5 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Memory Card HP Android

idpintar.com Pernah nggak, kamu tuh kehilangan video penting di HP Android, entah gara-gara sengaja dihapus, kena virus, atau ada masalah sistem? Pasti deh langsung panik!

Tapi gak usah khawatir, sekarang ada cara mudah buat balikin video yang tadi hilang. Di sini, kami bakal kasih tau kamu tentang aplikasi-aplikasi keren yang bisa bantu kamu pulihkan video yang ilang, seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, Dr.Fone, Recuva, dan PhotoRec.

Ada yang bisa langsung dipakai di HP Android, ada juga yang bisa lewat PC.

Jadi, ayo simak baik-baik!

5 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Memory Card HP Android
5 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Memory Card HP Android

Penyebab Video Hilang

  1. Tidak Sengaja Menghapus Video: Siapa sih yang nggak pernah alami ini? Kadang, kita tanpa sengaja malah menghapus video yang sebenernya penting. Kejadian kayak gini bisa jadi salah satu penyebab video kamu hilang dari memory card.
  2. Serangan Virus atau Malware: Virus atau malware yang menginfeksi memory card bisa menyebabkan video kamu terhapus. Makanya, penting banget untuk selalu menjaga keamanan HP Android dan memory card kamu dengan antivirus yang handal.
  3. Kesalahan Sistem saat Transfer Video: Kadang, saat kita transfer video dari satu tempat ke tempat lain, ada kesalahan sistem yang bisa bikin video jadi terhapus. Agar nggak kejadian lagi, pastikan HP Android kamu selalu up-to-date, ya!
  4. Memory Card Bermasalah: Memory card yang rusak atau nggak kompatibel dengan HP Android kamu juga bisa jadi penyebab video terhapus. Penting banget untuk selalu menggunakan memory card yang berkualitas dan kompatibel dengan HP kamu.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Memory Card HP Android

Mau tahu cara mengembalikan video yang terhapus di memory card HP Android? Tenang aja, ada dua cara yang bisa kamu coba: pakai aplikasi pemulihan langsung di HP Android atau lewat PC.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan

Ada beberapa aplikasi pemulihan yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan video yang terhapus di memory card HP Android. Salah satunya adalah DiskDigger.

DiskDigger

DiskDigger siap membantu dengan cara yang simpel dan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan Instal DiskDigger: Cari “DiskDigger” di Google Play Store, unduh, dan instal. Gampang banget, kan?
  2. Buka Aplikasi dan Beri Izin: Setelah terinstal, buka DiskDigger dan beri izin yang diminta. Izin ini diperlukan agar DiskDigger bisa mencari video yang terhapus. Klik “Izinkan” aja.
  3. Pilih Partisi Memory Card: Pilih partisi memory card HP Android kamu untuk mulai pemindaian. DiskDigger akan mencari video yang terhapus dengan cermat.
  4. Tunggu dan Pilih Video: Sabar, proses pemindaian membutuhkan beberapa menit. Setelah selesai, DiskDigger akan menampilkan daftar video yang bisa dikembalikan. Pilih video yang ingin kamu pulihkan.
  5. Simpan Video yang Sudah Ditemukan: Setelah menemukan video yang dicari, tinggal simpan di lokasi yang kamu inginkan, baik di internal storage HP Android atau tempat lain.

EaseUS MobiSaver

Udah coba berbagai cara tapi video yang terhapus masih belum bisa kembali? Jangan khawatir, karena EaseUS MobiSaver hadir untuk menyelamatkanmu.

