Beberapa Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks di Smartphone

Beberapa Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks di SmartphoneTerdapat beberapa aplikasi pengubah suara menjadi teks yang bisa diunduh bebas melalui Android maupun smartphone. App ini akan sangat berperan penting dalam beberapa kebutuhan, contohnya ketika jurnalis mewawancarai narasumber, berita lebih akurat.

Karena terkadang dengan beberapa faktor penyebab, jurnalis tidak bisa menuliskan jawaban narasumber ke bentuk teks dengan cepat. Adanya distraksi dan berbagai hal yang mengharuskan jurnalis bergerak cepat menjadi beberapa alasan atas kesulitan tersebut.

Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks di Smartphone

Aplikasi Google Keyboard atau Gboard

Untungnya, sekarang ada aplikasi pengubah suara menjadi teks yang salah satunya dipersembahkan oleh Google, yakni Google Keyboard. Keuntungan menggunakan Google Keyboard ini adalah terdapat sebanyak 60 bahasa bisa dialihkan menjadi teks.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah karena Anda hanya membutuhkan smartphone iOS atau Android saja. Selain itu, dalam penggunaannya juga sangat mudah, yakni cukup dengan menekan tombol mikrofon di depan narasumber saja.

Secara otomatis pembicaraan akan terekam dengan baik dan app akan melakukan alih suara menjadi teks dengan cepat. Google Keyboard kerap disingkat juga menjadi Gboard dan untuk support iOS, bisa digunakan apabila iOS sudah kategori iOS 9 ke atas.

Berbeda halnya dengan kepentingan jurnalis dalam menggunakan aplikasi pengubah suara menjadi teks, tidak mungkin ada tanda baca. Karena saat ingin menerapkan tanda baca, suara harus mengucapkannya dalam kata-kata.

Misal, ingin menyematkan tanda titik pada akhir kalimat, maka pembicara secara langsung harus berkata, “titik”, demikian juga dengan sematan tanda baca lainnya. Jika bukan kepentingan wawancara, tentu penggunaan tanda baca ini bisa diterapkan dengan mudah.

Live Transcribe Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks yang Dilengkapi AI

Live Transcribe termasuk salah satu rekomendasi app yang mendukung perubahan rekaman menjadi naskah. Kelengkapan AI dalam Live Transcribe ini membuat kerja app menjadi lebih cepat dan tepat sehingga bisa digunakan dalam situasi serba darurat.

Uniknya, ketika menggunakan aplikasi pengubah suara menjadi teks ini, Anda tidak perlu menekan tombol apapun. Secara otomatis app akan merekam berbagai bunyi yang bisa dialihbahasakan dan lebih menariknya lagi tersedia fitur membenarkan ejaan.

Ketika suara yang terdengar mengundah typo maka app secara otomatis akan memperbaiki typo tersebut. Namun, ini mesti diperhatikan kembali apakah hasil rekaman sudah tepat atau masih ada beberapa bagian yang diperbaiki sendiri karena suara kurang jelas.

Jika ingin mencari aplikasinya, datangi Play Store atau App Store kemudian cari Live Transcribe & Sound Notification. Pilih bahasa yang akan digunakan selama mengoperasikan aplikasi, contohnya bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau berbagai pilihan lainnya.

Secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman dengan gambar mikrofon besar di tengah-tengah. Rekam suara pada aplikasi pengubah suara menjadi teks kemudian tunggu sampai rekaman tersebut dialihkan menjadi bentuk teks dan pastikan tidak ada distraksi.

Aplikasi Lokal Notulite Pengubah Suara Menjadi Teks

Notulite masuk ke dalam rekomendasi berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah file suara menjadi teks. Fakta mengejutkan bahwa Notulite adalah app lokal yang mendukung koreksi suara sehingga menghindari typo seminim mungkin.

Lebih unik lagi, Notulite bisa mengenali karakteristik setiap suara sehingga dalam penerjemahannya akan dibedakan berdasarkan sumber suara. Penting untuk memperhatikan jalannya rekaman agar tidak terjadi salah tangkap suara.

Keuntungan menggunakan Notulite adalah Anda bisa mengedit kalimat maupun kata meskipun aplikasi pengubah suara menjadi teks sedang berjalan. Ini artinya typo bisa dihindari secara berlapis sehingga kerja profesi seperti jurnalis bisa lebih cepat dan tepat.

