Rekomendasi Aplikasi Pengukur Jarak Gratis Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Pengukur Jarak Gratis Terbaik Aplikasi pengukur jarak merupakan aplikasi yang memudahkan manusia untuk mengukur jarak dari satu titik ke titik lain. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak lagi memerlukan meteran atau alat untuk mengukur jarak.

Perkembangan teknologi memang sangat bermanfaat bagi manusia di berbagai bidang. Berkat teknologi terbaru membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah sehingga dalam proses pengerjaan akan jauh lebih cepat. Teknologi juga memiliki bentuk beraneka ragam menyesuaikan perkembangan zaman.

Seperti perkembangan teknologi yang diciptakan oleh raksasa teknologi Google yaitu Play Store. Google Play Store menyediakan banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh pengguna smartphone ada yang gratis dan berbayar. Aplikasi yang tersedia juga lengkap meliputi hiburan, game, keuangan dan aplikasi lain yang memiliki yang memiliki banyak manfaat.

Seperti aplikasi pengukur jarak yang bermanfaat untuk mengukur dari satu titik ke titik lain hanya menggunakan smartphone. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi augmented reality yang merupakan teknologi yang mana mampu menggabungkan dunia digital dua atau tiga dimensi masuk ke dalam lingkungan nyata yang kemudian memunculkan secara real time.

Teknologi ini sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti dalam aplikasi media sosial, game, medis, pendidikan dan lain sebagainya. Salah satu contoh game yang menggunakan teknologi ini yaitu Pokemon Go.

Rekomendasi Aplikasi Pengukur Jarak

Dalam artikel ini akan membahas tentang aplikasi pengukur jarak gratis terbaik yang bisa kamu gunakan. Dengan aplikasi yang disebutkan di bawah ini, kamu bisa mengukur jarak dengan mudah tanpa memerlukan penggaris atau meteran. Berikut rekomendasi aplikasi pengukur jarak yang diantaranya:

1. AndMeasure (Area dan Distance)

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan yaitu AndMeasure yang bisa diunduh di Play Store Google secara gratis. Jika dilihat dari Play Store, aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 500 ribu pengguna Hp android.

Walaupun ukuran aplikasi terbilang kecil yaitu hanya 1,5 MB akan tetapi sangat berguna untuk menghitung jarak. Aplikasi pengukur jarak akurat ini bisa dipasang di Hp yang menggunakan sistem operasi android mulai dari 4.4 ke atas.

Selain itu, pada aplikasi juga tersedia fitur recreational yang berguna untuk melakukan berbagai hal. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin mengukur sesuatu dengan mudah tanpa menggunakan pengukur.

2. Auto Distance

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu gunakan sebagai alat ukur yaitu Auto Distance. Ukuran file apk hanya 4,3 MB yang bisa kamu unduh langsung melalui Play Store Google. Aplikasi ini sudah ada di Play Store sejak tahun 2023 dan sudah digunakan oleh 1 juta pengguna lebih.

Syarat untuk menginstal aplikasi yaitu smartphone harus memiliki sistem operasi android di atas 4.1. Menurut berbagai sumber, aplikasi ini cukup bagus digunakan sebagai alat pengukur digital. Aplikasi ini memanfaatkan ketinggian lensa kamera serta tilt angle untuk menghitung.

3. Distance Meter

Distance meter hanya berukuran 2,9 MB sehingga tidak terlalu membebani penyimpanan memori telepon. Kamu bisa mengunduh aplikasi di Play Store secara gratis dimana aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 1 juta pengguna.

Untuk menginstal aplikasi ini membutuhkan sistem operasi android versi 4.0. Cara kerja aplikasi menggunakan sensor yang berguna untuk mengukur suatu objek yang diinginkan.

Jika ingin mengukur objek, maka arahkan kamera ke objek tersebut. Distance Meter juga bisa digunakan untuk mengukur ketinggian dengan cara mengarahkan kamera pada posisi atas ke bawah objek tersebut.

