7 Tips Cara Buat Bingkai di Coreldraw X7

idpintar.com – Saat kamu ingin membuat undangan atau sertifikat, kamu pasti butuh tahu Cara Buat Bingkai di Coreldraw. Kamu bisa bikin bingkai dengan menggunakan simbol dari font. Gak heran kalo fitur ini sangat membantu. Ini bermanfaat banget buat semua pengguna, bahkan yang belum terlalu jago gambar dan ilustrasi. Jadi, dengan fitur ini, kamu bisa lebih gampang bikin bingkai sendiri dengan simbol atau bentuk yang udah ada di dalamnya.7 Tips Cara Buat Bingkai di Coreldraw X7

7 Tips Cara Buat Bingkai di Coreldraw X7

Kenapa buat Bingkai di Coreldraw?

Membuat bingkai di Coreldraw memiliki beberapa alasan dan manfaat, antara lain:

  1. Estetika: Bingkai bisa menambah unsur estetika pada gambar atau dokumen yang kamu buat. Mereka memberikan tampilan yang lebih menarik dan profesional.
  2. Pembeda: Bingkai dapat membantu menjadikan elemen dalam gambar atau dokumen lebih berbeda atau menonjol. Ini dapat membantu fokus pada konten utama.
  3. Penyajian Informasi: Bingkai bisa digunakan untuk membingkai dan memisahkan informasi penting dalam dokumen, seperti judul, kutipan, atau bagian-bagian kunci.
  4. Keberagaman Desain: Coreldraw memiliki banyak opsi untuk membuat bingkai dengan berbagai bentuk, warna, dan gaya. Ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan desain sesuai dengan kebutuhanmu.
  5. Branding: Bingkai juga dapat digunakan untuk memasukkan elemen branding, seperti logo atau slogan perusahaan, dalam gambar atau dokumen.
  6. Kreativitas: Membuat bingkai bisa menjadi wadah untuk mengekspresikan kreativitas dalam desain grafis. Kamu bisa menciptakan bingkai yang unik dan sesuai dengan selera pribadi atau tujuan proyekmu.
  7. Penggunaan Pribadi: Bingkai dapat digunakan untuk menghias foto pribadi atau karya seni yang ingin kamu pajang atau bagikan dengan orang lain.
  8. Presentasi: Dalam konteks presentasi, bingkai dapat digunakan untuk membingkai slide atau elemen-elemen penting dalam presentasi, membuatnya lebih menarik dan mudah dipahami oleh audiens.

Jadi, membuat bingkai di Coreldraw dapat meningkatkan estetika dan efektivitas dalam menyajikan informasi atau karya desainmu.

Kelebihan dan Kekurangan Coreldraw

CorelDRAW adalah salah satu perangkat lunak desain grafis yang populer, namun, seperti semua perangkat lunak, memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa dari keduanya:

Kelebihan CorelDRAW:

  1. Antarmuka Pengguna Intuitif: Antarmuka pengguna CorelDRAW relatif mudah dipahami dan ramah pengguna. Ini membuatnya cocok untuk pemula dalam desain grafis.
  2. Banyak Alat dan Fitur: CorelDRAW dilengkapi dengan berbagai alat dan fitur desain yang kuat. Ini termasuk alat vektor, alat gambar, efek, dan banyak lagi.
  3. Kompatibilitas File: CorelDRAW mendukung berbagai format file, termasuk format populer seperti AI, EPS, PDF, dan SVG. Ini memungkinkan kerja sama yang baik dengan perangkat lunak lain.
  4. Fleksibilitas dalam Desain: Kemampuan CorelDRAW untuk mengedit gambar vektor dengan mudah memungkinkan desainer untuk membuat desain yang sangat fleksibel dan mudah diubah.
  5. Harga Terjangkau: CorelDRAW seringkali lebih terjangkau daripada beberapa pesaingnya, seperti Adobe Illustrator.
  6. Dukungan untuk Bahasa dan Aksara: CorelDRAW mendukung beragam bahasa dan aksara, yang memudahkan pengguna dari berbagai negara.