Karena aplikasinya merupakan buatan anak bangsa atau produk lokal maka kepekaan terhadap bahasa Indonesia sangat tinggi. Untuk kepentingan laporan, seperti riset karya ilmiah, laporan kerja, dan sebagainya bisa mengandalkan Notulite sebagai solusi utama.

Otter untuk iOS dan Android

Otter masuk daftar berikutnya yang memudahkan para pengguna mengubah suara menjadi narasi. Cukup dengan satu tombol, Otter bisa mentranskripsikan suara menjadi teks sehingga membantu banyak pengguna saat kondisi genting tidak sempat menulis.

Serunya, Otter ini sudah dilengkapi dengan fitur stabilo atau fitur yang inisiatif menandai kata kunci dalam pembicaraan. Dari mana kata kunci bisa didapatkan? Seperti kerja SEO, aplikasi pengubah suara menjadi teks ini akan mengamati kata yang sering muncul.

Nantinya hasil rekaman akan dibentuk dalam format TXT, PDF, dan SRT yang secara mudah bisa dibagikan ke berbagai aplikasi lain. Jika dilihat ratingnya pada Play Store, dari 5, app ini menempati rating 3,5 yang artinya cukup bagus dan memuaskan untuk dicoba.

Dalam beberapa situasi, Otter bisa membantu banyak pengguna yang butuh cepat mentranskripsikan suara menjadi teks. Karena bisa digunakan melalui smartphone maka sangat ringkas dan mudah sekali dioperasikan, apalagi untuk berbagai kebutuhan darurat.

Speech to Text Converter by Nazmain

Speech to Text Converter by Nazmain Apps melengkapi daftar app berikutnya yang bisa menerjemahkan banyak bahasa. Dengan aplikasi pengubah suara menjadi teks Speech to Text Converter by Nazmain Apps, rekaman suara dengan cepat bisa dialihkan menjadi teks.

Hasil rekaman bisa dibuat ke dalam berbagai format dan dikirimkan langsung ke berbagai aplikasi di handphone. Terkadang kendala mengubah suara ke bentuk teks adalah ketidakjelasan pengucapan sebuah kata atau mungkin bahkan lebih dari satu kata.

Namun, dengan menggunakan Speech to Text Converter by Nazmain Apps, Anda tidak perlu khawatir karena hal itu akan tertulis dengan baik. Tapi, tentunya karena ini adalah kerja alat maka sebaiknya perhatikan kembali hasil tulisan Speech to Text Converter by Nazmain Apps.

Pastikan dua kali bahwa aplikasi pengubah suara menjadi teks ini tidak keliru menuliskan kata-kata yang diucapkan. Setelah yakin hasilnya tepat maka Anda bisa dengan tenang mengirimkan hasil rekaman ke WhatsApp, email, dan berbagai app yang dibutuhkan.

Dari rating 5, di Play Store, Speech to Text Converter by Nazmain Apps ini menempati rating 4,2. Ini artinya banyak pengguna merasa puas dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Anda bisa menjadi salah satunya jika memiliki kepentingan alih suara ke teks.

Aplikasi Speechtexter di Play Store

Terakhir ada Speechtexter yang juga berguna untuk mengubah suara ke teks dan bahkan tersedia sebanyak 70 bahasa bisa diterjemahkan di sini. Di dalamnya tersedia fitur Commands, di mana dengan fitur ini Anda bisa menggunakan tanda baca saat merekam.

Cukup dengan ponsel, aplikasi pengubah suara menjadi teks Speechtexter bisa mengedit dan menyimpan rekaman dengan baik. Dikabarkan banyak pengguna memanfaatkan app satu ini karena untuk menggunakannya cukup mudah dan praktis.

Untuk rating, dari angka 5, Speechtexter diberikan nilai 4,0 di Play Store. Angka yang cukup bagus dan menandakan tingkat kepuasan pengguna memanfaatkan Speechtexter. Anda bisa membuktikan seberapa bagus dan dapat diandalkannya app ini dari handphone.

Dari sekian banyak app yang kami sebutkan, mana yang sekiranya paling mudah dan menjanjikan? Anda dapat memilih salah satu dari sekian aplikasi pengubah suara menjadi teks di atas untuk mendukung pekerjaan maupun berbagai hal penting lainnya.

Tinggalkan komentar