5 Mobil Listrik Terlaris Di Indonesia 2023

5 Mobil Listrik Terlaris Di Indonesia 2023. Industri otomotif berbasis teknologi ramah lingkungan kini semakin menggeliat di Indonesia. Para pabrikan ternama pun terus berlomba menawarkan Mobil Listrik terbaru dengan harga dan spesifikasi yang sangat bersaing. Memang tengah digencarkan karena dinilai sebagai salah satu solusi untuk mengurangi polusi. Kini, pilihan mobil semakin banyak. Harganya juga ada yang mulai bersahabat.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, tidak sedikit yang kemudian tertarik dan mulai beralih menggunakan mobil bertenaga listrik tersebut. Kondisi ini rupanya juga dimanfaatkan oleh produsen kendaraan yang berlomba-lomba merilis Mobil Listrik Terlaris Indonesia terbaik di kelasnya. Meskipun dari segi harga belum bisa dikatakan murah, namun hal itu tidak menjadi penghalang bagi masyarakat yang ingin memilikinya. Untuk mengetahui deretan mobil yang bisa dipertimbangkan, berikut adalah informasinya.

Berikut sederet mobil listrik yang hadir di Indonesia pada tahun ini :

 

1. Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 diluncurkan di Indonesia pada awal tahun ini, tepatnya Maret 2022. IONIQ 5 menjadi Mobil Listrik Terlaris Indonesia pertama Hyundai yang menggunakan platform Hyundai Electric Global Modular Platform (E-GMP).Salah satu keunggulan dari mobil jenis SUV listrik ini adalah waktu pengisian baterai dari 10 sampai 80 persen dalam waktu 18 menit saja.

Selain itu, IONIQ 5 tersedia dalam pilihan baterai 72,6 kWh dan 77,4 kWh sehingga mampu menempuh perjalanan 423 KM hingga 490 KM dalam sekali pengisian daya baterai.

IONIQ 5 terdiri dari empat varian dengan harga berbeda, yaitu IONIQ 5 Prime Standart Range  Rp718.000.000, IONIQ 5 Prime Long Range Rp759.000.000, IONIQ 5 Signature Standart Range Rp779.000.000 dan IONIQ 5 Signature Long Range Rp829.000.000.

2. Wuling Air EV

Mobil listrik terbaru Wuling untuk pertama kalinya merilis mobil listrik mereka yang bernama Wuling Air EV. Mobil ini bisa menjadi alternatif jika kamu ingin membeli Mobil Listrik Terlaris Indonesia. Lantaran harganya yang terjangkau, maka ukuran yang dihadirkan pun terbilang mungil. Bahkan, panjang mobil ini tidak sampai 3 meter, lho. Sementara kapasitas maksimalnya hanya berisi 4 penumpang.

Namun dari segi spesifikasi nggak bisa dibilang murahan. Sebab, mobil listrik Wuling ini sudah mengusung baterai lithium iron phosphate (LFP) yang diklaim memiliki daya tahan lebih kuat dibanding lithium-ion. Lalu untuk kecepatan maksimal diklaim mampu menembus hingga 100 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, daya jelajahnya bisa mencapai 200-300 Km, lho.

3. Toyota Corolla Cross

Masih dari produsen Toyota, Mobil Terlaris Di Indonesia 2022 yang juga direkomendasikan adalah Toyota Corolla Cross. Meski tidak 100% elektrik, namun mobil hybrid ini dibekali tenaga dan torsi yang tinggi lho! Pasalnya, Toyota Corolla Cross  juga bisa dijadikan pilihan menarik, untuk kebutuhan mobil listrik dengan harga kisaran Rp500 jutaan. Kalau keluaran Toyota sih, sepertinya tidak perlu diragukan lagi!

Selain tenaga dan desain yang bagus, mobil listrik ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur keselamatan, seperti dual front dan side SRS airbags, sabuk pengaman, serta ISOFIX serta fitur tambahan Engine Immobilizer dan Theft Deterrent System.

  • Tipe Bodi: SUV
  • Jenis Penggerak CVT
  • Kapasitas Mesin 1.8 Hybrid AT
  • Varian: 2
  • Harga: Rp460 juta – Rp510 juta

4. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV sebenarnya bukanlah mobil listrik murni, melainkan mengusung teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Adapun mesin hybrid di mobil ini bersumber dari tenaga listrik dan juga memiliki penggerak berbahan bakar minyak.

SUV ramah lingkungan ini memadukan mesin 2.4-l DOHC MIVEC berdaya 126 TK dan torsi 199 Nm dengan baterai listrik berdaya 13,8 kWh. Menariknya, mobil berpenggerak empat roda ini bisa menjadi generator untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1.500 Watt, loh.

Nantinya, generasi terbaru Mitsubishi Outlander PHEV 2023 akan hadir dengan teknologi yang lebih canggih dan performa yang lebih mumpuni tentunya. Untuk saat ini, berikut adalah banderol untuk mobil tersebut.

5. MINI Cooper Electric

Mobil Listrik paling laris di Indonesia ada MINI Cooper Electric Indonesia resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya yang diberi nama MINI Electric. Mobil yang dirilis pada Juni 2022 lalu itu pun sukses menjadi buah bibir di banyak kalangan.

Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya jumlah pesanan mobil kelas premium yang satu ini. Dengan banderol di angka Rp945 juta off the road, mobil ini tercatat sudah dibeli sebanyak 4 unit.

Meski sangat berbeda jauh dengan angka penjualan dua jenis mobil listrik sebelumnya, tapi catatan ini sudah termasuk luar biasa mengingat harganya yang bisa menyentuh lebih dari Rp1 miliar jika ditotalkan dengan pajak.

Faktor yang membuatnya layak dibeli mungkin karena tenaga dan torsinya yang sangat mirip dengan MINI Cooper S 3-Door. Adapun tenaganya berada di angka 184 DK di 7.000 RPM dan torsi 270 Nm di 100 hingga 1.000 RPM.

Rekomendasi mobil listrik yang telah dijelaskan di atas bisa dijadikan referensi bagi masyarakat yang ingin beralih menggunakan mobil bertenaga listrik.  Itulah tadi deretan mobil listrik paling laris di Indonesia di tahun 2023 berdasarkan data wholesale. Tentu saja ada faktor tersendiri yang membuat mobil di atas jadi banyak dibeli, seperti harganya yang murah atau spesifikasinya yang mumpuni.

Tinggalkan komentar