11 Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

11 Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop – Hai, kamu mau tau caranya mengubah latar belakang foto dengan Photoshop dengan cepat dan mudah? Jangan khawatir! Kamu bisa mulai dengan mengatur foto yang ingin kamu edit.

Pastikan kamu menyesuaikan kecerahan, paparan, saturasi, tingkat warna, bayangan, sorotan, dan juga efek HDR-nya. Jangan lupa, langkah awal yang penting adalah mempersiapkan foto dengan benar sebelum melakukan penggantian latar belakang.

Meskipun kamu bukan ahli desain grafis, percayalah pada intuisimu untuk menyempurnakan foto. Jangan takut mencoba! Dengan begitu, hasil akhir editanmu akan tampak lebih sempurna.

11 Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop
11 Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

Kenapa Photoshop?

Penggunaan Photoshop memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer ketika ingin mengganti background foto atau melakukan berbagai jenis editan gambar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak orang memilih menggunakan Photoshop:

  1. Kontrol Penuh: Photoshop memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk melakukan berbagai jenis perubahan pada foto. Kamu bisa mengatur cahaya, warna, saturasi, dan banyak elemen lainnya dengan detail yang tinggi.
  2. Tools yang Kuat: Photoshop dilengkapi dengan beragam alat dan fitur yang kuat untuk mengedit dan memanipulasi gambar. Mulai dari penghapusan latar belakang, hingga penyesuaian warna dan retouching, semua bisa dilakukan dengan akurat.
  3. Presisi dan Detail: Photoshop memungkinkan kamu melakukan pekerjaan dengan tingkat presisi yang tinggi. Kamu bisa dengan mudah memilih area yang ingin diubah, bahkan pada level piksel individu.
  4. Layers dan Masking: Fitur layers memungkinkan kamu membuat perubahan pada gambar tanpa merusak aslinya. Kamu bisa menumpuk elemen-elemen yang berbeda dalam lapisan terpisah dan mengatur transparansi serta interaksi antar-lapisan. Masking memungkinkan kamu mengontrol bagian mana yang terpengaruh oleh perubahan yang kamu buat.
  5. Kemampuan Profesional: Photoshop digunakan secara luas dalam industri desain grafis, fotografi, dan seni digital profesional. Ini memberikan kemampuan untuk menghasilkan hasil akhir yang sangat profesional.
  6. Kustomisasi dan Ekspansi: Photoshop mendukung beragam plugin dan aksi yang memungkinkan kamu untuk memperluas fungsionalitasnya sesuai kebutuhanmu.
  7. Mendukung Format Tinggi: Photoshop mendukung format gambar beresolusi tinggi dan bekerja dengan gambar yang memiliki banyak detail.

Langkah Cara Mengganti Background Foto dengan Photoshop

  1. Buka foto yang ingin Kamu edit di aplikasi Photoshop di komputer atau laptop.
  2. Setelah itu, klik kanan pada layer foto dan pilih “Layer from background”.
  3. Nanti muncul pop-up buat “Layer 0”. Cukup klik OK aja.
  4. Pakai fitur Magic Wand Tool dengan menekan tombol W. Ini penting buat seleksi bagian latar belakang.
  5. Pilih warna yang Kamu mau buat background baru di foto.
  6. Gunakan Paint Bucket Tool dengan menekan tombol G. Ini buat ngisi warna latar belakang yang baru.
  7. Klik area latar belakang yang tadi Kamu seleksi.
  8. Langkah terakhir, Kamu bisa simpan editan Kamu dengan menekan Ctrl + S, atau pilih Save melalui menu File.

Pastikan Kamu simpan foto dengan format .png atau .jpg biar bisa dilihat di mana aja tanpa masalah.

Aplikasi Cara Mengganti Background Foto Online

1. Photo Scissors: PhotoScissors Online punya fitur yang memudahkan Kamu mengganti background foto secara online. Situs ini bisa otomatis deteksi dan hapus latar belakang dari gambar. Kamu juga bisa hapus background secara manual dengan alat yang ada.

