5 Aplikasi Penyimpanan Awan Terbaik

5 Aplikasi Penyimpanan Awan Terbaik. Memori HP penuh adalah sesuatu yang menyebalkan, kali ini kita akan membahas Aplikasi Cloud yang bisa diandalkan saat memori Ponsel penuh. Pada saat, penyimpanan awan atau yang biasa dikenal dengan nama cloud storage adalah suatu aplikasi yang wajib ada di smarphone android yang akan berguna untuk menunjang penyimpanan. Itu dikerenakan, Kalian tidak akan mungkin membawa hard-drive ke mana saja.

Sekarang kamu dapat memanfaatkan Cloud Storage, sebuah layanan penyimpanan file di internet yang mana kamu dapat meng-upload dan backup file, baik berupa foto, video, dan dokumen lainnya. File yang disimpan di Cloud Storage dapat dikelola dari mana saja selama kamu terhubung internet. Berikut IdPintar rangkum 5 Aplikasi Cloud Storage terbaik, untuk menghemat ruang memori di smartphone atau tablet kamu.

Penggunaan aplikasi penyimpanan awan juga bisa membantu meringankan kinerja HP karena banyaknya file penting di dalamnya yang menghabiskan banyak ruang pada smartphone tersebut. Bukan itu saja, penggunaan aplikasi penyimpanan awan ini juga bisa mengamankan data-data penting tanpa harus terhapus secara tidak sengaja.

Berikut adalah daftar Aplikasi Penyimpanan Awan :

1. Aplikasi Penyimpanan Awan Google Drive

Rekomendasi layanan penyimpanan cloud pertama yang dapat Anda coba adalah Google Drive. Rasanya tidak asing lagi bukan ketika Anda mendengar nama aplikasi satu ini?

Bagaimana tidak, Google Drive merupakan layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa, Google. Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat yang berbeda, dan saling berbagi berkas melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki.

Dapat digunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis, Google Drive memberikan fasilitas layanan penyimpanan data dengan maksimum kapasitas 15 GB. Namun, Google Drive juga menyediakan layanan berbayar apabila Anda merasa kurang cukup dengan 15 GB penyimpanan, Anda dapat melakukan upgrade penyimpanannya menjadi 50 GB, 100 GB, bahkan hingga 2 TB.

Terdapat beberapa fungsi yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan Google Drive, diantaranya menyimpan file, berbagi file, menyimpan link,backup file, backup chat WhatsApp, membuat catatan dari Google Keep, dan masih banyak lagi.

2. Aplikasi Penyimpanan Awan Dropbox

layanan Aplikasi Penyimpanan Awan berkas untuk menempatkan, mengakses, dan membagikan file secara online. Anda cukup mengunggah file ke server Dropbox, lalu membukanya melalui website atau aplikasi dari platform yang kompatibel.

Dropbox menawarkan fitur kolaborasi dan versioning, yang memungkinkan Anda berbagi file serta melacak perubahan file tersebut. Selain itu, ada juga fitur sinkronisasi otomatis agar versi terbaru file selalu tersedia di semua perangkat.

  • Kelebihan Dropbox:

Dapat mentransfer file hingga ukuran 100 GB.

Mampu mengatur penyimpanan lokal yang digunakan pada perangkat.

Dukungan terhadap berbagai ekstensi file, termasuk format RAW yang biasa digunakan di kamera.

Mendukung hingga 300 ribu integrasi aplikasi dan layanan pihak ketiga.

  • Kekurangan Dropbox:

Reputasi sedikit tercoreng akibat kasus kebocoran data pelanggan.

Harga yang relatif mahal dibandingkan layanan cloud storage lain dengan kapasitas serupa.

Opsi penyimpanan gratis hanya memiliki storage sebesar 2 GB.

Fitur kolaborasi tidak selengkap OneDrive, aspek produktivitas tidak sefleksibel Google Drive.

3. One Drive

Aplikasi yang selanjutnya adalah Aplikasi Penyimpanan Awan yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft Corp. bernama OneDrive. Layan cloud storage miliki Microsoft Corp. ini sudah ada sejak 2007 silam, namun mengalami berbagai perubahan nama hingga tahun 2014 ditetapkan nama OneDrive. Sama seperti layanan Google Drive, OneDrive ini memiliki kemampuan untuk menampung, melihat, mengedit, mengakses, membagikan, berbagai file Anda dari perangkat mana pun dan kapan pun Anda memerlukannya.

OneDrive ini juga terintegrasi dengan layanan aplikasi Microsoft lain, seperti Microsoft Office 365 yang akan mempermudah pekerjaan dalam menyimpan berkas dan juga mengamankan berkas-berkas yang Anda kerjakan. Anda juga bisa membuka berkas itu kapan pun Anda membutuhkannya, sekalipun dengan perangkat yang berbeda. Untuk paket penggunaannya sendiri, Microsoft menyediakan beberapa paket untuk Anda. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

4. Copy

Copy adalah salah satu Aplikasi Penyimpanan Awan Android penyedia layanan penyimpanan online. Meskipun kurang terkenal, namun aplikasi ini sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur upload foto secara otomatis dan dapat diakses bersama atau berbagi lebih mudah melalui fitur folder-sharing.

Salah satu fitur baru yang menarik adalah dukungan Chromecast. Sehingga kamu dapat melakukan streaming musik, foto, dan video dari perangkat kamu langsung ke TV, hanya dengan menekan ikon Chromecast di Copy. Bagi kebanyakan orang ini mungkin hanyalah fitur standar pada Android, namun bagi pengguna Copy fitur ini cukup penting dan menguatkan Copy untuk menjadi pilihan alternatif yang tepat untuk digunakan.

5. Box

Box Didirikan tahun 2006, Box adalah salah satu perusahaan penyedia layanan berbagi berkas dan manajemen konten daring yang berpusat di Redwood City, California. Perusahaan ini menggunakan model bisnis freemium untuk menyediakan layanan penyimpanan awan dan penyimpanan berkas untuk pribadi dan bisnis. Box juga menawarkan tiga jenis akun: Perusahaan, Bisnis, dan Pribadi.

Box dapat dikatakan sebagai layanan penyimpanan cloud yang cukup populer di kalangan bisnis dan perusahaan. Terdapat banyak aplikasi manajemen file yang sudah terintegrasi dengan Box. Pengguna baru bisa mendaftar akun pribadi secara gratis dan akan mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. Namun jika Anda merasa kurang, Anda dapat mengeluarkan sedikit biaya untuk dapat mengupgrade-nya menjadi 100 GB.

Dengan menggunakan Box, pengguna dapat mengundang orang lain untuk melihat atau mengedit file sercara bersamaan, mengunggah dokumen dan foto ke folder file bersama (dan dengan demikian membagikan dokumen tersebut di luar Box), dan memberikan hak kepada pengguna lain untuk melihat file bersama.

Nah, setelah mengetahui beberapa pilihan media penyimpanan cloud yang populer, kira-kira mana yang kamu pilih? Share jawabannya di kolom komentar, ya!

Tinggalkan komentar