3 Cara Membuat Gambar AI di Midjourney

idpintar.com – Kamu pasti sudah dengar tentang Mid Journey AI kan? Teknologi AI keren ini lagi jadi perbincangan seru di internet. Kamu tahu, kecerdasan buatan ini bisa membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Nah, selain bikin tulisan, AI juga bisa menciptakan gambar, lho, pake teknologi GAI, alias Generative Artificial Intelligence.

GAI itu sungguh luar biasa, deh! Sistem ini bisa belajar sendiri buat menuntaskan berbagai tugas di banyak bidang. Midjourney, salah satu perusahaan hebat, jadi pengembang utama teknologi ini. Mereka bener-bener bikin solusi canggih buat bikin gambar dengan otak buatan.

Dengan Mid Journey AI, bikin gambar jadi gampang dan efisien. Teknologi AI yang mereka punya bisa bikin gambar bagus banget dengan cepat banget. Kamu bisa pakai teknologi ini buat apa aja, mulai dari bikin desain keren, sampe bikin konten visual yang memikat.

3 Cara Membuat Gambar AI di Midjourney
3 Cara Membuat Gambar AI di Midjourney

Cara Membuat Gambar AI di Midjourney

Kamu pernah dengar tentang Midjourney AI gak? Nah, Midjourney ini adalah semacam laboratorium eksperimen yang didirikan oleh David Holz. Sebelum ngebuat Midjourney, David Holz adalah salah satu pendiri Leap Motion, yang bikin teknologi buat ngeliat gerakan tangan di komputer dan headset VR pada tahun 2010.

Jadi, sekarang, David Holz bermain-main di Midjourney buat eksplorasi ide-ide baru dan mengasah imajinasi kita. Mereka fokus banget pada desain, teknologi buat manusia, dan kecerdasan buatan. Nah, di Midjourney, mereka nyambungin teknologi AI sama seni buat bikin karya visual dengan gampang dan cepat. Kamu bisa ngubah tulisan jadi gambar di sana. Dalam hitungan maksimal 60 detik, Midjourney bisa bikin gambar 3D CGI yang bisa nunjukin emosi, cerita dari masa ke masa, atau berbagai jenis visual lainnya.

Midjourney punya beberapa pesaing, kayak DALL-E 2 dan Stable Diffusion. Bedanya, DALL-E 2 bikin gambar yang lebih mirip foto, sementara Midjourney lebih suka bikin gambar yang keren secara seni. Kalau dibandingin sama Stable Diffusion, Midjourney punya kualitas gambar lebih baik, tapi juga harganya lebih mahal.

Mereka mulai coba-coba pertama kali di Maret 2022, terus udah rilis versi 2, 3, dan alfa versi 4 di bulan-bulan berikutnya. Ternyata, hasil jerih payah mereka juga ngehasilin keuntungan finansial di Agustus 2022. Keren, kan?

Mau tahu berapa biayanya kalau kamu mau berlangganan Midjourney?

Awalnya, mereka kasih versi percobaan gratis buat bikin 25 gambar, tapi sekarang cuma bisa bikin 4 gambar aja.

Kalo kamu udah habis percobaannya, kamu bisa berlangganan paket berbayar. Kamu bisa bayar bulanan atau tahunan.

Biayanya tergantung seberapa lama GPU atau Graphics Processor Unit Midjourney butuh buat bikin gambar yang kamu minta. Semakin bagus gambar yang kamu mau, semakin lama prosesnya. Kalo kamu mau gambar yang lebih bagus, kamu bisa bayar ekstra biaya buat waktu tambahan.

Mau tahu gimana caranya pake Midjourney?

  • Registrasi atau Login ke Akun Discord

Buat pake Midjourney, kamu perlu punya akun Discord dulu. Semua perintah buat bikin gambar Midjourney dilakukan lewat Discord.

  • Bergabung di Midjourney

Buka laman https://www.midjourney.com/home/ di browser kamu. Di sana, kamu bakal liat beberapa perintah. Klik ‘Join the Beta’ buat nerima undangan dari Midjourney. Begitu udah dapet undangannya, klik ‘Accept Invite’ buat gabung di server Midjourney di Discord.

