Cara Buat Akun dan Syarat SSCASN CPNS 2023

Cara Buat Akun dan Syarat SSCASN CPNS 2023 – Mulai hari ini, sudah bisa mendaftar untuk CASN 2023. Sesuai dengan perubahan jadwal yang baru, pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka pada tanggal 20 September 2023.

Untuk mendaftar, kamu bisa menggunakan situs resmi bernama SSCASN. Situs ini adalah tempat pertama untuk mendaftar menjadi ASN di seluruh instansi, baik di Pusat maupun di Daerah. Informasi ini kami dapatkan dari laman FAQ Badan Kepegawaian Negara.

Pendaftaran CPNS 2023 dilakukan secara online melalui SSCN, singkatan dari Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. Situs ini dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional. Untuk info lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi https://sscasn.bkn.go.id.

Cara Buat Akun dan Syarat SSCASN CPNS 2023
Cara Buat Akun dan Syarat SSCASN CPNS 2023

Apa itu ASN?

ASN adalah singkatan dari Aparatur Sipil Negara. ASN adalah kelompok pegawai atau aparatur yang bekerja untuk pemerintah dalam berbagai tingkatan administrasi, baik di tingkat pusat maupun daerah. Mereka bekerja di berbagai instansi pemerintah, termasuk kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah daerah, serta badan-badan pemerintah lainnya.

ASN memiliki peran penting dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan memberikan layanan publik kepada masyarakat. Mereka melibatkan diri dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, administrasi, keamanan, perencanaan, dan banyak lagi. ASN biasanya direkrut melalui proses seleksi seperti CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan harus memenuhi persyaratan serta standar tertentu untuk dapat bekerja dalam sektor pemerintah.

ASN memiliki tanggung jawab dalam menjaga keberlanjutan pelayanan publik, menciptakan kebijakan, menjalankan program pemerintah, dan menjaga ketertiban serta keamanan negara. Mereka berperan dalam menciptakan dan menjaga tata kelola pemerintahan yang baik serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Manfaat yang didapatkan ketika menjadi ASN

Menjadi seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) memiliki berbagai manfaat, baik bagi individu maupun masyarakat secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat menjadi ASN:

  1. Pekerjaan Stabil: ASN biasanya memiliki pekerjaan yang relatif stabil dan aman, dengan jaminan keamanan pekerjaan, gaji tetap, serta tunjangan dan manfaat lainnya. Hal ini memberikan keamanan finansial kepada individu dan keluarganya.
  2. Jaminan Kesehatan: ASN biasanya mendapatkan jaminan kesehatan melalui program asuransi kesehatan pemerintah. Ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan tanpa harus khawatir tentang biaya medis yang tinggi.
  3. Pengembangan Karier: ASN memiliki peluang untuk mengembangkan karier mereka di dalam pemerintah. Mereka dapat naik jabatan, mendapatkan promosi, dan meningkatkan kualifikasi mereka melalui pelatihan dan pendidikan yang disediakan oleh pemerintah.
  4. Pensiun dan Manfaat Purna Kerja: ASN memiliki program pensiun yang memberikan manfaat purna kerja setelah masa kerja yang cukup lama. Ini membantu mereka untuk menjalani masa pensiun dengan lebih baik secara finansial.
  5. Kontribusi pada Pembangunan Negara: Sebagai bagian dari pemerintah, ASN memiliki peran kunci dalam pembangunan dan pelayanan publik. Mereka berkontribusi dalam penyusunan kebijakan, menjalankan program-program pemerintah, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  6. Pengabdian Masyarakat: Menjadi ASN memberikan kesempatan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat dan negara. ASN dapat berperan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menangani isu-isu sosial, dan menjalankan tugas-tugas pemerintah yang esensial.

Namun, penting untuk diingat bahwa menjadi ASN juga membawa tanggung jawab yang besar, seperti menjalankan tugas-tugas pemerintahan dengan integritas, objektivitas, dan profesionalisme.

