3 Cara Instal Ulang Windows dengan Mudah

Cara Instal Ulang Windows dengan MudahSaat Anda ingin instal ulang Windows tentu saja akan membutuhkan perangkat penyimpanan yang akan digunakan untuk menyimpan file Windows tersebut dan di bawah ini merupakan 3 cara instal ulang Windows. Umunnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk instal ulang Windows sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Contoh tips instal ulang Windows yang bisa dilakukan adalah melalui hardisk, CD drive dan flashdisk yang caranya bisa Anda ikuti sebagai berikut.

3 Cara Instal Ulang Windows dengan Mudah
3 Cara Instal Ulang Windows dengan Mudah

Panduan Instal Ulang Windows dengan Hardisk

Panduan instal ulang Windows dengan menggunakan hardisk dengan mudah dan benar adalah:

1.     Membuat Partisi Baru

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk melakukan instal ulang Windows melalui hardisk adalah membuat partisi baru. Caranya adalah dengan membuka Disk Management dengan cara pencek Windows + R dan kemudian mengetikkan diskmgmt.msc. Buatlah partisi baru dengan cara klik kanan di partisi yang telah tersedia dan memilih Shrink Volume.

Anda harus menentukan kapasitas sesuai dengan keinginan dan setelah jadi partisi tersebut belum dapat dipakai karena Anda harus mengaktifkan dengan cara klik kanan dan memilih New Simple Volume. Di langkah ini Anda bisa pilih next dan sekarang Anda sudah memiliki partisi baru.

2.     Ekstrak File iso ke dalam Partisi Hardisk

Setelah Anda berhasil membuat partisi baru dengan cara di atas, kemudian Anda bisa melakukan extract file iso Windows 7, 8 atau 10 yang Anda miliki ke dalam partisi hardisk baru tersebut. Setelah Anda selesai melakukan ekstrak sejumlah file tersebut dan jangan sampai menjadikan semua filenya jadi satu folder.

3.     Menginstal EasyBCD dan Pengaturan

Cara instal ulang Windows berikutnya lagi adalah instal EasyBCD dan pengaturan terlebih dahulu. Setelah berhasil instal software EasyBCD, tinggal membuka aplikasinya dan melakukan beberapa pengaturan. Pengaturan yang perlu Anda ubah adalah di menu utama memilih Add New Entry dan kemudian ke tab Portable atau External media.

Pilihlah tab WinPE dan berikan nama di instalernya, pada kolom Path Anda dapat klik ikon yang tersedia dan kemudian mencari boot.wim pada partisi yang baru pada folder Source. Apabila langkah tersebu sudah Anda lakukan tinggal klik Add Entry.

Agar Anda bisa melihat hasilnya bisa klik View Setting dan apabila sudah muncul, Anda bisa restart PC dan memilih booting yang Anda buat sebelumnya. Setelah selesai instal, Anda bisa hapus opsi bootable dari menu System Configuration. Agar bisa masuk ke dalam menu tersebut Anda bisa klik Windows + E dan kemudian memilih Boot, kemudian Anda dapat menghapus bootlabe yang telah Anda buat tadi.

Begitulah cara instal ulang Windows dengan hardisk dengan mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan.

Panduan Instal Ulang Windows dengan CD Drive

Bagi Anda yang ingin tahu cara instal ulang Windows perlu mengatur BIOS di PC atau laptop dengan cara :

1.     Nyalakan Perangkat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan laptop atau PC yang akan Anda instal ulang Windows-nya terlebih dahulu.

2.     Masuk ke Menu BIOS

Masuklah ke dalam menu BIOS dengan cara tekan tombol F2 secara cepat dan sejumlah laptop bisa dilakukan juga dengan cara tekan Esc. F1, F10 maupun Del. Beberapa laptop juga dapat menekan tombol fn + F1/F2 secara bersamaan.

3.     Mengatur Booting Awal

Setelah Anda masuk ke dalam meni BIO, kemudian tinggal mengatur booting awal pada menu tab Boot dan memilih Boot pertama jadi CD-Rom Drive maupun Flashdisk sesuai dengan keinginan Anda.