2. Lunapic: Lunapic nggak cuma bisa hapus latar belakang, tapi juga ada fitur edit menarik lainnya. Buat gambar dengan latar belakang solid, Lunapic bakal bekerja luar biasa. Cara Mengganti Background Foto online: unggah gambar, pergi ke Edit > Transparent Background. Hapus bagian background yang mau Kamu ganti.

3. PicsArt: PicsArt ini aplikasi edit foto yang punya fitur mengganti background juga. Pilih foto, tekan ADD di pojok atas kanan, tap Cutout buat hapus background. Kamu bisa perbaiki hasilnya dengan kuas dan penghapus, lalu simpan.

4. Remove Bg: Remove Bg ini gampang banget digunakan. Kamu tinggal unggah foto, situs akan hapus background otomatis. Kamu juga bisa ganti background dengan klik ikon Edit. Tapi situs ini lebih bagus buat foto yang ada orang atau objek tunggal.

5. Online Image Editor: Di sini, Kamu bisa manual pilih area atau warna yang mau dibuat transparan. Unggah gambar, pilih Transparansi di tab Wizards. Setelah background hilang, Kamu bisa ganti dengan warna atau gambar lain.

6. Auto Cut Paste: Ini aplikasi di ponsel yang punya template background siap pakai. Pasang Auto Cut Paste, pilih Cut Photo, lalu pilih foto. Kamu bisa memotong gambar dan hapus background dengan mudah. Kamu juga bisa tambah background baru dan simpan hasilnya.

7. MagiCut: MagiCut juga aplikasi sederhana buat ganti background di ponsel. Ada banyak pilihan background dan opsi unggah gambar dari Pixabay.

8. Cut Cut: Sama kayak PicsArt, Cut Cut juga deteksi garis luar subjek otomatis. Kamu bisa ganti background dan ada stok gambar yang bisa dipakai.

Langkah Cara Mengganti Background Foto dengan Microsoft Word

1. Buka Microsoft Word, pilih Insert, lalu klik Picture. Pilih foto yang ingin diedit dan klik Insert.

2. Klik foto yang telah dimasukkan. Di bagian atas, kamu akan lihat tab “Format”.

3. Pilih tab Format. Sebelum hapus background, posisikan foto dengan benar. Pilih Position, lalu pilih Position in top center. Gunakan juga Bring Forward supaya foto selalu berada di depan.

4. Setelah posisi teratur, klik foto dan pilih Remove Background di tab Format. Opsi ini ada di pojok kiri atas. Word akan warnai background dengan warna magenta, yang akan dihapus secara otomatis.

5. Sesuaikan titik background yang akan dihapus. Pastikan warna magenta menutupi background yang ingin dihapus. Word tidak selalu bisa sempurna seleksi latar belakang, tapi ada dua alat yang bisa membantu.

6. Dengan “Mark Areas to Keep”, Kamu bisa menyorot area yang ingin disimpan. Gunakan pena untuk menandai area yang tak ingin dihapus. Eksperimen dengan foto dan pena untuk hasil terbaik.

7. Dengan “Mark Areas to Remove”, gunakan pena untuk menandai area yang ingin dihapus.

8. Setelah editan selesai, klik “Keep Changes” di tab “Background Removal”. Background yang ditandai akan terhapus dan bisa diganti.

9. Pilih Insert, lalu Shape, dan pilih rectangle. Taruh rectangle dalam foto. Atur warna background yang diinginkan di Shape Styles. Gabungkan foto dan background. Simpan dalam bentuk JPG.

10. Klik foto, tahan Ctrl, arahkan pada shape background, lalu klik kanan dan pilih Group.

11. Klik foto yang sudah digabungkan, tekan Ctrl+x atau Cut. Gambar akan hilang. Untuk munculkan lagi, klik kanan, pilih “paste picture”, atau klik paste di pojok kiri atas.

12. Gambar akan muncul dengan latar belakang baru. Klik kanan, pilih “Save as Picture…”, pilih format gambar (JPG atau PNG), sesuai kebutuhan. Klik save.

13. Foto dengan latar belakang baru siap digunakan!

Tinggalkan komentar