Cara Membuat Google Form Di HP

Membuat Google Form. Apa itu Google Form? Google Form adalah fitur dari Google yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk hal-hal administrasi dan survei online. Layanan ini banyak digunakan di berbagai bidang. Mulai dari bisnis hingga pendidikan.

Menginput data dengan jumlah yang besar tentu sangat merepotkan dan menghabiskan banyak waktu. Misalnya, Anda diberi tugas untuk menyebarkan kuesioner atau survei tentang tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dari perusahaan. Tentu Anda akan kelimpungan mengumpulkan data jika jumlah pelanggan seabrek-abrek. Nah, seiring perkembangan teknologi, pekerjaan mengumpulkan dan menginput data kini menjadi lebih mudah dengan bantuan Membuat Google Form. Iya, formulir kini tersedia dalam bentuk digital dan bisa dibuat sekaligus disebarkan secara daring. Dengan begitu, cakupan orang-orang atau pelanggan yang mengisi formulir semakin luas dan respons yang didapat juga semakin banyak.

Kalau dalam lingkup profesional, Membuat Google Form sering digunakan sebagai platform untuk menyebarkan formulir terhadap suatu topik kepada audiens. Iya, Google Form ini kerap dimanfaatkan sebagai medium mengumpulkan informasi dari audiens secara daring. Membuat Google Form cukup mudah. Bahkan bisa dibuat di ponsel maupun laptop asalkan kita bisa memiliki akses internet dan akun Google. Untuk isian formulir tersedia banyak pilihan. Mulai dari dari judul, deskripsi, serta pilihan daftar pertanyaan.

Setiap pertanyaan di Google Form memiliki tipe untuk menunjukkan jenis informasi yang ditanyakan kepada responden. Bahkan, pertanyaan bisa diwakilkan dalam bentuk statis, seperti gambar atau video.

Cara Membuat Google Form :

 

1. Buka Gmail dan klik ikon Google Apps

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk Membuat Google Form adalah membuka halaman Gmail dan mengkilik ikon Google apps atau aplikasi Google yang ada di pojok kanan atas. Selain itu, kamu juga bisa membuka halaman form melalui menu yang sama pada Google Drive.

2. Pilih Google Form

Selanjutnya, cara Membuat Google Form dari sekian banyak aplikasi Google yang ada, cari dan pilihlah ikon google form, seperti gambar di bawah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara lain dengan melakukan pencarian dengan keyword Google Form pada Google Search.

3. Membuat Google Form Baru

Setelah kamu memilih Google Form, akan muncul halaman untuk membuat formulir baru yang kamu inginkan. Kemudian klik pilihan blank/kosong.

4. Tentukan nama dokumen dan nama form beserta deskripsinya

Langkah cara Membuat Google Form selanjutnya, agar kamu nantinya mudah menemukan formulir yang telah di buat, berikan nama dokumen form yang ada di pojok kanan atas. Kemudian kamu bisa memberi nama/judul formulir beserta deskripsinya pada kolom pertama seperti yang ada pada gambar di bawah.

5. Membuat Pertanyaan

Nantinya di bawah judul dan deskripsi, kamu akan melihat kolom pertanyaan. Pada kolom tersebut kamu dapat membuat pertanyaan yang diinginkan.

6. Menentukan bentuk jawaban

Setelah membuat pertanyaan, langkah selanjutnya yaitu menentukan bentuk jawaban yang Kamu diinginkan. Bentuk jawaban tersebut, dapat kamu pilih pada kolom yang ada di samping kanan kolom pertanyaan. Pada gambar di bawah bisa kamu lihat, ada beberapa pilihan jawaban. Mulai dari jawaban singkat, panjang, pilihan ganda/opsi, hingga pilihan kotak centang.

7. Menambah pertanyaan

Untuk cara Membuat Google Form menambah pertanyaan, kamu dapat memilih ikon(+) yang ada di samping kolom pertanyaan pertama. Selain itu, untuk bentuk jawaban seperti pilihan ganda/opsi, kamu dapat menambahnya dengan memilih tambahkan opsi. Di samping itu, kamu juga memasukkan berbagai macam media, seperti gambar dan video, dengan memilih ikon yang ada di bawah tanda(+).

8. Menentukan pertanyaan yang wajib diisi

Selain itu, jika menginginkan pertanyaanmu wajib dijawab, kamu bisa mengaktifkan tombol Wajib diisi/Required pada pojok kanan bawah di setiap pertanyaan. Sehingga orang yang mengisi formulir tidak bisa lanjut ke halaman berikutnya jika tidak menjawab pertanyaan tersebut.

9. Melakukan preview terhadap form yang telah dibuat

Setelah memasukkan semua poin pertanyaan, kamu dapat melakukan pratinjau terhadap formulir yang telah dibuat. Adapun caranya yaitu dengan mengklik ikon ‘mata’ yang ada di bagian pojok kanan atas. Nantinya akan muncul halaman seperti formulir yang telah dibuat, tapi dari segi tampilan orang lain. Selain itu, kamu juga bisa mengubah tema atau warna dari tampilan formulir dengan memilih ikon palet cat seperti gambar di bawah.

Berikut artikel cara Membuat Google Form. Tentu saja, kegiatanmu mengumpulkan data akan menjadi lebih mudah dan praktis. Menggunakan Google Form di HP, kamu bisa mengedit, mengirim, dan menerima tanggapan secara realtime. Semoga artikel diatas bermanfaat, ya!

Tinggalkan komentar