Cara Cek Layar Hp Xiaomi

Xiaomi adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang elektronik, salah satu perusahaan yang salah satu produknya sudah ada di indonesia bahkan sudah banyak yang menggunakannya. Kalian pasti tau kan apa produknya? Yaps produknya adalah smartphone. Smartphone merek xiaomi ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang di indonesia bahkan sudah mendunia. Jika kalian ingin membeli smartphone merek xiaomi terutama yang second kalian harus bisa melihat apakah touchscreen hpnya masih berfungsi seperti bagaimana mestinya atau sudah ada kerusakan. Untuk cara cek layar xiaomi kalian hanya perlu mengikuti beberapa cara dibawah ini.

Fungsi touchscreen atau layar pada smartphone sangat krusial. Jika layar smartphone kalian mengalami masalah pada layar maka kalian akan susah untuk menggunakannya. Ada banyak sekali masalah atau gangguan yang ada pada layar smartphone yang kalian harus mengetahuinya.

Ciri Ciri Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Layar Smartphone

Jika kalian hendak membeli sebuah smartphone terutama yang bekas kalian harus jeli dalam menganalisa apakah smartphone yang akan kalian beli mengalami kerusakan atau tidak. Yang terpenting di bagian layar. Kalian harus tahu apa saja ciri ciri layar smartphone kalian mengalami gangguan atau mengalami kerusakan.

Layar Retak

Penyebab layar yang retak ada banyak salah satunya karena smartphone tidak sengaja terjatuh. Layar smartphone yang rek sebenarnya masih bisa digunakan akan tetapi akan mengganggu pandangan jika sedang menggunakannya. Layar retak sendiri hanya bisa di perbaiki dengan cara diganti dengan layar yang baru tentunya dengan tipe hp xiaomi juga.

Terdapat Garis Pada Layar

Smartphone yang mengalami layar bergaris biasanya karena ada komponen yang mengalami masalah garis pada layar ini bisa saja berbentuk horizontal dan juga vertikal, penyebabnya sendiri bisa karena terkena air, jatuh, terlalu panas dan masih banyak lg lainnya.

Adanya Titik hitam Pada Layar

Sama seperti garis pada layar hp, adanya titik hitam pada layar smartphone juga bisa terjadi karena terlalu panas terkena air atau juga bisa karena smartphone yang sudah lama. Titik hitam pada layar sendiri bisa terjadi dibagian mana saja dan bisa melebar jika menggunakannya tidak hati hati.

Layar Tidak Bisa Disentuh

Masalah pada layar selanjutnya adalah layar yang tidak bisa disentuh. Dalam menggunakan smartphone biasanya hanya perlu menyentuhnya ada tetapi jika terjadi masalah smartphone yang tidak merespon ketika disentuh itu tanda tanda adanya kerusakan pada layar baik di bagian tertentu atau keseluruhan layar.

Cara Cek Touchscreen HP Xiaomi

Setelah kalian mengetahui apa saja kerusakan yang bisa terjadi pada layar smartphone kalian juga harus bisa melihat atau cek kerusakan pada layar hp kalian.berikut ini beberapa cara cek layar xiaomi yang bisa kalian lakukan.

Menggunakan Menu Pengaturan

Pada cara yang pertama ini kalian bisa menggunakan menu pengaturan atau setting. Pada salah satu sub menu pengaturan ini kalian bisa mengetahui apakah ada kerusakan pada layar hp xiaomi. Kalian bisa menggunakan cara ini di semua jenis hp xiaomi.

Cara tes layar hp xiaomi mengalami kerusakan atau tidak.

  1. Untuk tes layar hp pertama kalian Buka Hp Xiaomi
  2. Pilih menu Settings/Pengaturan
  3. Untuk cek layar kalian pilih About Phone
  4. Setelah itu klik beberapa kali pada Kernel Version.
  5. Kemudian akan muncul Hardware Test
  6. Jika ingin tes layar hp maka pilih Touch Panel Edge/ Touch Panel Self Test
  7. Kemudian akan muncul kotak kotak untuk menguji sensitif layar.
  8. Kalian hanya perlu menekan dan bergeser pada kotak yang lainnya
  9. Jika ini berhasil maka layar hp baik baik saja .

Menggunakan Tambahan Aplikasi

Cara yang kedua adalah menggunakan tambahan aplikasi. Yaps tambahan aplikasi ini bisa kalian gunakan jika kalian bingung untuk melakukan dengan cara manual atau dengan yang lainnya. Salah satu aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk melihat kerusakan layar hp xiaomi adalah Touchscreen Test, kalian bisa mencarinya di Play Store dan menginstall aplikasinya kemudian buka aplikasinya dan melakukan pengetesan touchscreen, disitu kalian bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai layar smartphone xiaomi dan juga bisa tes layar secara langsung.

Cek Layar Secara Manual

Cara selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah melihat secara langsung. Melihat dan cek layar hp secara langsung bisa jadi opsi yang bisa kalian lakukan akan tetapi kalian harus jeli dalam melihat dan cek layar smartphone. Kalian bisa melihat apakah ada titik hitam di layar atau apakah ada garis berwarna baik vertikal atau horizontal atau juga kalian bisa menyentuh layarnya di semua bagian apakah layar terlalu sensitif atau malah tidak merespon.

Menggunakan Kode Rahasia

Cara yang terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan kode rahasia. Kode yang bisa kalian gunakan adalah *#*#64663#*#* kode ini bisa kalian gunakan untuk melihat hardware hp kalian dalam keadaan baik baik saja atau malah sebaliknya, kalian hanya perlu ketik angka dan simbol tersebut di panggilan setelah itu akan muncul menu menu untuk bisa kalian test termasuk untuk tes layar hp xiaomi kalian. kalian bisa memilih menu Touch Sensor untuk tes sensitif layar smartphone.

Penutup

Kalian bisa menggunakan cara cek layar xiaomi yang mana saja yang menurut kalian mudah untuk digunakan dan juga kalian harus teliti dan jeli untuk melihat apakah layar smartphone kalian ada gangguan (rusak) atau tidak.

Leave a Comment