  • Ubah Teks Jadi Gambar

Nah, setelah kamu masuk ke server Midjourney AI, kamu bakal liat banyak channel di sebelah kiri layar Discord. Pilih salah satu channel buat gabung.

Setelah kamu gabung, kamu bisa ketik perintah buat bikin gambar di kolom chat di bawah layar Discord. Perintahnya biasanya diawali dengan… (sisanya gak dijelaskan di artikel)

/imagine (prompt)…

Ketika kamu ketik perintah itu, nanti akan muncul kotak perintah yang punya banyak kata-kata keren dalam Bahasa Inggris. Pilih kata-kata yang sesuai dengan ide kamu.

Tapi, inget ya, Midjourney gak boleh buat gambar yang kasar atau gambar dewasa.

Kalo kamu baru pertama kali pake Midjourney, kamu bakal diminta setuju sama aturan-aturan mereka. Kalo setuju, klik ‘Accept ToS’. Terus, tunggu sebentar sambil Midjourney bikin gambar kamu.

Setelah selesai, kamu bisa liat hasil gambar yang ada hubungannya sama teks yang kamu masukin. Ada banyak variasi gambar. Selain itu, kamu juga bisa zoom in, coba variasi lain, atau bahkan upload gambar itu.

Bisa Gak Sih Orang Lain Liat Gambar yang Kamu Buat Pake Mid Journey AI?

Jadi, kamu punya kontrol buat nentuin siapa aja yang boleh liat hasil gambar yang kamu buat pake Midjourney. Kamu bisa pilih biar semua orang bisa liat, atau kamu bisa pilih buat gambar kamu cuma bisa diliat sama kamu sendiri kalo kamu pengen privasi.

Gimana Sih Hak Cipta Gambar yang Dibuat Pake Mid Journey AI?

Banyak orang jadi bingung soal status seni gambar yang keluar dari Midjourney. Ada perdebatan soal ini karena sebenernya ide gambar itu dateng dari penggunanya, tapi teknologi GAI yang kerjain. Terus, soal hak cipta juga jadi permasalahan.

Banyak yang pikir kalo gambar dari Midjourney bisa langsung dijual kayak di NFT marketplace, tapi ternyata gak semudah itu. Berdasarkan Terms of Service yang Midjourney buat pada 23 Februari 2022, hak cipta gambar yang dibuat jadi punya Midjourney. Gambar itu juga bisa dipake sama orang lain.

Kalo akun Midjourney-nya pribadi, kamu bisa pake gambar itu buat hal-hal pribadi, tapi ada aturannya kalo mau pake buat bisnis.

Kalo akunnya perusahaan yang dapet pendapatan lebih dari $1.000.000 USD per tahun, kamu harus bayar paket Pro. Kalo gak bayar, gambar yang kamu hasilin gak bisa jadi milik kamu.

Tapi, Midjourney juga kasih lisensi untuk gambar itu dengan Lisensi Internasional Atribusi Creative Commons Noncommercial 4.0. Artinya, ada aturan yang harus dipatuhi buat gambar itu gak dipake untuk komersial.

Apakah Midjourney Bakal Gantikan Desainer Grafis Profesional?

Nah, pertanyaannya sekarang, apakah yang bikin gambar lewat Midjourney bisa dianggap kreatif? Kreativitas tuh gak cuma soal gambar atau lukis doang, tapi juga soal ngubah kata-kata jadi gambar pake teknologi.

Midjourney emang bisa bikin gambar dalam waktu cepat. Teknologi kayak gini pasti makin canggih dan bikin gambar yang makin oke.

Tapi inget ya, kalo kamu mau gambar yang sesuai banget sama keinginan kamu, itu cuma bisa didapetin dari bantuan manusia atau desainer profesional. Jadi, gimana nih, kamu tertarik gak buat bikin gambar pake Midjourney AI?

Dengan Mid Journey AI, bikin gambar jadi cepet dan gampang. Teknologi AI ini bisa bantu kamu bikin gambar berkualitas tinggi dengan cepat dan efisien. Jadi, kalo lagi nyari cara buat bikin gambar AI dengan mudah, coba deh Mid Journey AI, bisa jadi pilihan yang bagus buat kamu.

Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar