9 Cara Screenshot iPhone yang Mudah

9 Cara Screenshot iPhone yang Mudah – Kamu tahu, fitur screenshot itu bener-bener penting dan berguna banget buat bantu kamu ambil gambar di HP, termasuk iPhone. Tapi ada satu masalah, banyak orang yang belum paham cara screenshot di iPhone, padahal udah banyak seri yang keluar.

Sebenarnya, cara ambil gambar di iPhone gak susah, dan ada banyak cara yang bisa kamu pilih, kayak pake aplikasi atau tombol-tombol di HP. Tapi ternyata, cara screenshot di iPhone beda-beda tiap serinya. Nah, kamu bisa baca info lengkapnya di bawah ini yuk!

9 Cara Screenshot iPhone yang Mudah
9 Cara Screenshot iPhone yang Mudah

Cara Screenshot iPhone yang Mudah

Kamu bisa kok melakukan screenshot di HP iPhone dengan mudah lho. Ini khususnya buat tipe iPhone kayak 11, 12, 13, 14, X, XR, dan seri lainnya yang gak punya tombol Home di bawah layar. Gini nih caranya:

  1. Hidupin iPhone kamu.
  2. Siapin dulu gambar atau layar yang mau kamu screenshot.
  3. Tekan tombol Power sama tombol Volume Up sekaligus, terus tunggu beberapa detik.
  4. Kalo kamu denger suara ‘klik’ dan layar iPhone berkedip, berarti screenshotnya udah berhasil, nih.
  5. Buat ngecek hasil screenshotnya, tinggal buka galeri foto di iPhone kamu aja. Mudah, kan?

Cara Screenshot iPhone yang Mudah dengan Tombol Home

Kamu yang punya iPhone seri lama dengan tombol Home, baik yang ada Touch ID atau enggak, gak perlu khawatir. Cara ambil screenshot di HP iPhone seri 5, 5s, 6, 7, dan 8 itu sebenernya nggak beda jauh sama seri terbaru.

Cuma bedanya, kamu ganti tombol Volume Up yang tadi dengan tombol Home yang ada di bawah layarnya. Begini cara simpelnya:

  1. Hidupin iPhone kamu.
  2. Pilih layar yang mau kamu screenshot.
  3. Tekan tombol Power sama tombol Home sekaligus.
  4. Kalo berhasil, layar iPhone kamu bakal berkedip.
  5. Hasil screenshotnya bisa kamu cek di folder khusus di iPhone kamu.

Cara Screenshot iPhone pakai AssistiveTouch

Kamu bisa nih pakai AssistiveTouch kalau takut susah tekan tombol secara bersamaan atau mau yang lebih otomatis. Cara screenshot di iPhone ini berguna banget kalau tombol Home atau Power-nya iPhone kamu ada masalah.

Cara buka AssistiveTouch buat ambil gambar layar:

  1. Buka Pengaturan di iPhone kamu, trus pilih Aksesbilitas, terus sentuh opsi Sentuh, dan klik AssistiveTouch.
  2. Nyalain tuh AssistiveTouch sampe warna bulat menunya berubah jadi hijau.
  3. Kalo udah aktif, kamu bisa sentuh tuh AssistiveTouch di layar iPhone kamu.
  4. Buka menu Perangkat, terus pilih Lainnya.
  5. Klik Screenshot buat ambil gambar.

Cuma inget ya, tombol AssistiveTouch gak muncul pas kamu ambil gambar.

Cara Screenshot iPhone dengan Back-Tap

Kamu yang punya iPhone seri 12 ke atas, ada fitur keren namanya back-tap. Dengan fitur ini, kamu bisa ambil screenshot layar hanya dengan ngetuk-ngetuk bagian belakang HP sebanyak dua atau tiga kali. Gampang banget, nih! Ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan di iPhone kamu, terus pilih Aksesbilitas, sentuh opsi Sentuh, dan klik Bagian Belakang (back-tap).
  2. Pilih mau pake dua kali ketuk atau tiga kali ketuk.
  3. Terus pilih sistem Jepretan Layar.
  4. Coba aja ngetuk-ngetuk dua atau tiga kali di bagian belakang HP kamu buat ambil screenshot.

