9 Cara Menjadi Fotografer Profesional Bagi Pemula

9 Cara Menjadi Fotografer Profesional Bagi Pemula Siapa yang tidak mengenal fotografer karena banyak orang yang ingin mengabadikan momennya dengan sebuah foto, fotografer-lah yang biasanya memberikan jasa fotonya untuk mengabadikan momen berharga di hidup kita.

Cara Menjadi Fotografer Sebenarnya cara menjadi fotografer tidaklah sulit kamu bahkan bisa belajarnya secara otodidak loh. Nah simak rangkuman di bawah ini agar kamu bisa menjadi seorang fotografer yang profesional.

Cara Untuk Menjadi Fotografer Profesional Bagi Pemula

1. Tentukan Niat dan Tujuanmu

Cara Menjadi Fotografer , Sebelum kamu belajar mengenai cara menjadi fotografer kamu harus menentukan apa niat dan tujuanmu. Jika dari awal kamu memang sudah niat menjadi fotografer yang andal maka ke depannya kamu akan giat belajar dari kesalahan yang kamu buat.

Dengan begitu kamu akan fokus dengan tujuan kamu dan kamu juga bisa mewujudkan beberapa langkah-langkah berikutnya. Jadi tidak masalah kalau kamu masih seorang amatir yang berkeinginan menjadi fotografer profesional.

2. Cari Tahu Keahlian Kamu

Cara Menjadi Fotografer Dalam dunia fotografi kamu bisa melakukan berbagai jenis pembagian gambar, objek, pemandangan dan lainnya. Kamu bisa mengenali keahlianmu di bidang mana yang kamu sukai. Misalnya kamu menyukai pengambilan gambar pemandangan dan sebagainya.

Cara Menjadi Fotografer Kamu bisa mengembangkan keahlian kamu ini dengan belajar fotografi di sekolah atau secara otodidak di rumah dengan membaca buku-buku mengenai pengalaman fotografi orang lain.

3. Memiliki Kamera dan Alat-Alat Foto

Cara Menjadi Fotografer Profesional, Salah satu cara menjadi fotografer yang harus kamu lakukan adalah memiliki kamera dan alat-alat yang dibutuhkan lainnya sesuai dengan kebutuhan pemotretan kamu.

Cara Menjadi Fotografer, Kamu bisa memulai dengan membeli kamera dan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam proses fotografer seperti flash dan lensa. Kamu tidak perlu membeli perlengkapan yang mahal, kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki saat ini.

4. Kenali Kamera yang Kamu Miliki

Cara Menjadi Fotografer Profesional, Sebelum memotret alangkah lebih baiknya kamu harus betul-betul paham mengenai kameramu. Mulai dari pengaturan dan kegunaan dari tombol-tombol yang ada. Sehingga dalam penggunaannya kamu tidak akan gaptek.

5. Tahu Teknik Dasar Fotografi

Cara Menjadi Fotografer Profesional, Lebih baik saat kamu ingin belajar menjadi fotografer, kamu bisa mempelajari dari teknik-teknik dasar fotografer seperti komposisi dan pencahayaan.

Cara Menjadi Fotografer Kamu juga bisa mempelajari beberapa teknik pengambilan foto dengan beberapa kamera. Berikut kami jelaskan tutorial penggunaan kamera DSLR, yaitu:

  • Ambil kamera dan aktifkan mode manual dengan memutar tombol mode hingga menunjuk ke huruf M.
  • Kemudian arahkan kamera kamu dengan baik dan benar ke objek yang memiliki jumlah cahaya yang cukup. Jauhkan kamera dari permukaan yang tidak stabil agar komposisi kamu tidak berubah.
  • Pastikan pengaturan kamera kamu dalam keadaan shutter speed agar dalam pemotretan baik. Pastikan shutter speed kamu lebih tinggi dari length focal kamu, hal ini guna mengurangi goyangan saat pemotretan.
  • Atur ukuran kepekaan sensor digital terhadap pencahayaan dengan ISO. Hal ini bertujuan untuk mencegah motion blur yang akan muncul pada hasil jepretan kamu. Kamu bisa meningkatkan ISO kamu ke 1.600, 3.200, hingga 6.400.
  • Saat pemotretan pilihlah lokasi dengan pencahayaan yang bagus. Kamu juga harus bisa mengatur waktu seefisien mungkin.
  • Pastikan saat memotret kurangi guncangan agar hasil jepretan baik dan tidak blur. Gunakan kedua tangan untuk memegang kamera.
  • Langkah terakhir kamu bisa memilih objek secara kreatif sehingga hasil jepretan tidak selalu monoton.

