Cara Melacak Resi Shopee

Tahukah kalian bagaimanakah cara melacak resi Shopee? Resi merupakan nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang. Contohnya seperti J&T dan JNE dan sebagaimana yang kita ketahui bahwa Shopee sebagai layanan belanja daring di Indonesia menjalin kerjasama dengan layanan ekspedisi guna mengirimkan produk kepada pembeli. Ternyata banyak sekali cara untuk cek resi yang bisa kalian lakukan.

Untuk Shopee sendiri, menjalin kerjasama dengan beberapa jasa ekspedisi seperti JNE, J&T, NinjaVan, Pos Indonesia, Go Send Someday, dan juga Shopee Express Delivery.

Sebelum menuju ke cara melacak nomor resi, terlebih dahulu saya memberitahu bagaimana cara input nomor resi di shopee teruntuk kalian yang berjualan online dan belum mengetahuinya:

Cara Menginput Nomor Resi di Shopee

Berikut ini tata cara selengkapnya Menginput nomor resi di shopee, terutama untuk layanan kurir JNE atau POS Indonesia. Langsung saja simak tutorialnya berikut ini :

  • Login ke akun Shopee kalian terlebih dahulu.
  • Berikutnya silakan pilih seller center.
  • Cari paket yang telah kalian kirim via kurir lalu input resinya dari menu penjualanku —-> belum dikirim.
  • Masukkan nomor resi pada kolom yang sudah disediakan lalu klik “konfirmasi”.
  • Input resi pengiriman dan tunggu pemberitahuan selanjutnya dari Shopee.

Baca Juga : Cara Mengisi Saldo ShopeePay

Cara Cek Resi Shopee

Untuk cara melacak resi shopee pada paket pengiriman produk dari shopee, kalian bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Pertama, silakan buka Aplikasi Shopee terlebih dahulu
  • Login menggunakan username dan password yang kalian miliki. Pastikan kalian mengisinya dengan benar ya.
  • Untuk bisa Melacak Resi kalian klik menu “Saya”.
  • Klik menu “kirim” di bagian belanjaan saya.
  • Klik nama barang yang sedang dikirim.
  • Guril ke bawah, sampai ke status pengiriman. Kemudian klik “Lacak”
  • Maka kalian bisa melacak pesanan sudah sampai dimana

Selanjutnya kamu bisa melihat riwayat pengiriman barang pesanan di shopee, dan posisi barang sudah sampai di mana. Selain itu, nomor resi juga terlihat di sana. Jika kalian menggunakan layanan kurir JNE, maka nomor resi yang terlihat adalah JNE REG 01018xxxxx dst. Setiap layanan ekspedisi punya kode unik resi yang berbeda-beda.

Baca Juga : Cara Aktivasi ShopeePay

Cara Cek Resi Shopee Express

Selain dengan cara diatas kalian juga bisa menggunakan cara yang satu ini jika kalian menggunakan shopee express.

kelebihan menggunakan shopee express ini ada banyak sekali, salah satunya kalian akan mendapatkan gratis ongkir dan juga paket akan cepat sampai serta masih banyak keuntungan lainnya. langsung saja berikut ini cara cek resi shopee express :

  • Siapkan nomor resi
  • Kalian bisa mendapatkan nomor resi di aplikasi shopee
  • Silahkan buka website shopee express
  • Masukkan nomor resi kalian
  • Kemudian Klik Track
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai paket kiriman kalian

Bagaimana Jika Barang Tak Kunjung Sampai?

Apabila barang yang kalian beli tak kunjung sampai ke rumah, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah mengajukan permohonan pengembalian barang. Atau kalian juga bisa mengajukan permohonan perpanjangan masa garansi. Jangan mengklik tombol “Pesanan Sudah Diterima” jika barang belum sampai di tangan kalian.

Lama tidaknya barang sampai ke tempat tergantung atas beberapa hal. Pertama, alamat yang tidak jelas. Usahakan saat menuliskan alamat, tulis sejelas-jelasnya supaya layanan ekspedisi bisa lebih mudah mencari alamat tersebut. Selain itu keterlambatan barang juga bisa terjadi masalah teknis. Contohnya, adanya gangguan teknis pesawat yang mengantarkan barang tersebut di bandara atau ada gangguan yang lainnya.

Selama masa pengiriman pastikan kalian selalu ada di rumah ya. Karena biasanya kurir tidak akan menyerahkan barang tersebut ke tetangga. Atau paling tidak, di rumah ada keluarga baik ayah, ibu, ataupun saudara. Tanpa hadirnya kalian di lokasi, biasanya barang akan ditaruh terlebih dahulu di kantor ekspedisi tersebut. Untuk mendapatkannya kamu harus datang langsung ke kantor tersebut atau menghubungi melalui telepon seluler.

Mengecek nomor resi memang juga bisa dilakukan melalui layanan ekspedisi yang digunakan. Akan tetapi, dengan disediakannya fitur cek resi shopee pada aplikasi shopee membuat segalanya menjadi jauh lebih mudah. Akhir kata, demikian pembahasan mengenai cara melacak resi shopee, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment