5+ Langkah Cara Mempercepat Video di Android Tanpa Aplikasi

idpintar.comPasti pernah kepikiran gak, pengen nonton video lebih cepet atau lebih lambat di HP Android kamu, tapi bingung caranya tanpa harus install aplikasi tambahan?

Tenang aja, di sini kita bakal bahas cara gampang buat ngebutin video di Android tanpa ribet! Gue bakal jelasin langkah-langkahnya satu-satu, biar kamu bisa ngikutin dengan mudah dan cepet.

Nih, gue bakal kasih tau lima langkah simpel yang harus kamu lakuin biar bisa nonton video sesuai keinginan kamu.

Mulai dari mengaktifin opsi pengembang, buka setelan animasi, pilih kecepatan video, sesuaikan animasi, sampe ngereset HP, semua langkah ini bakal gue jelasin dengan bahasa yang santai dan enak dibaca. Dengan ngikutin langkah-langkah yang gue bahas, kamu bisa nonton video sesuai keinginan tanpa harus repot-repot install aplikasi tambahan.

Penasaran gimana caranya? Yuk, kita simak artikel ini bareng-bareng dan mulai nikmatin video dengan kecepatan yang kamu mau! Selamat baca, semoga info yang gue kasih berguna ya!

5+ Langkah Cara Mempercepat Video di Android Tanpa Aplikasi
5+ Langkah Cara Mempercepat Video di Android Tanpa Aplikasi

Langkah 1: Aktifin Opsi Pengembang

Sebelum kita terbang ke langkah berikutnya buat ngebutin video di Android tanpa harus install aplikasi tambahan, ada satu hal yang perlu kamu lakukan dulu, yaitu mengaktifkan opsi pengembang.

Cukup ikutin langkah-langkah ini, dan kita bakal lakuin bareng-bareng.

  1. Pertama, buka aplikasi “Pengaturan” di HP Android kamu. Pasti tahu dong, ikon yang kayak roda gigi? Nah, itu dia yang harus kamu buka!
  2. Selanjutnya, geser ke bawah dan cari menu “Tentang ponsel” atau “Tentang perangkat.” Biasanya, menu ini ada di bagian paling bawah, jadi gak bakal susah dicari.
  3. Oke, sekarang kita mau cari “Nomor build.” Begitu ketemu, kita tinggal ketuk item ini sebanyak 7 kali. Kenapa tujuh kali? Gak usah bingung, nanti bakal muncul pesan yang bilang “Kamu sekarang jadi pengembang!” Lumayan kan, tiba-tiba jadi pengembang, haha.

Jadi, sekarang opsi pengembang udah aktif di HP Android kamu. Mudah banget, kan? Nah, dengan opsi pengembang ini, kita bisa masuk ke beberapa setting yang biasanya tersembunyi, termasuk setting animasi buat ngebutin vide

Langkah 2: Buka Pengaturan Animasi

Selamat, kita udah berhasil menghidupin opsi pengembang! Sekarang, kita lanjut ke langkah berikutnya buat ngebutin video di Android tanpa perlu install aplikasi, yaitu buka pengaturan animasi.

Santai aja, langkah ini juga gak sulit kok. Yuk, kita coba bareng-bareng!

  1. Pertama, buka lagi aplikasi “Pengaturan” yang tadi kita buka. Ingat dong, ikon roda gigi itu? Kali ini, kita cari menu baru yang muncul setelah kita aktifin opsi pengembang tadi. Biasanya, menu ini namanya “Opsi pengembang” atau “Developer options.”
  2. Klik menu itu buat buka. Di dalam menu “Opsi pengembang,” bakal ada banyak setting menarik. Tapi, sekarang kita fokus dulu ke bagian “Animasi” atau “Window animation scale.”
  3. Jadi, cari aja bagian itu, dan kita siap melangkah ke langkah selanjutnya. Nah, sekarang kamu udah berhasil buka pengaturan animasi di HP Android kamu.

Gampang, kan? Dengan ngakses setting ini, kita bisa atur kecepatan animasi di HP kita, termasuk kecepatan video yang lagi kita tonton.

Langkah 3: Pilih Kecepatan Video yang Kamu Mau

Yuk, kita lanjut ke langkah ketiga! Kali ini, kita bakal bahas gimana cara pilih kecepatan video yang kamu pengen.

Asik kan, bisa nonton video dengan kecepatan yang berbeda? Santai aja, kita bakal bahas bareng-bareng, dan pasti kamu bisa ngelakuin ini dengan gampang!

Di setting animasi yang tadi kita buka, kamu bakal nemuin beberapa pilihan kecepatan video. Ini dia pilihannya:

  1. Kecepatan 0.5x: Kalo kamu pilih yang ini, videomu bakal diputer setengah dari kecepatan aslinya. Bagus nih buat yang suka ngejar setiap detil video atau mau liat gerakan yang susah ditangkap kalo kecepatan biasa.
  2. Kecepatan 1x: Ini kecepatan asli dari video. Jadi, kalo kamu mau nonton video kayak biasanya, pilih yang ini aja.
  3. Kecepatan 1.5x: Dengan kecepatan ini, videomu bakal diputer 1,5 kali lebih cepat dari aslinya. Cocok buat yang mau nonton video lebih cepet tanpa kehilangan info penting.
  4. Kecepatan 2x: Mau nonton video dengan kecepatan dua kali lipat dari aslinya? Pilih aja kecepatan 2x ini! Pas buat yang mau nonton video cepet atau cari bagian tertentu dalam video.

Langkah 4: Sesuaikan Animasi

Di sini, kita bakal bahas cara nyesuaikan beberapa setting animasi biar video yang kamu tonton jalan mulus sesuai kecepatan yang udah kamu pilih.

Gak perlu khawatir, kita akan bimbing kamu satu langkah demi satu langkah, pasti bisa kok!

Ada tiga setting animasi yang perlu kita atur, yaitu:

  1. Skala Animasi Jendela (Window Animation Scale): Pengaturan ini bikin animasi buat jendela, misalnya pas kamu buka atau tutup aplikasi. Sesuaikan setting ini sama kecepatan video yang udah kamu pilih tadi. Caranya gimana? Gampang aja, geser-geser slider di setting animasi ini sesuai yang kamu mau.
  2. Skala Animasi Transisi (Transition Animation Scale): Setting ini atur animasi waktu pindah antar aplikasi atau layar, lho! Pastiin juga kamu sesuaikan setting ini sama kecepatan video yang udah kamu pilih. Caranya sama, tinggal geser slider di setting animasi ini.
  3. Skala Durasi Animasi (Animator Duration Scale): Yang terakhir, setting ini atur durasi animasi di HP kamu. Sesuaikan setting ini sama kecepatan video yang kamu mau. Gampang banget, tinggal geser slider di setting animasi ini, kamu bakal langsung liat perubahannya.

Langkah 5: Atur Ulang Perangkat

Selamat, kita udah sampai di langkah terakhir buat mempercepat video di Android tanpa perlu aplikasi tambahan. Di langkah ini, kita bakal bahas cara atur ulang perangkat biar semua pengaturan yang udah kita atur sebelumnya bisa jalan dengan lancar.

Santai aja, langkah ini gampang banget dan nggak bikin pusing kok. Ayo, kita lakukan bareng-bareng Sobat!

Pertama-tama, tutup semua aplikasi yang lagi nyala. Caranya, tekan tombol ‘Overview’ atau ‘Recent Apps’ di HP kamu, terus sapu aplikasi ke kiri atau kanan buat nutupin. Ini penting biar semua setting yang udah kita ubah tadi bisa berlaku pas kita buka aplikasi lagi nanti.

Selanjutnya, kita perlu restart HP Android kamu. Caranya, tekan dan tahan tombol ‘Power’ di sisi HP kamu. Nanti bakal muncul opsi ‘Restart’ atau ‘Reboot’ di layar. Pilih aja opsi itu dan tunggu sampe HP kamu nyala lagi.

Setelah HP nyala lagi, coba buka aplikasi pemutar video yang biasa kamu pakai. Sekarang, pasti kamu bakal liat video yang kamu tonton jalan sesuai kecepatan yang udah kamu atur tadi. Asyik, kan?

Nah, sekarang udah berhasil nih mempercepat video di Android tanpa harus pakai aplikasi tambahan

Selamat mencoba Sobat!

Tinggalkan komentar