Cara Mendaftar Akun SSCASN 2023

  1. Buka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Daftar untuk membuat akun SSCASN.
  3. Isi data dirimu dengan benar: Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nomor HP, dan email aktif.
  4. Klik ‘Lanjutkan’.
  5. Klik ‘Proses Pendaftaran Akun’.
  6. Konfirmasi proses pendaftaran akun dengan mengklik ‘Iya’.
  7. Situs akan menampilkan pesan bahwa pendaftaran telah selesai dan memberikan opsi untuk mencetak informasi pendaftaran.
  8. Lanjutkan untuk login ke akun pendaftaran.
  9. Situs akan mengarahkanmu ke halaman utama portal SSCASN yang digunakan untuk seleksi CASN.

Ingin Login ke Akun SSCASN?

  1. Langsung login ke akun SSCASN yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.
  2. Isi data dirimu sesuai permintaan dan unggah foto swa.
  3. Klik tombol selanjutnya.

Untuk Pilih Seleksi dan Formasi CPNS:

  1. Setelah berhasil login ke akun SSCASN, klik opsi ‘CPNS’.
  2. Pilih formasi yang kamu inginkan dan cek syarat lulusan atau tingkat pendidikan yang diperlukan.

Saatnya Masukkan Dokumen:

  1. Siapkan semua dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan masing-masing instansi yang kamu tuju.
  2. Unggah dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan ukuran dan format yang telah ditentukan.

Setelah itu, Cetak Kartu:

  1. Periksa kembali resume pendaftaran kamu.
  2. Akhiri proses pendaftaran.
  3. Selanjutnya, cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun.

Ini Dia Persyaratan Pendaftaran CPNS 2023

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat kamu melamar.
  2. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah final.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari jabatan PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak hormat dari pekerjaan swasta.
  4. Tidak sedang menjadi calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Tidak aktif dalam partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
  6. Memenuhi persyaratan pendidikan yang dibutuhkan sesuai dengan jabatan yang kamu lamar.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang kamu lamar.
  8. Bersedia ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia atau negara lain yang ditetapkan oleh Instansi Pemerintah.
  9. Ada persyaratan khusus lain sesuai dengan jabatan yang ditetapkan oleh PPK (Panitia Pengadaan Kepegawaian).

Ini Dia Syarat Dokumen CPNS 2023

Sebelum mendaftar seleksi CPNS 2023, ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan:

  1. Fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Fotokopi Akta Kelahiran.
  4. Pas foto.
  5. Surat pernyataan penempatan di mana pun.
  6. Curriculum Vitae (CV).

Kesimpulan

Kesimpulannya, untuk mendaftar seleksi CPNS 2023, kamu perlu memenuhi syarat-syarat umum seperti usia, latar belakang hukum, dan kualifikasi pendidikan yang ditentukan. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti ijazah, KTP, akta kelahiran, pas foto, surat pernyataan penempatan, dan CV. Pastikan kamu memahami dan memenuhi semua persyaratan ini sebelum mengikuti proses pendaftaran CPNS.

FAQ

  1. Kapan pendaftaran CPNS 2023 dibuka?

    Pendaftaran CPNS 2023 dijadwalkan dibuka pada tanggal 20 September 2023.

  2. Bagaimana cara mendaftar sebagai CPNS 2023?

    Kamu bisa mendaftar secara online melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCN). Kunjungi situs resmi SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id) untuk memulai proses pendaftaran.

  3. Apa persyaratan umum untuk mendaftar sebagai CPNS?

    Persyaratan umum termasuk usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, tidak memiliki catatan pidana, tidak pernah diberhentikan tidak hormat dari pekerjaan tertentu, pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dilamar, kesehatan jasmani dan rohani yang sesuai, dan bersedia ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia.

  4. Apa dokumen yang perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS?

    Dokumen yang umumnya diperlukan termasuk fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Akta Kelahiran, pas foto, surat pernyataan penempatan, dan Curriculum Vitae (CV).

Tinggalkan komentar