4. EasyMesure

EasyMesure – Camera Ruler juga bisa digunakan untuk melakukan pengukuran objek. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Caramba Apps yang bisa dipakai secara gratis yang tersedia di Play Store Google.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna yang file aplikasi berukuran 8,15 MB. Untuk menginstal aplikasi ini membutuhkan smartphone yang memiliki sistem operasi android versi 5.0 atau Lolipop.

EasyMesure terakhir di update pada tanggal 23 Januari 2023 dan membuktikan bahwa developer terus melakukan pembaharuan pada aplikasi. Aplikasi ini cukup akurat untuk mengukur objek yang diinginkan.

5. ImageMeter

ImageMeter – Photo Measure merupakan aplikasi yang dibuat oleh developer Dirk Farin yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini dibanderol dengan harga Rp 42.000 yang bisa kamu gunakan untuk mengukur objek dengan mudah hanya menggunakan smartphone.

Akurasi dari aplikasi ini bisa dikatakan cukup akurat dan merupakan salah satu aplikasi pengukur jarak terlengkap dan mudah. Kemudian yang menarik dari aplikasi ini yaitu bisa digunakan untuk mengukur objek tanpa batasan jarak.

File instalasi ImageMeter hanya berukuran 12 MB yang bisa digunakan pada Hp yang memiliki sistem android. Image Meter ini merupakan salah satu aplikasi pengukur jarak terbaik yang bisa kamu coba.

6. Map Ruler

Map Ruler juga merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengukur suatu objek seperti area lapangan, berjalan, trekking dan masih banyak lagi. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan bisa kamu gunakan secara gratis.

Aplikasi ini hanya berukuran 3,4 MB yang sudah diunduh lebih dari 500 juta pengguna smartphone jika di lihat di Play Store. Selain itu, aplikasi ini juga mendapatkan rating yang bagus yaitu 4,6 dari 6 ribu pengguna. Namun untuk menginstal Map Ruler membutuhkan smartphone yang memiliki sistem android 8.0 ke atas.

7. Smart Distance

Aplikasi selanjutnya yaitu Smart Distance yang juga merupakan aplikasi gratisan yang tersedia di Play Store. Smart Measure merupakan salah satu aplikasi yang populer dibuktikan dengan jumlah pengguna yang melebihi 5 juta orang yang memiliki ukuran 4,17 MB.

Namun aplikasi pengukur jarak ini memiliki kekurangan dimana hanya mampu mengukur objek dengan jarak maksimal hanya 50 meter. Jadi bagi kamu yang ingin mengukur suatu objek dengan jarak lebih dari batas maksimal Smart Measure tidak disarankan menggunakan aplikasi ini.

Demikian rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengukur jarak suatu objek tanpa memerlukan alat pengukur atau meteran. Dengan menggunakan aplikasi, tentu akan memudahkan orang melakukan pengukuran.

Hasil dari pengukuran disajikan langsung dalam aplikasi tanpa harus melihat melalui alat pengukur. Jadi kamu akan lebih mudah dalam melakukan pengukuran objek. Hal itu tentu sesuai dengan tujuan dari kemajuan teknologi.

Teknologi diciptakan oleh manusia untuk membantu pekerjaan manusia. Sehingga dengan adanya teknologi maka akan membuat pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan waktu dan tenaga lebih besar, kini akan jauh lebih cepat dan mudah.

Perkembangan teknologi pun terus mengalami perkembangan pesat dan selalu ditemukan inovasi baru. Inovasi baru tersebut akan menggantikan teknologi yang sebelumnya karena penemuan baru jauh lebih baik.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa aplikasi pengukur jarak sangat bermanfaat bagi manusia. Kini hanya menggunakan perangkat smartphone sudah bisa digunakan untuk mengukur objek yang diinginkan.

 

Tinggalkan komentar