Tutorial PowerPoint, 5 Kegunaan dan Fitur yang Dimiliki Terbaik

Tutorial PowerPoint, Kegunaan dan Fitur yang Dimiliki – Tutorial PowerPoint merupakan salah satu Program dalam Microsoft Office yang banyak digunakan dan memiliki berbagai fungsi. PowerPoint merupakan salah satu program yang dapat digunakan kapan saja. Baik itu menggunakan tablet, komputer, laptop, ataupun menggunakan ponsel.

Apa Itu Power Point?

Power Point merupakan perangkat lunak yang menjadi bagian dari Microsoft Office dan digunakan untuk membuat membuat file presentasi yang dibuat dalam bentuk slide. PowerPoint ini menyediakan berbagai macam tema, desain, tata letak, animasi, yang sangat beragam sehingga bisa menarik banyak perhatian dari audience.

Seperti format file lainnya Microsoft Powerpoint ini juga bisa dicetak dibagikan dipindahkan dan diedit. Berikut ini merupakan beberapa kegunaan dari PowerPoint yang perlu Anda ketahui!

5 Kegunaan dan Kelebihan PowerPoint

Memudahkan pengguna membuat slide presentasi

Kelebihan yang dimiliki oleh PowerPoint yaitu memudahkan penggunanya dalam membuat slide presentasi. Aplikasi ini membantu untuk menyiapkan presentasi yang menarik dan profesional dalam jangka waktu yang singkat.

Memiliki fitur kolaborasi

Fitur ini akan sangat membantu bagi Anda yang harus membuat presentasi secara berkelompok tetapi tidak memiliki waktu untuk bertemu. Selain itu fitur ini juga membantu Anda untuk mengedit kembali file yang ada dengan menggunakan device yang berbeda

Fitur-fitur PowerPoint. Pekerjaan jadi jauh lebih mudah dan juga bisa dikerjakan dengan cepat.

Memiliki berbagai macam tools

Kegunaan dari PowerPoint selanjutnya yaitu memiliki berbagai macam tools yang bisa Anda manfaatkan dalam membuat presentasi yang lebih menarik

Selain harus mempelajari tutorial. Fitur-fitur yang ada di PowerPoint ini bisa membantu untuk menyisipkan suara, foto, video, dan lain sebagainya.

Template yang bervariasi

PowerPoint memiliki banyak sekali template yang bisa Anda pilih untuk desain PowerPoint Anda. Membuat tampilan presentasi yang menarik ini bisa dibuat dengan menggunakan background atau template yang bervariasi.

Bisa diimpor dalam bentuk PDF

Tutorial PowerPoint juga bisa diimpor dalam bentuk PDF sehingga akan lebih mudah bagi Anda jika ingin mencetak PowerPoint tersebut.

Fitur Pada PowerPoint

PowerPoint Anda juga perlu mempelajari fitur-fitur yang ada pada PowerPoint.

·       Slide

Fitur PowerPoint yang pertama yaitu ada slide. Slide ini bisa membantu untuk memilih ukuran yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebagai contoh jika Anda ingin membuat materi untuk pembelajaran maka bisa menggunakan size 16,9. Sedangkan Jika Anda ingin membuat slide untuk postingan media sosial maka bisa menggunakan rasio 1:1.

·       Slide Master

Fitur selanjutnya yang dimiliki oleh PowerPoint yaitu ada fitur slide Master yang bisa digunakan untuk mengatur font dan warna. Pengaturan pada fitur ini bisa digunakan untuk slide pertama sampai dengan slide terakhir.

·       Layout

Fitur selanjutnya yang dimiliki oleh PowerPoint yaitu ada fitur layout. Dalam powerpoint Anda bisa memilih desain layout sesuai dengan materi yang akan dipresentasikan.

Dapat juga membuat desain layout sendiri sesuai dengan yang diinginkan dengan menggunakan layout blank. Layout blank Ini bisa memberikan Anda kesempatan penuh untuk berkreasi dengan desain yang Anda sukai.

·       Template warna

Fitur selanjutnya yaitu ada fitur template warna. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat slide show lebih menarik. Anda bisa memilih tempat warna ini pada menu desain template warna ini bisa disesuaikan dengan keinginan bahkan Anda juga bisa custom warna sendiri.

