10 Aplikasi Pengelolaan Password agar Smartphone Lebih Aman

10 Aplikasi Pengelolaan Password agar Smartphone Lebih Aman Meningkatnya penggunaan internet dan perangkat digital membuat penggunaan aplikasi pengelolaan password semakin penting dalam menjaga keamanan akun dan data online. Hal ini karena password harus dikelola agar tidak bocor ke pihak tidak bertanggung jawab.

Pasalnya, saat ini sangat marak kasus pembobolan password yang berujung pada pembobolan data-data penting, terutama data keuangan. Tetapi dengan banyaknya akun yang dimiliki, seringkali sulit untuk mengingat password berbeda-beda pada setiap layanan.

Oleh karena itu, penggunaan aplikasi pengelolaan password menjadi semakin populer untuk membantu menyimpan serta mengelola password pengguna. Hal ini karena terdapat berbagai fitur berguna seperti pengingat kata sandi, autofill, dan lain sebagainya.

Bahkan, beberapa di antaranya menawarkan sistem keamanan kuat dengan fitur pengawasan keamanan sekaligus manajemen data sensitif milik pengguna. Sehingga, penggunaan app ini sangat membantu dalam mengurangi risiko keamanan akun dan data online kamu di internet.

10 Rekomendasi Aplikasi Pengelolaan Password agar Smartphone Lebih Aman

Seiring banyaknya app untuk mengelola kata kunci bermunculan, maka kamu harus bijak dalam memilih aplikasi mana yang paling baik. Setidaknya, ada beberapa faktor penting untuk diperhatikan saat memilih aplikasi khusus untuk kata kunci.

Di antaranya seperti fitur keamanan, fitur autentikasi dua faktor, layanan enkripsi jelas, kemudahan penggunaan, hingga kompatibilitas. Pastikan app tersebut kompatibel dengan perangkat dan sistem operasi pada smartphone kamu.

Selain itu, beberapa app tertentu juga menawarkan layanan berbayar bagi penggunanya agar bisa mengakses fitur pro. Jadi, pilihlah app gratis atau berbayar sesuai anggaran maupun kebutuhan, jangan memaksakan diri menggunakan app pro jika yang gratis saja sudah cukup.

Berdasarkan berbagai kriteria tersebut, saatnya menentukan mana aplikasi pengelolaan password pilihan kamu. Sebagai panduan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi app manajemen kata kunci yang bisa dijadikan pilihan:

  1. LastPass

Aplikasi password manager pertama adalah LastPass, salah satu keunggulannya yaitu terdapat kebijakan zero knowledge. Maksud dari kebijakan ini yaitu hanya kamu saja selaku pemilik yang bisa mengakses ruang untuk menyimpan kata sandi.

Sebagai jaminan lapisan keamanan ekstra, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur autentikasi ganda serta login biometrik menggunakan sidik jari serta face ID. Dengan metode enkripsi kuat, kamu bisa memakainya untuk audit keamanan serta melakukan integrasi ke browser.

  1. 1Password

Meski terlihat sederhana, 1Password adalah aplikasi pengelolaan password dengan performa efektif. 1Password menawarkan penyimpanan kata sandi yang aman dan mudah diakses, serta autofill yang akurat dan dukungan untuk digunakan di berbagai OS.

Selain itu, terdapat fasilitas ruang penyimpanan aman dengan kapasitas sebesar 1 GB untuk setiap penggunanya. Terdapat pula ruang penyimpanan password dalam bentuk multiple vaults, sehingga bisa digunakan untuk mengelompokkan data secara aman.

  1. KeePass

Berikutnya adalah KeePass, aplikasi pengelolaan password berbasis open source alias tersedia secara gratis. KeePass menawarkan penyimpanan kata sandi secara aman dengan segudang fitur yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan para penggunanya.

Apalagi, sudah terdapat dukungan untuk enkripsi AES, SHA-256, serta Twofish sebagai layanan pemberian lapisan proteksi gana berkeamanan tinggi. Enkripsi tersebut bersifat menyeluruh terhadap seluruh database, termasuk usernama, password, dan detail lainnya.

  1. Bitwarden

Apabila kamu tertarik dengan fitur sharing kata sandi, maka Bitwarden bisa menjadi opsi. Hal ini karena Bitwarden sudah dilengkapi dengan fitur unlimited password sharing bersama satu pengguna lain, serta tidak ada batasan perangkan tersambung.

