Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor HP, Tidak Perlu Panik

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor HP, Tidak Perlu PanikMengetahui cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP terbilang sangat penting. Sebab tidak ada yang bisa menduga ketika smartphone menghilang akibat terjatuh atau dicuri orang lain.

Ketika zaman dahulu, mungkin tidak bisa melakukan apa-apa ketika ponsel menghilang. Namun karena perkembangan teknologi yang sangat pesat di masa sekarang, jika ponsel menghilang maka sudah bisa dilacak posisinya.

Anda bisa melacak posisinya menggunakan aplikasi bawaan smartphone maupun aplikasi tambahan. Caranya bukan hanya sangat mudah dilakukan namun juga sangat cepat. Mari menyimak saja beberapa caranya dalam artikel ini.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor HP Tanpa Panik

Tatkala ponsel Anda menghilang, jangan langsung panik. Anda bisa mulai mengadukannya ke pihak berwajib untuk ditangani. Lantas, sambil menunggu penanganan dari pihak berwajib, Anda bisa mencoba sendiri untuk melacak lokasi ponselnya.

Tidak perlu menjalankan proses rumit menggunakan komputer, Anda bisa melacak posisi ponsel yang menghilang cukup dengan smartphone. Berikut ini beberapa cara untuk menemukan lokasi ponsel.

  • Google Find My Device 

Cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP bisa dilakukan menggunakan bantuan Google Find My Device. Apabila ingin menggunakannya, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Ponsel yang menghilang harus masih dalam keadaan menyala, mempunyai akses ke internet, tersambung dengan akun Google dan GPS menyala. Kemudian juga dinyalakan fitur Find My Device. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Google Find My Device untuk menemukan lokasi ponsel? Mari menyimak panduan penggunaan Google Find My Device di bawah ini.

  • Akses Aplikasi Google Find My Device 

Langkah pertama ialah mengakses Google Find My Device pada perangkat. Silahkan mencarinya atau mengunduhnya terlebih dahulu pada smartphone dengan sistem Android.

  • Register 

Langkah selanjutnya ialah melakukan register menggunakan akun gmail Anda. Jadi, register menggunakan akun gmail pada ponsel yang menghilang. Bukan membuat akun gmail baru.

  • Sign In As A Guest

Silahkan klik layanan Sign In As A Guest supaya bisa masuk ke ponsel yang menghilang. Nantinya akan ada perijinan, silahkan klik “Allow” supaya aplikasinya bisa mengakses lokasi ponsel.

  • Menentukan Fitur Play Sound, Lock atau Erase 

Cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP pada tahap ini akan muncul tampilan layar ke arah maps untuk melacak posisi ponselnya secara real-time. Pada tahap ini, ada 3 pilihan yang bisa Anda coba untuk mengamankan ponsel. 

Pertama ada Play Sound untuk membuat ponselnya berdering secara otomatis. Kemudian ada Lock yang berguna mengunci akses ponsel. Terakhir ada Erase yang berguna menghapus semua data secara otomatis, mulai dari foto, video, dokumen hingga aplikasi.

  • Aplikasi Number Locator Apk 

Cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP selanjutnya ialah menggunakan aplikasi Number Locator Apk. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi penyedia layanan untuk menemukan HP hilang. Sekarang, mari mengenali tutorial penggunaan Number Locator Apk.

  • Download Number Locator Apk

Seperti penggunaan aplikasi pada umumnya, langkah pertamanya ialah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Silahkan mengunduh Number Locator Apk pada smartphone.

  • Akses Aplikasi dan Nyalakan GPS

Apabila sudah mengunduh aplikasinya, silahkan menyalakan GPS pada perangkat. Pastikan ada koneksi internet supaya proses dari cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP ini berjalan lancar.

  • Klik Menu Pelacak Telepon

Setelah tampil halaman utama aplikasinya, silahkan temukan satu menu bertuliskan Pelacak Telepon. Silahkan langsung klik saja menu Pelacak Telepon tersebut.

