6 Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

6 Cara Kirim Paket ke Luar Negeri – Yuk kita lihat beberapa Cara Kirim Paket ke Luar Negeri!

Sekarang, semua urusan kirim-mengirim paket udah makin gampang dan praktis lho. Enggak cuma buat ngirim paket di dalam negeri, tapi sekarang kamu juga bisa kirim barang ke luar negeri.

Bahkan, ada beberapa perusahaan yang tawarin layanan jemput paket langsung di rumah biar kamu enggak perlu ribet datang ke kantor ekspedisi.

Nah, jadi gimana sih Cara Kirim Paket ke Luar Negeri? Yuk, simak!

6 Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

6 Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Kenapa harus kirim ke luar negeri?

Kirim paket ke luar negeri bisa memiliki berbagai alasan dan manfaat tergantung pada situasi dan kebutuhan masing-masing individu atau bisnis. Beberapa alasan umum mengapa orang memilih untuk mengirim paket ke luar negeri termasuk:

  1. Keluarga dan Teman: Mungkin kamu memiliki keluarga atau teman yang tinggal di luar negeri. Mengirim paket bisa menjadi cara untuk tetap terhubung dan menunjukkan perhatian kepada mereka, terutama dalam acara-acara spesial seperti ulang tahun, perayaan, atau liburan.
  2. Bisnis: Banyak bisnis melakukan perdagangan internasional. Mengirimkan produk ke luar negeri adalah cara untuk memperluas pasar dan mencapai pelanggan di seluruh dunia.
  3. Pendidikan: Jika seseorang bersekolah atau kuliah di luar negeri, mungkin mereka membutuhkan dukungan dari keluarga atau teman di rumah. Mengirim paket bisa menjadi cara untuk mengirim bantuan, barang-barang pribadi, atau hadiah.
  4. Pekerjaan: Beberapa pekerjaan melibatkan perjalanan internasional atau tugas di luar negeri. Pada kasus ini, mengirimkan dokumen, peralatan, atau barang-barang kerja mungkin diperlukan.
  5. Keberlanjutan: Beberapa barang atau produk mungkin lebih mudah didapatkan atau diproduksi di negara lain. Dalam konteks keberlanjutan, ada juga orang yang memilih untuk membeli barang dari negara lain yang memiliki praktik produksi yang lebih ramah lingkungan.

Setiap alasan memiliki pertimbangan dan manfaatnya sendiri. Penting untuk mempertimbangkan biaya, waktu, dan aturan serta ketentuan yang berlaku dalam proses pengiriman ke luar negeri.

Cara Kirim Paket ke Luar Negeri?

Pertama-tama, penting banget buat kamu pilih ekspedisi yang terpercaya biar semua lancar. Pastinya, mereka yang bisa bikin kamu puas.

Nah, buat kamu yang mau kirim paket ke luar negeri, nih beberapa langkahnya:

  1. Siapin barang yang mau dikirim dengan baik, ya. Kamu perlu buat kemasan yang pas dan sesuai aturan.
  2. Pilih ekspedisi yang terpercaya. Setelah barang siap, sekarang waktunya pilih ekspedisi. Pastiin pilih yang udah ahli kirim barang ke luar negeri dengan baik.
  3. Kasih paketnya ke ekspedisi. Ada juga ekspedisi yang bisa ambil paket dari rumahmu, jadi kamu gak perlu repot datang ke kantornya.
  4. Isi formulir pengiriman dengan lengkap. Ini penting banget, jangan sampe kurang info. Pastiin semua detilnya lengkap, misalnya alamat tujuan dan nomor kontak.
  5. Bayar biaya kirim sesuai aturan ekspedisi. Biasanya harganya udah pasti, jadi gak bisa nego lagi.
  6. Jangan lupa minta nomor resi dari ekspedisi. Ini penting, karena nomor resi bisa dipake buat lacak paketmu.

Nah, udah siap kirim paket ke luar negeri? Semoga lancar ya!

Tips simpel buat kirim paket ke luar negeri secara online

Cuma lewat smartphone, kamu bisa atur semua online. Tapi, yang dimaksud pengiriman online ini cuma buat isi formulir aja. Barangnya sendiri tetep harus kamu antar sendiri, atau bisa juga pake jasa jemput dari ekspedisi.