Apalagi, tidak ada batasan untuk berapa banyak jumlah password yang akan disimpan di aplikasi pengelolaan password ini.  Kamu juga bisa login menggunakan data biometrik, misalnya seperti Face ID pada iPhone ataupun sidik jari pada Android.

  1. RoboForm

RoboForm adalah salah satu app manajemen kata kunci yang populer karena menawarkan berbagai fitur premium dengan harga relatif terjangkau. Kamu juga bisa menggunakannya di berbagai perangkat berbeda mulai dari Android, iOS, Windows, hingga Mac.

Selain fitur-fitur standar, terdapat pula layananan sinkronisasi dengan autentikasi ganda dua faktor seperti Google Authenticator. Jika bingung memilih kata sandi, maka kamu bisa memanfaatkan fitur password generator, dan mengevaluasinya di security center.

  1. Blur

Blur adalah aplikasi pengelolaan password yang mengutamakan privasi serta keamanan penggunanya. Hal ini karena Blur mampu menyimpan data kata sandi penggunanya dengan aman melalui fitur anonimisasi untuk mencegah spam serta pelacakan online.

Apalagi, terdapat fitur penggunaan sekali pakai (one-time-use) bagi para pengguna kartu kredit ketika berbelanja secara online. Kamu juga bisa menggunakan alamat email berbeda untuk setiap layanan, sekaligus menutupi nomor telepon dengan nomor lain secara anonim.

  1. Enpass

Hampir seluruh sistem operasi besar bisa diintergrasikan dengan Enpass, mulai dari Android, iOS, Mac, Windows, Linux, hingga ChromeOS. Terdapat pula versi gratis bagi kamu jika tidak ingin mengakses layanan pro secara berbayar, dengan batas maksimal 25 kata sandi.

Meskipun demikian, batas 25 kata sandi sudah sangat cukup untuk mengelola keamanan akun jika kamu bukan tipe orang yang banyak menggunakan layanan online. Dengan sistem penyimpanan informasi secara lokal, maka keamanan data sepenuhnya bisa terkendali.

  1. Sticky Password

Sticky Password adalah aplikasi pengelolaan password yang mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap sekaligus unik. Hal ini karena selain penyimpanan online, kamu bisa memakai layanan versi portable khusus Windows yang bisa disimpan di dalam flashdisk.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakannya dengan penyimpanan offline untuk akses yang lebih mudah dan sederhana. Sama seperti app lainnya, Sticky Password ini juga sudah dilengkapi oleh fitur autofill form untuk memudahkan proses pengisian kata sandi.

  1. NordPass

Selanjutnya adalah Nordpass, aplikasi pengelolaan password secara digital untuk menyimpan sekaligus mengelola berbagai akun sekaligus. Menggunakan Nodpass, proses login akan menjadi lebih mudah dan cepat karena menggunakan metode praktis.

Metode yang digunakan adalah Zero Knowledge dan XChaCha20, cukup berbeda dengan jenis password manager pada umumnya. Meskipun demikian, metode ini dianggap lebih aman, mudah diterapkan, serta sudah digunakan oleh berbagai perusahaan besar sekelas Google.

  1. Keeper

Terakhir, ada Keeper yang menyediakan layanan lengkap untuk menjamin keamanan tingkat tinggi. Meskipun hanya tersedia dalam bentuk berbayar, namun kamu bisa menyimpan kata sandi serta melakukan sinkronisasi secara tak terbatas.

Keeper menggunakan AES 256 bit, protokol Zero Knowledge, MFA, serta aplikasi bertukar pesan bernama KeeperChat yang terjamin keamanannya. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempermudah penyimpanan kata sandi di berbagai akun.

Sebaiknya, hindari menggunakan satu kata sandi serupa untuk seluruh akun online yang kamu gunakan, sebab risikonya lebih besar. Sebagai solusi agar tidak mudah lupa, maka kamu bisa menggunakan app manajemen kata sandi seperti 10 rekomendasi aplikasi di atas.

Apapun pilihan aplikasinya, pastikan untuk mempertimbangkan faktor keamanan, kemudahan penggunaan, kompatibilitas, hingga fiturnya. Tapi secara keseluruhan, aplikasi pengelolaan password adalah solusi praktis dan efektif untuk menjaga keamanan akun.

Tinggalkan komentar