8 Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Presentasi

idpintar.com – Sebagai pelajar, pasti kamu sudah akrab dengan presentasi ya kan? Presentasi itu sebenarnya cuma jadi ajang ngomong di depan banyak orang, tujuannya bisa buat ngasih tau sesuatu, ngasih semangat, atau ngeshare ide sama penontonnya.

Biasanya, buat bikin presentasi, kita sering pake Microsoft Power Point. Tapi, jujur aja, kadang-kadang kita nyeritainnya lama banget, sampe penontonnya pada bosen dan kehilangan perhatian. Nah, kalo kamu mau buat presentasimu makin menarik, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba, supaya guru dan teman-teman sekelas enggak buru-buru bosen

8 Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Presentasi
8 Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Presentasi

Apa itu PowerPoint?

Kamu pasti udah pernah denger Power Point, atau yang sering disebut PPT, kan? Nah, PPT ini sebenarnya adalah software buatan Microsoft yang sering banget dipake buat bikin presentasi. Presentasi ini bisa macem-macem, mulai dari yang buat presentasi pelajaran, tugas kuliah, sampai laporan kerja.

PPT punya fitur keren yang bisa kamu gunain buat naro data, baik itu teks, gambar, video, atau suara. Jadi, bisa lebih menarik dan informatif deh presentasinya.

Alasan Kamu harus Membuat PPT yang Menarik

Membuat presentasi PowerPoint yang menarik memiliki beberapa alasan penting:

  1. Mengatasi Ketidakberdayaan Audiens: Presentasi yang menarik membantu mengatasi ketidakberdayaan audiens terhadap topik yang mungkin sulit atau membosankan. Dengan tampilan yang menarik, Anda dapat mempertahankan perhatian audiens, memungkinkan mereka untuk lebih memahami dan mengingat informasi yang disampaikan.
  2. Meningkatkan Daya Ingat: Elemen visual, seperti gambar, grafik, dan animasi, membantu meningkatkan daya ingat. Informasi yang disajikan secara visual lebih mudah diingat daripada teks yang panjang.
  3. Membantu Komunikasi yang Lebih Efektif: Presentasi yang menarik membantu Anda mengomunikasikan ide dan informasi secara lebih efektif. Anda dapat menjelaskan konsep yang kompleks dengan lebih baik melalui visual dan animasi.
  4. Mengundang Perhatian Audiens: Presentasi yang menarik cenderung lebih mengundang perhatian audiens. Ini membuat audiens lebih terlibat dan terhubung dengan materi yang Anda sampaikan.
  5. Menciptakan Pengalaman Pembelajaran yang Menarik: Dengan menggunakan elemen interaktif, seperti pertanyaan, tugas, atau jajak pendapat, Anda dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik. Ini membantu audiens untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran.

Cara Membuat PPT yang Menarik

Kamu tentu pengen bikin PowerPoint yang bisa bikin guru dan teman-temanmu tertarik, kan? Tujuannya biar materi yang kamu sampaikan bisa lebih mudah disimak. Nah, ada beberapa cara simpel yang bisa kamu coba biar presentasimu nggak membosankan, yaitu:

  1. Pakai Template Keren: Salah satu cara pertama buat PowerPoint menarik adalah pake template. Microsoft udah sediain banyak pilihan di tab Design. Cukup klik satu yang kamu suka, dan tampilan PowerPoint kamu langsung berubah sesuai tema. Kalau nggak cocok, di internet banyak banget situs yang nyediain template keren gratis. Gampang kok, tinggal unduh, edit sesuai materi presentasimu.
  2. Pake Layout Slide Bawaan: Selain template, ada fitur lain yang mempermudah, yaitu layout slide bawaan. Di tema PowerPoint, kamu akan nemuin banyak pilihan layout slide. Ini bikin ngebuat slide jadi lebih gampang karena udah ada tempatnya buat teks, gambar, dan sebagainya. Gak perlu repot-repot atur sendiri.
  3. Pilih Judul yang Pas: Meski tema biasanya udah ditentuin guru, pastiin kamu bikin judul yang oke. Judul penting buat buat audiens penasaran sama materinya. Jangan terlalu panjang, yang penting singkat dan menarik.
  4. Tulis Poin-poin Pendek: Jangan ngejelasin panjang lebar. Bikin poin-poin teks yang singkat dan sederhana aja. Gampang dipahami sama yang dengerin.
  5. Pilih Font yang Nyaman: Meski template mungkin udah punya aturan font, pastiin kamu pilih yang nyaman diliat. Gunain font yang gampang dibaca kayak Helvetica atau Arial. Hindarin yang terlalu aneh-aneh. Ukuran font buat judul minimal 48 biar keliatan, subjudul dan isi disesuaikan. Spasi 1,5 biar rapi.
  6. Tambahin Gambar: Pakai gambar buat ngebuat presentasimu lebih menarik dan gampang dimengerti. Gambar bisa ngejelasin lebih dari kata-kata
  7. Periksa Ejaan dan Tata Bahasa: Pastikan kamu cek ulang ejaan dan tata bahasa di presentasimu. Ini penting biar nggak ada kesalahan yang bikin malu di depan guru. Jadi, periksa baik-baik, terutama kalo presentasimu buat nilai.
  8. Bikin Presentasi Lebih Interaktif: Buat presentasimu lebih seru dengan cara interaktif. Kamu bisa buat slide yang ajak teman-temanmu ikutan. Misalnya, tampilin gambar atau video terus minta mereka kasih komentar. Atau tanya-tanya mereka selama presentasi. Biar lebih seru dan nyambung!

Nah, itu dia 8 cara biar presentasimu jadi keren di kelas. Bikin presentasi itu butuh perhatian, kesabaran, dan kreativitas.

Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Membuat PPT yang Menarik

Agar kamu dapat membuat presentasi PowerPoint yang menarik, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal penting:

  1. Gunakan template yang sesuai atau unduh template menarik dari sumber yang tepercaya.
  2. Manfaatkan layout slide bawaan untuk memudahkan pengisian konten.
  3. Pilih judul yang singkat, padat, dan menarik.
  4. Gunakan poin-poin teks yang sederhana untuk menjelaskan materi.
  5. Pilih jenis font yang mudah dibaca dan sesuaikan warna latar dengan warna teks yang kontras.
  6. Sisipkan gambar untuk memvisualisasikan ide dan menjaga ketertarikan audiens.
  7. Pilih skema warna yang konsisten dan menarik.
  8. Gunakan grafik, bagan, dan tabel untuk menyajikan data dengan jelas.
  9. Tambahkan animasi dan transisi untuk membuat presentasi lebih menarik.
  10. Periksa tata bahasa dan ejaan agar presentasi tampak profesional.
  11. Jadikan presentasi lebih interaktif dengan melibatkan audiens.

Dengan mempertimbangkan semua hal ini, kamu dapat membuat presentasi yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik, sehingga dapat mempertahankan perhatian guru dan teman-temanmu selama presentasi di kelas. Semoga berhasil!

FAQ

Apa tips untuk membuat presentasi yang baik?

Beberapa tips untuk membuat presentasi yang baik termasuk menggunakan template yang sesuai, menjaga tata bahasa, memilih gambar dan grafik yang mendukung, dan berlatih presentasi secara menyeluruh.

Haruskah saya menggunakan banyak teks dalam presentasi?

Tidak, sebaiknya hindari penggunaan terlalu banyak teks dalam presentasi. Gunakan poin-poin penting dan visual seperti gambar atau grafik untuk memudahkan pemahaman audiens.

Apa manfaat menggunakan animasi dalam presentasi?

Animasi dapat membantu menjelaskan konsep yang kompleks, menarik perhatian audiens, dan membuat presentasi lebih menarik. Namun, gunakan animasi dengan bijak, jangan berlebihan.

Apa itu Microsoft PowerPoint?

Microsoft PowerPoint adalah perangkat lunak presentasi yang digunakan untuk membuat slide presentasi yang dapat berisi teks, gambar, video, dan grafik.

Bagaimana cara menambahkan animasi ke slide PowerPoint?

Untuk menambahkan animasi ke slide PowerPoint, Anda dapat memilih elemen yang ingin dianimasikan, kemudian pilih tab “Animations” dan pilih jenis animasi yang sesuai.

Apa perbedaan antara template dan layout slide di PowerPoint?

Template adalah desain keseluruhan untuk seluruh presentasi, sedangkan layout slide adalah tata letak individu untuk setiap slide. Layout slide dibuat berdasarkan template yang digunakan

Tinggalkan komentar