  • Booking online dan pilih negara tujuan.

Pertama, kamu masukin data buat tujuan paket, lengkap sama alamatnya. Mudahnya, dari mana ke mana paketnya. Tulis lengkap, dari nama tempat sampe kota yang detail. Kalo pake aplikasi, biasanya ada kolom kosong buat masukin detail alamatnya. Jangan lupa sign up atau log in dulu biar datanya masuk ke layanan pengiriman.

  • Pilih tipe pengiriman.

Nah, trus kamu masukin jenis barang yang mau dikirim, berat, jumlah paket, ukuran, semuanya deh. Jadi, layanan pengiriman bakal kasih harga sesuai detail barang yang kamu masukin. Gak peduli ukuran barangnya gede apa kecil, nanti pihak ekspedisi bakal ngasih harga yang cocok buat barang yang mau kamu kirim.

  • Ringkas informasi pengiriman.

Setelah masukin detail dan alamat pengiriman, sekarang kamu ringkas semua datanya jadi satu, ini yang disebut “informasi pengiriman”. Kamu juga bakal diberi tahu tentang aturan kirim barang yang dilarang ke negara tujuan, plus urusan bea cukai dan pajaknya. Bagian ini penting, kamu harus teliti baca semua aturan dari negara yang dituju supaya gak salah paham.

  • Bayar biaya kirim.

Kalo udah setuju sama aturan yang berlaku, kamu disuruh bawa barangnya ke kantor pusat jasa pengiriman atau anterin sendiri. Barang bakal ditimbang lagi dan kamu bayar biayanya, bisa lewat bank. Biasanya jasa pengiriman internasional kasih waktu sekitar 5 jam buat bayar.

  • Cek status pengiriman.

Nah, yang terakhir, kamu bisa cek status pengiriman barang. Biasanya kamu dikasih nomor resi buat ngecek lewat website atau aplikasi. Dari situ kamu bisa nge-track dan tau status barang yang kamu kirim. Ceknya bisa real-time, dan yang penting, simpel banget.

Nah, kamu bisa cek daftar ekspedisi yang bisa ngirim paket internasional nih. Ada beberapa, seperti:

  1. TNT Express
  2. Pos Indonesia
  3. DHL Express
  4. EMS Pos Indonesia
  5. FedEx
  6. United Parcel Service (UPS)
  7. JNE International
  8. Titipan Kilat (TIKI)
  9. Expedito
  10. FWD Express

Jadi, pilih aja yang sesuai sama kebutuhanmu!

Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman paket ke luar negeri dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti berat paket, ukuran, tujuan pengiriman, layanan ekspedisi yang dipilih, serta jenis layanan yang diinginkan (misalnya, pengiriman standar atau kilat). Harga juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal seperti fluktuasi nilai tukar mata uang dan biaya bea cukai.

Sebaiknya kamu menghubungi layanan ekspedisi yang kamu pilih atau menggunakan kalkulator biaya pengiriman online yang biasanya disediakan oleh ekspedisi tersebut. Dengan memasukkan informasi berat paket, dimensi, dan tujuan pengiriman, kamu bisa mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.

Ingatlah bahwa biaya pengiriman internasional juga bisa termasuk biaya tambahan seperti asuransi, bea cukai, pajak impor, dan biaya penanganan. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua detail biaya sebelum memutuskan untuk mengirim paket ke luar negeri.

Kesimpulan

Jadi, kamu udah tau nih, Cara Kirim Paket ke Luar Negeri sekarang udah makin gampang dan praktis. Kamu bisa isi formulirnya online dan ada layanan ekspedisi yang bisa ambil paketmu.

Ini tentu bantu banget pas kamu mau ngirim paket keluar negeri. Gak usah repot datang ke kantor, ekspedisi aja yang bakal jemput paketmu.

Oh iya, jangan lupa bagi info tentang Cara Kirim Paket ke Luar Negeri ini sama teman atau saudaramu yang butuh ya. Semoga info ini bermanfaat buat mereka!