  1. Unduh dan Instal EaseUS MobiSaver: Pertama-tama, unduh dan instal EaseUS MobiSaver dari Google Play Store. Cari “EaseUS MobiSaver” di kolom pencarian, lalu unduh dan instal. Mudah banget, kan?
  2. Buka Aplikasi dan Kasih Izin: Setelah terinstal, buka aplikasi EaseUS MobiSaver. Kamu akan diminta memberikan beberapa izin yang penting untuk membantu proses pemulihan video yang terhapus. Klik “Izinkan” aja, ya!
  3. Pilih Mode Pemindaian: Di aplikasi EaseUS MobiSaver, kamu akan menemukan beberapa mode pemindaian. Pilih mode yang sesuai dengan kondisi video yang terhapus. Misalnya, “Pemindaian Cepat” buat kasus yang simpel atau “Pemindaian Mendalam” buat kasus yang kompleks.
  4. Mulai Proses Pemindaian: Setelah memilih mode pemindaian, tekan tombol “Mulai” dan biarkan EaseUS MobiSaver bekerja. Proses pemindaian mungkin memakan waktu, jadi bersabarlah, ya!
  5. Pilih Video yang Mau Dikembalikan: Setelah pemindaian selesai, EaseUS MobiSaver akan menampilkan daftar video yang bisa dikembalikan. Periksa video satu per satu, lalu pilih video yang ingin kamu pulihkan.
  6. Simpan Video yang Ditemukan: Udah nemu video yang kamu cari? Saatnya simpan di lokasi yang kamu mau. Kamu bisa memilih untuk menyimpannya di internal storage HP Android atau tempat lain yang kamu suka.

Dr.Fone

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan Dr.Fone:

  1. Unduh dan Instal Dr.Fone: Pertama, kamu harus mengunduh dan menginstal Dr.Fone dari Google Play Store. Cukup ketik “Dr.Fone” di kolom pencarian, lalu unduh dan instal aplikasinya. Gampang banget, kan?
  2. Buka Aplikasi dan Beri Izin: Setelah aplikasi terinstal, buka Dr.Fone, dan kamu akan diminta memberikan beberapa izin. Jangan khawatir, izin-izin ini diperlukan biar Dr.Fone bisa bekerja dengan maksimal. Klik “Izinkan” aja, ya!
  3. Pilih “Pemulihan Data”: Di aplikasi Dr.Fone, pilih opsi “Pemulihan Data” untuk mulai proses pemindaian. Siap-siap, ya, karena Dr.Fone akan bekerja keras mencari video yang terhapus di memory card HP Android kamu.
  4. Tunggu Proses Pemindaian: Sabar dulu, nih! Proses pemindaian mungkin akan memakan waktu beberapa menit, tergantung pada banyaknya data yang ada. Tetap bersabar, ya, karena Dr.Fone sedang bekerja dengan sungguh-sungguh!
  5. Pilih Video yang Mau Dikembalikan: Setelah proses pemindaian selesai, Dr.Fone akan menampilkan daftar video yang bisa dikembalikan. Cermati video satu per satu, lalu pilih video yang ingin kamu kembalikan.
  6. Simpan Video yang Udah Ditemukan: Pas udah menemukan video yang kamu cari, tinggal simpan deh di lokasi yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih untuk menyimpannya di internal storage HP Android atau di tempat lain yang lebih aman.

Melalui PC

Alternatif lain untuk mengembalikan video yang terhapus adalah dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan data di PC. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan:

Recuva

Ingin mencoba cara lain untuk mengembalikan video yang terhapus? Recuva bisa jadi solusinya! Recuva adalah perangkat lunak pemulihan data yang bisa kamu gunakan melalui PC untuk memulihkan foto dan video yang hilang dari kartu SD, loh.

  1. Unduh dan Instal Recuva di PC
  2. Sambungkan Memory Card ke PC
  3. Buka Recuva dan Pilih Lokasi Memory Card
  4. Mulai Proses Pemindaian
  5. Pilih Video yang Ingin Dikembalikan
  6. Simpan Video yang Sudah Ditemukan

PhotoRec

Mau tau rahasia para ahli IT dalam mengembalikan video yang terhapus? Kenalin nih, PhotoRec! PhotoRec adalah perangkat lunak pemulihan data gratis dan open source yang bisa jadi andalanmu.

  1. Unduh dan Instal PhotoRec di PC
  2. Sambungkan Memory Card ke PC
  3. Buka PhotoRec dan Pilih Partisi Memory Card
  4. Mulai Proses Pemindaian
  5. Pilih Video yang Ingin Dikembalikan
  6. Simpan Video yang Sudah Ditemukan

Nah, itulah cara untuk mengembalikan video yang terhapus. Meski terlihat sederhana, tetap bisa menjadi solusi handal untuk masalah video yang terhapus. Semoga berhasil ya!

Tinggalkan komentar