  • Masukkan Nomor HP dan Klik Localize

Sekarang, masukkan nomor ponsel yang hendak dilacak posisinya. Pastikan sudah memasukkan nomornya secara tepat. Lantas, klik pilihan Localize pada Number Locator Apk.

  • Klik Path

Setelah klik Localize, akan muncul peta loasi dari nomor ponsel yang menghilang tadi. Lantas, lanjutkan dengan klik Path agar tampil jarak antara ponsel Anda sekarang ini dengan ponsel yang menghilang.

  • WhitePages

Selain mengandalkan aplikasi, Anda juga bisa menerapkan cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP melalui situs. Salah satunya ialah situs WhitePages. Mari mengenali caranya dalam penjelasan di bawah ini.

  • Mengunjungi Website WhitePages

Langkah pertama untuk menggunakan WhitePages ialah mengunjungi website WhitePages. Silahkan mengunjunginya menggunakan browser yang sudah terpasang pada smartphone.

  • Memilih Kategori Pencarian

Akan muncul pilihan kategori pencarian pada website WhitePages. Silahkan memilih kategori pencariannya berdasarkan keperluan Anda. Jadi pastikan memperhatikan pilihan kategorinya dengan baik.

  • Memasukkan Nomor Ponsel

Langkah paling penting ialah memasukkan nomor ponsel secara tepat dan lengkap. Pastikan teliti lagi sesudah mengisinya apakah sudah benar atau belum. Sebab bisa saja ada kesalahan pengetikan.

  • Klik Search

Sekarang, silahkan klik Search dan tunggu WhitePages memproses pencarian ponsel Anda yang menghilang. Cukup mengandalkan WhitePages, Anda bisa memperoleh lokasi ponsel dengan mudah.

  • Google Maps

Cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP mengandalkan Google Maps juga bisa dilakukan. Jadi, tidak harus mengandalkan Google Find Device. 

  • Akses Google Maps

Langkah pertama dalam tutorial ini ialah mengakses Google Maps pada perangkat. Biasanya aplikasi Google Maps sudah terpasang di smartphone Android sehingga tidak perlu mengunduhnya.

  • Klik Menu Options 

Lanjutkan cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP ini pada menu Options. Temukan dahulu menu Options pada aplikasinya, lantas klik saja menu tersebut.

  • Klik Friend List

Setelah menu Options terbuka, silahkan klik Friend List dan masukkan nomor ponsel yang menghilang. Lantas, pastikan lagi pengisian nomornya sudah benar. Lanjutkan dengan klik nomor provider.

  • Muncul Lokasi

Pada tahap ini akan muncul informasi mengenai lokasi terbaru ponsel yang menghilang. Lantas ikuti saja rutenya menuju lokasi ponsel tersebut dengan mengandalkan Google Maps.

  • iSharing 

Pilihan terakhir cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP ialah mengandalkan iSharing. Anda bisa mengunduh iSharing cukup melalui Google Play Store. Mari ikuti langkah penggunaannya di bawah ini.

  • Akses Aplikasi iSharing

Seperti sudah disinggung di atas tadi, cara saja aplikasinya melalui Play Store untuk mengunduhnya. Apabila sudah mengunduhnya pada smartphone, silahkan akses aplikasi iSharing. 

  • Daftar atau Masuk

Langkah berikutnya ialah daftar atau masuk, bisa memakai akun Facebook maupun Google. Silahkan gunakan akun mana saja yang sesuai dengan keperluan Anda. 

  • Klik Menu Find Me

Selanjutnya, akan tampil halaman awal aplikasi iSharing. Temukan menu Find Me dan klik menu Find Me yang tersedia di iSharing.

  • Memasukkan Nomor Ponsel

Lantas, masukkan saja nomor ponsel pada kolom pencarian dan klik Search. Silahkan tunggu sampai muncul lokasi terbaru ponselnya. Lalu, temukan ponsel tersebut sesuai petunjuk lokasinya.

Melacak ponsel yang menghilang menggunakan bantuan aplikasi atau website adalah salah satu kecanggihan teknologi di masa sekarang. Seperti penjelasan beberapa cara melacak HP yang hilang dengan nomor HP dalam artikel ini.

Tinggalkan komentar