5+ Langkah Mudah Cara Menghilangkan Formatted Di Word

idpintar.comPernah gak, kamu merasa kesal waktu ngurusin dokumen Word yang penuh dengan macam-macam format teks? Ada teks yang tebel, miring, berwarna, atau ada garis bawahnya, bikin dokumen jadi berantakan dan susah dibaca.

Apalagi kalo dokumen itu udah lewat banyak revisi atau diedit sama beberapa orang dengan gaya format yang beda-beda.

Tenang aja, ada solusinya buat atasin masalah ini yang sebenernya gampang banget dan bisa dilakuin sama siapa aja. Yuk langsung aja kita bahas Cara Menghilangkan Formatted Di Word!

5+ Langkah Mudah Cara Menghilangkan Formatted Di Word
5+ Langkah Mudah Cara Menghilangkan Formatted Di Word

Pengertian Formatted di Word

Pernah nggak, kamu lihat dokumen Word-mu tiba-tiba isinya penuh dengan tanda atau teks yang di-highlight? Kalo iya, kemungkinan besar itu karena fitur Formatted atau Track Changes lagi nyala.

Nah, fitur ini sebenernya bagus banget, terutama kalo kamu lagi kerja dalam tim atau lagi revisi dokumen. Dengan Formatted atau Track Changes, setiap kali ada yang nambahin, ngapus, atau ubah teks, semuanya bakal dicatat. Jadi, semua orang di tim bisa lihat dengan jelas perubahan apa aja yang udah terjadi, siapa yang ngerubah, dan kapan itu dilakuin.

Tapi ya, kadang fitur ini bisa jadi bikin bingung. Misalnya, Formatted tiba-tiba muncul tanpa kamu sadari, khususnya kalo dokumen udah diubah sama orang lain pake fitur Track Changes. Atau mungkin, kamu sendiri secara nggak sengaja nyalain fitur ini.

Jadi, kalo kamu lihat dokumenmu penuh dengan tanda dan teks yang di-highlight, itu berarti fitur Track Changes lagi aktif, dan semua perubahan yang kamu buat bakal kecatat dan di-highlight.

Itulah yang dimaksud sama ‘formatted’ dalam konteks Microsoft Word.

Cara Menghilangkan Formatted Di Word

Pernah nggak, kamu buka dokumen Word dan tiba-tiba semua teksnya berubah, dihiasi garis-garis dan warna-warni?

Nah, itu tandanya dokumenmu lagi pakai fitur Formatted atau Track Changes. Tapi santai aja, ada cara gampang buat ngehilanginnya.

1. Buka Dokumen

Pertama, buka aja dokumen Word yang bermasalah. Pastikan kamu udah login dengan akun yang punya hak akses penuh biar bisa ubah-ubah sesuai yang dibutuhin.

2. Menu Review

Nah, arahin kursor ke atas layar dan klik menu Review. Di situ, kamu bisa kontrol segala hal tentang revisi dan peninjauan dokumen, termasuk fitur Track Changes.

3. Ganti Tampilan Track Changes

Di menu Review, cari bagian yang namanya Tracking. Di situ, ada opsi Final: Show Markup. Klik itu dan ubah jadi Final.

Dengan langkah ini, tampilan dokumenmu bakal kembali normal, tanpa tanda-tanda dan highlight dari fitur Track Changes.

4. Terima Semua Perubahan

Masih di menu Review, cari dan klik Accept. Lalu, pilih Accept All Changes in Document.

Dengan langkah ini, semua tanda dan highlight dari Track Changes bakal hilang, seolah-olah nggak ada perubahan sama sekali.

5. Simpan Dokumen

Jangan lupa simpan dokumen setelah semua langkah di atas. Klik File terus Save, atau tekan Ctrl+S di keyboard

Pengertian Perintah Clear All Formatting di Microsoft Word

Pernah nggak, kamu merasa pengen mulai dari awal pas lagi edit dokumen Word? Atau mungkin pengen hapus semua pemformatan yang udah kamu tambahin ke teks?

Nah, perintah Clear All Formatting di Microsoft Word tuh bisa bantu kamu banget.

Apa Itu Clear All Formatting?

