6 Cara Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa

Cara Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa. Memasang kata sandi di HP menjadi salah satu alternatif untuk menjaga keamanan dan data privasi. Biasanya orang akan memakai nomor unik kata sandinya. Namun sayang, tak jarang juga karena uniknya kata sandi yang digunakan, orang justru lupa kata sandinya sendiri. Biasanya smartphone menyediakan beberapa pilihan untuk fitur mengunci layar, mulai dari menggunakan PIN, pola, kata sandi hingga sidik jari.

Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi sekalipun kita mengaksesnya setiap hari untuk membuka HP. Tidak perlu resah lagi kalau kalian mengalaminya. Jika kamu tengah mengalami masalah tersebut? Jangan khawatir, sebab selalu ada cara membuka HP lupa kata sandi atau terkunci karena lupa pola. Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

1. Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa dengan Google Find My Device

  1. Akses Google Find My Device dari browser PC atau laptop
  2. Setelah itu, kalian akan mendapatkan identifikasi dari HP kalian, seperti nama, lokasi terakhir, dan persentase baterai.
  3. Kemudian, pilih opsi Erase Device.
  4. Lalu, ikuti setiap langkah dan petunjuk yang muncul.  Hingga, kalian masuk ke laman login Google.
  5. Login dengan akun Google yang terdaftar di HP.

Secara otomatis, HP akan tersetel dalam keadaan baru.  Setelah itu, kalian bisa memasang password baru yang lebih mudah diingat.

2. Reset Kunci Layar Melalui Recovery Mode

dengan menggunakan Recovery Mode sebagai cara Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa Realme ketika lupa kata sandi, pola atau PIN. Ada beberapa langkah untuk melakukan reset kunci layar ponsel pintar ini. Pertama, matikan dulu perangkat sampai beberapa detik.

  1. Kemudian, tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersama-sama hingga logo Realme muncul, lalu lepaskan lagi tekanan pada kedua tombol itu.
  2. Langkah berikutnya masuk ke ColorOS recovery dan klik bahasa English, klik Wipe Data, selanjutnya konfirmasi dengan pilih OK.
  3. Kalau proses Wipe ini sudah selesai, kamu tinggal klik lagi OK, kemudian Reboot. Nanti secara sendirinya HP Realme kamu akan merestart.
  4. Tunggu proses restart selesai antara 5 sampai 10 menit, kalau sudah selesai, sistem pada perangkat tersebut akan meminta kamu untuk kembali melakukan pengaturan awal.

3. Cara Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa Terkunci Tanpa Menghapus Data

Selain mengatasi HP yang terkunci dengan nomor darurat, kamu juga bisa mengatasi Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa dengan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi Dr. Fone-Screen Unlock yang dikembangkan oleh pihak Wondershare.

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus mengunduhnya di laman drfone-Wondershare. Berdasarkan laman resminya, aplikasi ini bisa digunakan untuk HP dari berbagai merek yang terkunci. Contohnya, Samsung, Huawei, Realme, Oppo, Xiaomi, Vivo, Infinix, dan lain-lain.

Aplikasi Dr. Fone-Screen Unlock termasuk aplikasi yang berbayar, sehingga kamu disarankan untuk mengambik paket screen unlock sesuai tipe merek smartphone yang digunakan. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Unduh dan pasang aplikasi Dr. Fone Screen Unlock pada PC atau komputer.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian pilih menu “Screen Unlock”.
  • Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB. Lalu, pilih tipe HP. Kemudian, klik ‘Unlock Android Screen’.
  • Pastikan kamu memilih tipe HP yang sesuai karena cara memulihkan pada setiap tipe berbeda-beda. Kamu dapat mencari daftar tipe yang tersedia.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk yang muncul. Saat HP dalam keadaan mode pengunduhan matikan HP.
  • Tekan volume bawah, home, dan power secara bersamaan. Jika sudah, tekan volume atas untuk masuk ke mode pengunduhan.

Kemudian, HP akan melakukan recovery secara otomatis dalam beberapa saat. Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, klik ‘Remove Now’ untuk membuka pola HP.

4. Cara Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa HP pakai Fitur Google Smart Lock

Selanjutnya cara membuka sandi hp yang lupa dengan aman tanpa membuat data di dalamnya hilang yakni dengan menggunakan Google Smart Lock. Alternatif cara ini dapat digunakan untuk hp dengan sistem Android 5.0 dan yang lebih baru.

Untuk bisa menggunakan metode ini, pastikan jika fitur Google Smart lock telah diaktifkan sebelumnya. Berikut cara mengaktifkan fitur Google Smart lock, antara lain:

  1. Masuk ke menu Pengaturan, pilih opsi Keamanan, dan masuk ke opsi Setelan Lanjutan – klik Smart Lock.
  2. Lanjut masukkan kata sandi, PIN, atau pola untuk verifikasi.
  3. Lalu ikuti langkah-langkah yang ada sesuai petunjuk di layar, dan selesai!
  4. Ketika sudah terhubung, selanjutnya HP yang terkunci secara otomatis akan terbuka.

5. Buka Kunci HP dengan ADB untuk Menghapus Password

Cara Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa atau pola berikutnya ini hanya akan bekerja jika sebelumnya kamu telah mengaktifkan USB Debugging. Metode ini bahkan bisa menjadi cara membuka laptop yang terkunci juga.

Tak hanya itu, cara membuka pin HP yang lupa ini juga hanya bisa kamu lakukan jika memiliki komputer yang sudah pernah dihubungkan dengan smartphone melalui ADB.

Daripada makin penasaran, simak langkah-langkah menggunakan ADB untuk melakukan cara buka HP lupa password.

  1. Sambungkan HP ke laptop/PC menggunakan kabel USB.
  2. Buka program Command Prompt.
  3. Ketikkan perintah CMD adb shell rm /data/system/gesture.key untuk masuk ke direktori instalasi ADB.
  4. Reboot smartphone kamu dan seharusnya sandi di lockscreen sudah tidak ada.
  5. Segera ganti password HP-mu sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

6. Cara Membuka Kunci Layar HP Realme

Cara pertama untuk Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa Realme yang terkunci bisa kamu lakukan tanpa reset, yaitu menggunakan TWRP.

Namun, untuk bisa menggunakannya kamu harus install dulu TWRP Realme. Cara install bisa kamu cari melalui Google. Menggunakan TWRP menjadi cara paling mudah dalam mengatasi masalah tersebut. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mematikan HP Realme.

Selanjutnya, tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersama-sama, lalu lepaskan setelah muncul atau keluar logo Realme. Kemudian, pilih Advanced, File Manager. Langkah berikutnya cara membuka kunci layar HP Realme menggunakan TWRP yaitu dengan memilih file seperti Locksetting.db-shm, Locksetting.db, Locksetting.db-wal, password.key, gesture.key.

Lalu, pilih Delete dan lakukan langkah ini satu per satu hingga semua file tersebut benar-benar terhapus. Kalau semuanya sudah terhapus, maka untuk bisa masuk langsung ke beranda kamu tinggal klik Reboot system.

Itulah beberapa cara Membuka Kata Sandi HP Yang Lupa yang terkunci paling ampuh sejauh ini. Namun karena banyaknya jenis dan merek, memang tidak semua metode berfungsi untuk semua HP. Kamu bisa mencoba metode yang paling tepat dan berhasil untuk HP kamu.

 

Tinggalkan komentar