4.     Simpan Pengaturan BIOS

Simpanlah pengaturan BIOS dengan cara memilih tab Exit dan Save Configuration Changes, kemudian memilih Yes. Setelah itu, restart ulang laptop Anda dan melakukan booting ulang. Pastikan Anda memasukkan CD yang sudah berisi installer Windows.

Setelah Anda melakukan pengaturan BIOS, kemudian tinggal mengikuti cara instal ulang Windows berikut ini:

1.     Memasukkan CD yang berisi Installer Windows 7 ke dalam CD ROM

Masukan CD yang sudah berisi installer Windows 7 ke dalam CD ROM untuk memulai proses instal ulang PC.

2.     Menyalakan PC

Nyalakan PC dengan BIOS yang telah diatur untuk melakukan booting awal ke dalam CD ROM. PC akan otomatis booting awal dan klik tombol yang mana saja di keyboard dengan cepat. Apabila tidak Anda klik dengan cepat, akan menyebabkan PC restart lagi.

3.     Proses Loading Files

Tunggu beberapa saat untuk proses loading file dan setelah selesai masuklah ke dalam jendela instalasi dan kemudian memilih English. Next.

4.     Proses Instalasi

Klik Instal Now dan kemudian akan melakukan proses instalasi. Tunggu beberapa saat dan setelah muncul tab baru, klik I accept the license terms, dan klik Next untuk melakukan proses instalasi. Di tahap selanjutnya Anda bisa memilih Custom Advanced supaya instalasi Windows 7 hapus seluruh sistem yang lama jadi sistem baru.

5.     Membuat Partisi

Cara instal ulang Windows dengan CD Drive selanjutnya lagi adalah Anda bisa membuat partisi baru pada hard disk dan klik Drive Options. Hapus partisi yang sudah ada dan hal ini akan menghapus seluruh data-data yang lama. Pilih New untuk buat partisi yang baru.

1.     Klik Next

Setelah membuat partisi baru, kemudian Windows otomatis membuat partisi System Reserved dan klik next. Tunggulah sampai proses transfer file selesai dan akan melakukan proses instalasi. Apabila transfer file selesai, kemudian PC akan melakukan restart secara otomatis.

2.     Keluarkan CD

Keluarkan CD jika prosesnya sudah selesai dan proses instalasi akan dilanjutkan lagi. Anda jangan klik apa pun sampai prosesnya selesai.

3.     Pengisian Data

Setelah proses instalasi Windows selesai, PC otomatis melakukan restart dan kemudian Anda akan diminta mengisi data pengguna. Tambahkan password apabila Anda ingin memakainya dan masukkan juga Product dari Windows 7 apabila belum ada bisa pilih Skip.

4.     Pengaturan Rekomendasi

Anda bisa melakukan pengaturan rekomendasi pada Uses Recommended Settings. Aturlah tanggal tanggalnya dan proses instalasi Windows telah selesai.

Panduan Instal Ulang Windows dengan Flashdisk

Panduan atau cara instal ulang Windows dental flashdisk melalui flashdisk adalah:

1.     Hubungkan Flashdisk ke PC

Langkah pertama untuk instal ulang Windows dengan flashdisk adalah hubungkan flashdisk ke PC.

2.     Buka Manajemen Disk

Langkah kedua adalah membuka manajemen disk dengan cara klik kanan di mulai dan memilih manajemen disk.

3.     Format dan Atur Partisi

Langkah atau cara instal ulang Windows ketiga adalah format partisi dengan cara klik kanan partisi drive USB dan kemudian memilih format. Pilihlah sistem file FAT32 agar bisa melakukan booting PC yang berbasis BIOS maupun UEFI. Setelah itu, aturlah partisi dengan cara klik kanan partisi drive dan klik tandai partisi aktif.

4.     Pakai File Explorer

Langkah keempat adalah Anda bisa menggunakan file explorer untuk melakukan penyalinan dan penempelan semua konten DVD maupun ISO produk Windows ke dalam flashdisk.

5.     Hubungkan Flashdisk dengan PC

Langkah kelima adalah hubungkan flashdisk dengan PC dan kemudian menyalakan PC. Tekan tombol untuk membuka menu pilihan boot PC dan pengaturan Windows akan dimulai. Setelah selesai, lepaskan flashdisk.

Demikian informasi mengenai cara instal ulang Windows dengan beberapa cara yang berbeda.

Tinggalkan komentar