Jika kamu tidak memiliki kamera dan hanya memiliki ponsel kamu juga bisa berlatih dengan kamera ponsel kamu. Berikut cara ambil foto dengan iPhone dengan hasil yang bagus:

  • Kamu bisa membuat aplikasi kamera dari layar utama, pusat kontrol, dan layar kunci.
  • Kamu bisa memilih objek yang dituju dan tekan tombol rana.
  • Kemudian kamu bisa menggunakan fitur live photo, mode potret, filter kamera, dan masih banyak lagi untuk pengambilan foto pada pengguna iPhone.
  • Kamu juga bisa menggunakan lampu kilat untuk memberikan tambahan efek cahaya saat kamu butuhkan.
  • Kamu bisa menggunakan fitur live photo untuk mengabadikan momen yang sedang berlangsung disertai gerakan dan suara.
  • Kamu juga bisa menggunakan timer dengan meletakkan ponsel ke tempat yang stabil.
  • Jika kamu ingin selfie, kamu bisa menggunakan kamera depan dan ketuk tombol kamera untuk menjepret foto.
  • Kamu juga bisa menggunakan fitur foto beruntun jika subjek yang difoto tidak bisa diam. Dengan cara in kamu kana menghasilkan beberapa foto sekaligus dengan satu kali pencet.
  • Kamu juga bisa zoom objek foto jarak jauh dengan mengetuk layar satu kali hingga sepuluh kali.
  • Jika sudah selesai mengambil foto, kamu bisa mengedit dengan menambahkan beberapa filter dan penyesuaian lainya seperti saturasi, pencahayaan, intensitas, ketebalan dan lainnya yang tersedia pada pengaturan foto.

6. Sering Mengambil Gambar Dengan Kamera

Cara Menjadi Fotografer Profesional, Jika Kamu sering melakukan latihan dengan mengambil gambar maka nantinya kamu akan menjadi fotografer yang profesional. Dengan sering-sering mengambil gambar tentunya skill dan kemampuan kamu akan terlatih nantinya.

7. Belajar Mengenai Fotografi dan Editing

Cara menjadi fotografer yang baik adalah dengan belajar. Kamu bisa belajar mengenai teknik fotografi yang baik dan cara editing di sela waktu istirahat kamu.

Selain belajar mengenai teknik fotografi kamu juga bisa mulai belajar mengedit hasil jepretan kamu. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi edit yang disediakan di Play Store. Berikut ada cara ambil foto agar terlihat jernih yang bisa kamu lakukan saat hasil foto kamu blur.

Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang di download di Play Store agar hasil jepretan kamu tidak shaky saat mengambil foto bergerak, caranya:

  • Download Camera X terlebih dahulu di Play Store
  • Lalu buka aplikasi Camera X
  • Di aplikasi tersebut ada beberapa fitur, dan kamu bisa pilih live shot kemudian saat muncul pop-up pilih OK untuk melanjutkan.
  • Lalu kamu bisa menggunakan kamera untuk memotret benda bergerak tanpa blur

Jika hasil gambar kamu blur kamu bisa membuat HD dengan bantuan beberapa aplikasi seperti aplikasi Remini, aplikasi Photosoft, aplikasi Fotogenic, aplikasi Photodirector, dan Snapseed.

8. Mengutamakan Keinginan Klien

Cara Menjadi Fotografer Profesional, Jika ingin menjadi seorang fotografer yang profesional cara menjadi fotografer yang baik kamu harus bisa memenuhi keinginan klien kamu. Namun dalam pemenuhan keinginan klien kamu juga tidak boleh kehilangan arah sebagai fotografer.

9. Carilah Banyak Pengalaman

Cara Menjadi Fotografer Profesional, Cara menjadi fotografer terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari banyak pengalaman dalam memotret. Kamu bisa membawa kamera kamu saat bepergian dan mengambil banyak gambar di sana.

Kamu juga bisa belajar dari pengalaman-pengalaman memotret kamu. Fotografer profesional adalah seseorang yang bisa menciptakan gambar yang menarik walaupun di tempat yang biasa-biasa saja.

Demikianlah beberapa tips dan cara menjadi fotografer yang bisa kamu pelajari secara otodidak agar menjadi fotografer yang andal. Jangan mudah menyerah dan teruslah berlatih.

 

Tinggalkan komentar