Cara Screenshot iPhone dengan Siri

Kamu yang lagi males bersihin tangan kotor, tapi tetep mau ambil screenshot HP, tenang aja! Kamu bisa kok pake bantuan Siri buat cara ss iPhone. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Pastiin dulu kalo fitur Siri udah aktif di HP kamu. Caranya, buka Pengaturan, terus pilih Siri & Pencarian.
  2. Kalo udah aktif, coba tekan tombol samping kanan HP atau bilang aja “Hei Siri!”.
  3. Begitu Siri aktif, kamu bisa bilang, “Hey Siri, please take a screenshot” atau “Screenshot please”.
  4. Langsung cek galeri deh, apakah Siri berhasil ambil screenshot layar atau enggak.

Cara Screenshot iPhone dengan Screenshot Touch

Kamu bisa nih install aplikasi Screenshot Touch. Nah, dari namanya aja udah keliatan, aplikasi ini bisa bantuin kamu ambil screenshot cuma dengan sekali ketuk. Selain itu, aplikasi ini juga bisa buat rekam layar iPhone dalam format mp4 dan kamu bisa atur sendiri framerates atau bitratesnya sesuai yang kamu mau.

Cara Screenshot iPhone dengan Screen Master

Kamu bisa download aplikasi Screen Master. Aplikasi ini bagus buat ambil screenshot di HP, termasuk iPhone. Yang seru, aplikasinya ini gratis dan gampang banget dipake. Kamu bisa ambil layar dengan cara yang simpel, kayak ngeloyorin HP atau sentuh AssistiveTouch. Bahkan, kamu bisa juga ambil screenshot panjang sesuai yang kamu mau.

Cara Screenshot iPhone dengan Pintpoint

Kamu bisa nih manfaatin aplikasi Pinpoint. Aplikasi ini termasuk yang populer buat ambil screenshot di iOS. Aplikasi yang dibikin sama Lickability ini ngasih cara screenshot yang beda dari yang lain. Misalnya, kamu bisa edit hasil screenshot dengan gampang, kayak nambahin teks, efek blur, dan macem-macem lagi.

Terus ada juga Aplikasi Screenshot Easy. Aplikasi ini bisa dipake di iOS dan Android, dan bikin kamu bisa ambil screenshot pake beberapa cara. Bisa dari panel notifikasi, ngeloyorin HP, atau pake tombol di iPhone.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di iPhone, sesuai dengan model dan preferensimu. Kamu bisa menggunakan tombol-tombol fisik seperti Volume Up dan Power, tombol Home dan Power untuk model-model lama, atau bahkan memanfaatkan fitur Back Tap jika memiliki iPhone 12 ke atas.

Selain itu, AssistiveTouch dan bantuan Siri juga bisa membantu kamu dalam mengambil screenshot dengan mudah. Jika ingin lebih banyak fitur pengeditan, ada aplikasi seperti Pinpoint dan Screenshot Easy yang bisa kamu coba. Pilihan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi kamu. Semoga informasi ini membantu kamu menguasai cara mengambil screenshot di iPhone dengan lebih baik!

Itiulah 9 Cara Screenshot iPhone yang Mudah.

FAQ

Bagaimana cara mengambil screenshot di iPhone?

  • Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di iPhone. Salah satunya adalah dengan menekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan (kecuali di iPhone lama dengan tombol Home, gunakan tombol Power dan tombol Home). Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Back Tap (untuk iPhone 12 ke atas), AssistiveTouch, atau bantuan Siri. Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Apakah screenshot di iPhone disimpan secara otomatis?

  • Ya, setelah kamu mengambil screenshot, hasilnya akan disimpan secara otomatis di galeri foto HP iPhone kamu. Kamu bisa menemukan screenshot tersebut di folder “Screenshots.”

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Back Tap di iPhone?

  • Untuk mengaktifkan fitur Back Tap, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > dan pilih Back Tap. Di sini, kamu bisa memilih opsi dua kali ketuk atau tiga kali ketuk dan mengatur tindakan yang ingin dilakukan saat menggunakan Back Tap, termasuk mengambil screenshot.

Tinggalkan komentar