·       SmartArt

Fitur yang satu ini bisa membantu untuk Anda membuat grafis dan chart. Fitur ini akan membantu pekerjaan jauh lebih efektif karena sudah ada banyak diagram yang bisa dipakai dalam pembuatan materi presentasi.

·       Insert

Apabila Anda ingin menambahkan foto ataupun menambahkan video pembelajaran maka tidak perlu khawatir karena ada fitur Insert yang bisa digunakan.

Tutorial PowerPoint Aesthetic untuk Pengguna Baru

Bagi Anda yang merupakan pengguna baru PowerPoint tentu masih bingung bagaimana cara untuk mengoperasikannya. Berikut ini merupakan tutorial PowerPoint yang bisa Anda coba lakukan.

  • Pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuka aplikasi PowerPoint terlebih dahulu.
  • Setelah itu pilih template yang diinginkan. Ada beragam template yang tersedia yang bisa disesuaikan dengan jenis presentasi yang akan Anda buat.
  • Apabila tidak ada yang sesuai maka Anda bisa mendesain sendiri dengan memilih opsi Blank yang nantinya akan muncul PowerPoint tanpa desain atau hanya dengan background putih saja.
  • Pilih tema, ada banyak template yang menawarkan tema beragam dengan skema warna yang berbeda yang ditandai kotak-kotak berwarna yang ada di bagian pojok kanan bawah jendela.
  • Pilih salah satu kotak untuk bisa mengubah skema warna ataupun tema template. Jika Anda tidak ingin memilih tema maka Anda bisa melewati langkah ini.
  • Klik create yang berada di pojok kanan bagian bawah jendela setelah itu template terpilih dan berkas presentasi Anda bisa dibuat.

Setelah memahami tentang tutorial PowerPoint di atas Anda juga perlu mau tahu bagaimana tips untuk membuat powerpoint sehingga terlihat lebih menarik. Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk membuat powerpoint yang lebih menarik.

·       Sesuaikan dengan tema presentasi

Setiap presentasi yang akan dilakukan pasti memiliki tema atau materi yang akan dibawakan. Maka Anda bisa membuat visualisasi menarik yang sesuai dengan materi tersebut. Jika matahari tersebut tentang pertanian maka Anda bisa menambahkan ornamen-ornamen yang berhubungan dengan pertanian.

·       Jangan terlalu banyak teks

Tips yang harus diperhatikan jika Anda ingin membuat PowerPoint yaitu jangan terlalu banyak menggunakan teks. Apabila Anda menggunakan teks terlalu banyak maka PowerPoint tersebut tidak akan efektif dan tentu saja tidak akan menarik untuk dibaca.

·       Memilih font yang mudah dibaca

Pemilihan font dalam pembuatan PowerPoint ini menjadi hal yang sangat penting. Tutorial PowerPoint interaktif harus dibuat dengan font yang bisa dibaca oleh audience. Pemilihan font yang jelas dan mudah dibaca ini akan membantu audiens untuk memahami materi presentasi yang disampaikan.

·       Pilih satu topik bahasan untuk tiap slide

Jika Anda ingin membuat PowerPoint maka sebaiknya Anda memilih satu topik bahasan untuk tiap slide nya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam penyampaian materi presentasi jadi lebih mudah.

·       Highlight informasi penting

Jika ada informasi penting yang harus disampaikan pada saat presentasi maka Anda bisa memberikan highlight pada tulisan tersebut. Tutorial PowerPoint juga kebanyakan memberikan informasi terkait dengan highlight tulisan penting yang ada pada PowerPoint. Sehingga akan memudahkan audiens untuk menyerap materi-materi penting yang disampaikan.

·       Menjaga desain tetap konsisten

Dalam membuat tutorial PowerPoint video tentu Anda memerlukan sebuah desain. Desain ini harus sama untuk setiap slidenya. Meskipun tidak harus sama persis tetapi Anda perlu menjaga konsistensi desain yang ada.

Desain yang digunakan harus masih dalam satu tema yang sama dari pilihan desain awal. Hal ini akan membantu untuk membuat tampilan PowerPoint Anda lebih menarik.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui terkait dengan tutorial PowerPoint. PowerPoint ini akan membantu pengguna dalam membuat slide presentasi.

Tinggalkan komentar