada yang belum mengetahui tentang Shopee. Shopee merupakan salah satu eccomerce terbesar yang berpusat di Singapura dan telah memiliki cabang di Indonesia. Di Indonesia memang tidak hanya Shopee yang menjadi e-commerce, tetapi Shopee dianggap memiliki keunggulan dalam penjualan online ataupun pembelian online yang tidak dimiliki oleh e-commerce lainnya.

Yang paling utama adalah fitur gratis ongkir. Dengan syarat belanja maksimal 20 ribu rupiah. Tentu hal ini dapat meringankan beban kalian ketika belanja. Bahkan, kalian pun diberi hak untuk mengajukan pengembalian produk, tanya tata caranya akan saya jelaskan pada konten berikut ini. Fitur Shopee juga lengkap, banyak diskon atau potongan harga, serta banyak promo menarik lainnya yang bisa kalian dapatkan.

Bagaimanakah Cara Mengembalikan Barang di Shopee

Berikut ini tahapan pengembalian barang di shopee yang dapat kalian lakukan apabila membutuhkannya. Yuk, disimak

1. Login ke Akun Shopee

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk meminta pengajuan pengembalian produk yang telah dibeli di Shopee adalah dengan login terlebih dahulu ke akun Shopee kalian. Masuklah menggunakan email dan password seperti biasa.

2. Mengajukan Permohonan Pengembalian Barang

Jika kalian sudah berhasil login ke akun Shopee, maka pengajuan permohonan pengembalian produk sudah bisa dilakukan. Caranya yaitu sebagai berikut :

  • Buka terlebih dahulu halaman “saya”
  • Selanjutnya adalah pilih belanjaanku lalu klik “pesanan diterima”
  • Tap “Ajukan Pengembalian Barang/Dana”

3. Mengisi Alasan Pengembalian Barang

Seperti apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kalian perlu memiliki alasan mengapa barang tersebut ingin dikembalikan. Untuk melakukannya, tinggal pilih bagian produk, pilih “alasan pengembalian”, tambah foto, masukkan alamat surel, dan klik “kirimkan”.

4. Kemas Produk

Cara mengembalikan barang di shopee selanjutnya adalah mengemas produk dan tempel label pengembalian pada paket. Disertakan pada paket yang akan diterima. Penempelan tersebut harus kalian lakukan.

5. Kirim Paket

Berikutnya kamu bisa mengirim paket melalui jasa kirim Pos Kilat Khusus agar agar bisa mengembalikan barang gratis. Kamu bisa mengirimkan barang ke Warehouse Shopee melalui Kantor Pos Indonesia terdekat dengan mencantumkan ID pelanggan DAGSHOPEE04140A. Kirimkan ke alamat WAREHOUSE SHOPEE INDONESIA PT Dunex (Dunia Express Transindo) gudang G yang berada di Jl. Agung Karya VII No. 1 RW 4 Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara

6. Tunggu Validasi dari Shopee

Terakhir, kalian harus menunggu validasi selama 3-5 hari kerja yang dilakukan oleh tim validasi Shopee. Validasi dipastikan gagal jika resi tidak dimasukkan ke dalam mask.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Demikianlah penjelasan mengenai cara mengembalikan barang di shopee yang bisa kalian lakukan secara gratis. Ingat, pengajuan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan ya, harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Sekian dan semoga bermanfaat!

Leave a Comment