Clear All Formatting itu kayak perintah khusus di Microsoft Word yang fungsinya buat ngehapus semua jenis pemformatan di teks yang kamu pilih.

Jadi, perintah ini bakal balikin teksmu jadi kayak semula, polos gitu sesuai pemformatan standar di Word.

Dimana Nemuin Perintah Ini?

Caranya gampang, kamu bisa temuin perintah Clear All Formatting di ribbon Home. Cari aja di grup perintah Font, di situ udah ada perintahnya yang bisa kamu pake.

Gimana Cara Kerjanya?

Kalo kamu klik Clear All Formatting, semua pemformatan yang udah kamu tambahin ke teks, kayak tebel, miring, garis bawah, warna, superskrip, subskrip, dll., bakal hilang.

Teksnya bakal balik ke tampilan standar Word, biasanya pake jenis font “Calibri (Body)” dengan ukuran font 10pt, dan rata kiri.

Apa yang Nggak Keapus?

Yang penting diinget, perintah Clear All Formatting cuma hapus pemformatan yang udah kamu tambahin atau ubah. Pengaturan standar tata letak halaman, misalnya header, footer, atau gaya bullet, yang belum kamu ubah, tetep ada.

Jadi, kalo mau hapus pemformatan buat teks yang pake gaya tertentu, pastiin dulu teksnya ke-select sebelum pake perintah ini.

Kapan Harus Pake Perintah Ini?

Perintah Clear All Formatting bermanfaat banget kalo kamu pengen mulai dari awal, hapus semua pemformatan yang udah kamu tambahin, atau mau bersihin pemformatan tertentu dari teks yang udah dikasih gaya.

Cara Hapus Format Tulisan di Microsoft Word

Menghapus format tulisan di Microsoft Word gak sesusah yang kamu kira. Dengan beberapa langkah simpel, kamu bisa balikin teksmu ke format standar Word. Ayo, ikuti langkah-langkahnya.

  1. Sorot Teks

Langkah pertama, sorot teks yang formatnya mau dihapus.

Bisa dengan klik dan seret kursor mouse di atas teks, atau cepatnya, tekan tombol ‘Shift’ sambil pake tombol panah di keyboard.

  1. Klik “Clear All Formatting”

Setelah teksnya tersorot, arahin kursor ke ribbon “Home”. Cari grup perintah “Font”, di situ ada perintah “Clear All Formatting”.

Klik itu. Dalam sekejap, semua format yang tadinya ada di teks bakal ilang, dan teksmu balik ke format standar Word.

Clear All Formatting

Penting kamu tahu, perintah “Clear All Formatting” cuma hapus format teks, kayak jenis font, ukuran font, warna font, juga efek teks kayak tebal, miring, dan garis bawah.

Format paragraf, kayak jarak antar baris, indentasi, dan penjajaran teks, gak akan kehapus sama perintah ini.

Jadi, kalo yang mau dihapus itu, cari perintah “Clear All” di grup perintah “Paragraph” di ribbon “Home”.

Shortcut Keyboard Hapus Format di Microsoft Word

Lagi nyari cara paling cepat buat hapus semua format di teks Microsoft Word? Jawabannya ada di sini: pakai shortcut keyboard buat perintah Clear All Formatting. Yuk, kita bahas langkah-langkahnya.

  1. Aktifkan Teks

Pertama, sorot teks yang formatnya mau kamu hapus. Caranya bisa dengan klik dan seret kursor mouse di atas teks, atau tekan tombol ‘Shift’ sambil pake tombol panah di keyboard.

Ini langkah penting biar perintah Clear All Formatting bisa jalan dengan baik.

  1. Pake Shortcut Keyboard

Setelah teksnya terpilih, sekarang gunain shortcut keyboard. Tekan tombol ‘Alt’ di keyboard kamu, terus lepas.

Abis itu, tekan tombol ‘H’, lalu lepas. Terakhir, tekan tombol ‘E’, dan lepas.

Taraa! Dengan langkah itu, kamu udah aktifin perintah Clear All Formatting. Semua format di teks yang udah kamu sorot bakal hilang, dan teksmu balik ke format standar Microsoft Word.

Tinggalkan komentar