Cara Melihat Kerusakan Hp Oppo

Telepon pintar atau biasa disebut smartphone sekarang sudah banyak sekali, Mulai dari merek samsung, oppo, xiaomi dan masih banyak lagi lainnya. Di indonesia sendiri smartphone merek oppo salah satu smartphone yang juga banyak digunakan karena harganya yang cukup terjangkau dan juga spesifikasinya yang bagus, meskipun spesifikasi hp yang bagus tidak menutup kemungkinan mengalami kerusakan. Tidak hanya merek oppo saja merek yang lain juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan disini bisa saja terjadi di hardwarenya tau juga di perangkat lunaknya. Untuk itu kalian bisa harus tahu cara cek kerusakan hp oppo sehingga kalian mengetahui kerusakan apa saja yang ada di hp kalian.

Semua elektronik tidak menutup kemungkinan untuk mengalami kerusakan termasuk smartphone. Seperti yang saya utarakan diatas kerusakan bisa saja terjadi pada perangkat kerasnya atau bisa juga pada perangkat lunaknya dan penyebab kerusakannya pun bervariasi mulai dari umur smartphone yang sudah cukup lama, penggunaan yang kurang baik juga bisa membuat smartphone sendiri rusak contohnya saja menggunakan smartphone pada saat sedang di cas, jika hal ini diteruskan maka tidak menutup kemungkinan smartphone akan cepat rusak.

Cara Mengetahui Kerusakan HP OPPO

Untuk cara cek kerusakan hp oppo kalian bisa mengikuti beberapa cara yang akan saya berikan, saya pastikan bagi kalian yang sedang mengalami kerusakan pada hp oppo kalian bisa mengetahuinya dengan cara yang saya berikan. Berikut beberapa cara nya.

Menggunakan Menu Setting

Cara yang pertama yang bisa kalian lakukan untuk melihat dan cek kerusakan pada hp oppo adalah menggunakan menu pengaturan. Pada menu pengaturan ini selain untuk mengatur yang dari segi tampilan, aplikasi dan lainnya juga bisa digunakan untuk melihat kerusakan terutama pada bagian speaker dan juga getar.

Berikut ini cara melihat kerusakan hp oppo dengan menu setting

  • Kalian buka hp oppo kalian
  • Untuk cara cek kerusakan pada speaker kalian klik suara dan getar
  • Setelah itu seret Penggeser Ringer dan Media Volume ke kanan untuk meninggikan suara volume
  • Jika volume sudah dinaikan tetapi suaranya tetap sama dengan sebelumnya maka bisa diindikasikan adanya gangguan
  • Tetapi jika suaranya terus meninggi saat volume ditambah itu tandanya speaker dalam kondisi baik baik saja.

Menggunakan Engineer Mode

Cara yang kedua yang bisa kalian lakukan untuk cek kerusakan hp oppo adalah dengan menggunakan engineer mode. Engineer mode adalah mode untuk menampilkan beberapa indikator pengecekan pada smartphone oppo. Kalian bisa menggunakan cara ini untuk mengecek kerusakan yang terjadi pada smartphone kalian. Kalian hanya perlu ketik *#800# kemudian klik panggil maka akan muncul beberapa indikator pengecekan. Nah disinilah kalian bisa melihat dan mengecek hp oppo kalian.

Cek HP Secara Manual

Cara pengecekan kerusakan selanjutnya adalah dengan melihat secara manual. Untuk cara ini kalian harus benar benar jeli dan teliti dalam melihatnya. Hal hal yang harus diperhatikan bagian bagian mana saja yang harus kalian cek.

  1. Cek pada layar hp kalian apakah ada garis atau titik.
  2. Coba klik pada seluruh bagian layar hp apakah ada yang tidak merespon jika kalian pengguna hp xiaomi kalian bisa cek layar hp kalian di artikel saya sebelumnya.
  3. Cek pada baterai hp apakah mengalami penggelembungan tau tidak.
  4. Coba smartphone kalian di cas apakah bisa atau tidak
  5. Coba kalian buka beberapa aplikasi apakah loadingnya akan melambat atau tetap normal.

Menggunakan Kode

Cara yang selanjutnya untuk mengecek kesehatan hp oppo adalah dengan kode rahasia. kode rahasia ini bisa digunakan untuk mengecek kesehatan baterai dengan menggunakan menu tersembunyi bawaan. kode rahasia yang bisa kalian gunakan adalah *#*#4636#*#* kode ini bisa membuka menu uji coba android tersembunyi. kalian hanya perlu mengetik kode diatas lalu enter untuk menampilkan menu uji coba android, setelah itu kalian tinggal pilih info baterai untuk melihat kesehatan baterai.

Menggunakan Aplikasi Avometer

cara yang terakhir yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan aplikasi avometer. jika kalian masih bingung untuk melihat kesehatan hp oppo terutama pada baterai hp. kalian bisa menggunakan cara ini caranya pun cukup mudah kalian hanya perlu mengunduh aplikasi avometer kemudian kalian setting pada 10 volt lalu kalian tinggal menghubungkan yang positif dengan positif dan yang negatif dengan negatif. pada umumnya baterai hp oppo adalah 3,7 volt jadi ketika melihat atau mengecek baterai menggunakan avometer minimal jarum pada angka 3,7 volt, jika kurang dari itu maka baterai hp kalian bermasalah.

Penutup

Jika kalian ingin membeli hp bekas kalian harus mengetahui cara cek kerusakannya terutama hp oppo, seperti yang saya uraikan diatas, cara cek kerusakan hp oppo bisa kalian lakukan, baik dengan cara manual atau dengan cara yang lain dan yang paling penting adalah kalian harus benar benar jeli dan teliti dalam mengeceknya.

Leave a Comment