Kekurangan CorelDRAW:

  1. Keterbatasan dalam Grafis Raster: CorelDRAW lebih difokuskan pada grafis vektor daripada grafis raster, sehingga kurang cocok untuk pekerjaan grafis raster yang kompleks.
  2. Tidak Sebanyak Fitur Kolaborasi: CorelDRAW mungkin tidak sekuat Adobe Illustrator dalam hal fitur kolaborasi dan kerja tim.
  3. Kurang Populer di Industri Tertentu: Beberapa industri desain grafis lebih cenderung menggunakan perangkat lunak lain, seperti Adobe Illustrator, sehingga pengguna CorelDRAW mungkin menghadapi kendala dalam kerja sama.
  4. Kurangnya Sumber Daya Pembelajaran: Meskipun ada berbagai tutorial dan sumber daya online untuk CorelDRAW, mereka mungkin kurang banyak dibandingkan dengan sumber daya yang tersedia untuk perangkat lunak pesaing seperti Adobe Creative Cloud.
  5. Keterbatasan di Mac: CorelDRAW tidak tersedia secara resmi untuk platform Mac. Ini membatasi akses untuk pengguna Mac.

Ketika memilih perangkat lunak desain grafis, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi serta tujuan proyek. CorelDRAW adalah pilihan yang baik bagi banyak desainer grafis, terutama yang mencari alternatif yang lebih terjangkau dan mudah digunakan.

Cara Buat Bingkai di Coreldraw X7

Mau bikin bingkai di Coreldraw X7? Gampang banget, nih. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh Coreldraw X7 Pertama, pastikan kamu sudah punya Coreldraw X7. Kalau belum, download dulu. Setelah selesai, buka software-nya.
  2. Pilih Menu File Di dalam Coreldraw, buka menu file di pojok kiri atas. Lalu, pilih “new” dan tentukan ukuran kertas yang kamu mau untuk bingkainya.
  3. Pilih Menu Window Klik menu “window” di sebelah “help.” Pilih “dockers,” lalu “text,” dan akhirnya “insert character.” Ini akan membuka tampilan untuk memilih simbol font.
  4. Tekan dan Drag Pilih simbol atau karakter font yang kamu suka, lalu tekan dan tarik ke lembar kerja. Saat simbol muncul, tekan “+” di keyboard, lalu tekan Ctrl dan tarik untuk menggandakan objek. Ulangi langkah ini hingga bingkai terbentuk.
  5. Buat Variasi Ukuran Kreatifkan bingkai dengan menggandakan kotak yang sudah ada. Bisa bikin beberapa variasi ukuran. Seleksi objek, gandakan, dan ulangi.
  6. Klik Ctrl + R Jika sudah cukup banyak, tekan Ctrl + R untuk menggandakannya lagi. Sesuaikan jumlahnya dengan ukuran lembaran kertas yang kamu pilih.
  7. Ubah Warna Bingkai Untuk mengubah warna bingkai, buka menu “window,” pilih “dockers,” dan klik “object properties.” Pilih warna yang kamu suka, pastikan lebih cerah dari warna kertas, lalu simpan desainmu.

Penutup

CorelDRAW adalah pilihan yang baik untuk desainer grafis yang ingin menciptakan bingkai dan desain vektor dengan cepat dan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, siapa pun dapat membuat bingkai yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan desain mereka. Selamat mencoba Sobat!

FAQ

1. Apa itu perangkat lunak CorelDRAW?

CorelDRAW adalah perangkat lunak desain grafis yang digunakan untuk membuat ilustrasi vektor, desain grafis, dan layout halaman. Ini memiliki banyak alat dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan karya seni digital dan dokumen yang menarik.

2. Bagaimana Cara Buat Bingkai di Coreldraw?

Untuk membuat bingkai di CorelDRAW, buka software, pilih ukuran kertas, pilih simbol dari font, dan tarik simbol tersebut ke lembar kerja. Kemudian duplikasi simbol tersebut untuk membentuk bingkai. Langkah-langkah lebih rinci dapat ditemukan dalam artikel ini.

3. Apakah CorelDRAW tersedia untuk Mac?

Saat ini, CorelDRAW tidak tersedia secara resmi untuk platform Mac. Namun, pengguna Mac dapat menggunakan perangkat lunak lain atau solusi virtual untuk mengakses CorelDRAW.

4. Apa perbedaan antara grafis vektor dan grafis raster?

Grafis vektor adalah gambar yang dibentuk oleh garis dan bentuk matematika, yang memungkinkan skalabilitas tanpa kehilangan kualitas. Grafis raster, di sisi lain, terdiri dari piksel dan kehilangan kualitas ketika diperbesar.

5. Apakah CorelDRAW merupakan alternatif yang baik untuk Adobe Illustrator?

Ya, CorelDRAW sering dianggap sebagai alternatif yang baik untuk Adobe Illustrator. Ini menawarkan banyak alat desain yang kuat dan biasanya lebih terjangkau.

Tinggalkan komentar