10+ Cara Menyambungkan HP ke TV, Ini Penjelasannya!

10+ Cara Menyambungkan HP Ke TV, Ini Penjelasannya! – Cara menyambungkan HP ke TV bisa langsung Anda praktikkan. Setelah menghubungkan kedua perangkat tersebut maka Anda bisa menonton video YouTube, film dan program TV lainnya. 

Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan seperti kabel USB, bluetooth, fitur screen mirroring dan lain sebagainya. Dapatkan pengalaman menonton lebih seru pada layar yang lebih besar. 

Selain itu, Anda bisa menampilkan gambar atau file dari HP tanpa memindahkannya terlebih dahulu ke laptop atau flashdisk. Prosesnya tidak memerlukan waktu yang lama. 

Bagi sebagian orang mungkin belum familiar dengan caranya, namun tidak perlu khawatir karena kami akan menyajikan beberapa tutorial. Dengan demikian, siapa saja bisa menyambungkan sendiri. 

Simak 14 Cara Menyambungkan HP ke TV

Cara menyambungkan HP ke perangkat TV itu sangat mudah. Anda bebas menentukan sendiri cara mana yang akan digunakan. Oleh karena itu, pastikan menyimak hingga selesai. 

1. Lewat Fitur Screen Mirroring

Bagi pengguna iOS bisa melakukan screen mirroring maupun screen sharing. Hal ini didukung dengan adanya fitur AirPlay. Salah satu fungsinya menampilkan layar iPhone maupun iPad di Apple TV. 

Selain itu, bisa menggunakan perangkat yang mendukung fitur AirPlay. Lalu, bisa juga menghubungkan secara wireless. Dalam hal ini pengguna android dapat memanfaatkan fitur Miracast. 

Biasanya fitur tersebut ada pada Smart TV. Kedua perangkatnya akan terhubung lewat jaringan wifi sama. Cara menyambungkan HP ke TV secara wireless bisa mengikuti langkah berikut. 

Perangkatnya harus terhubung dengan jaringan wifi. Masuk ke menu setting dan aktifkan screen mirroring. Lakukan langkah yang sama di ponsel Anda. Setelah itu, cari merek televisi yang muncul di HP. 

Setelah itu, masukkan input code yang muncul. Lalu, silahkan tekan tombol “connect”. Kini, Anda bisa langsung menonton menggunakan televisi dengan nyaman dan lebih seru.

2. Menggunakan Chromecast

Chromecast adalah seperti dongle yang fungsinya menayangkan konten pada smartphone ke televisi. Produk buatan Google ini dapat digunakan pada jenis TV LED biasa jika ada port HDMI. 

Cara menyambungkan HP ke TV ini harus terhubung jaringan wifi. Selain itu, membutuhkan aplikasi Google Home. Langkah-langkah untuk menghubungkan dengan Chromecast adalah seperti berikut. 

Colokkan Chromecast terlebih dahulu, lalu pastikan terhubung ke jaringan wifi sama dengan smartphone. Lalu, sambungkan smartphone dengan Google Chromecast, kemudian install aplikasi Google Home pada smartphone. 

Tujuannya adalah untuk melakukan mirroring ke Chromecast. Setelah itu, putar film dan tekan tombol Cast. Kini, Anda sudah bisa menonton filmnya pada televisi. 

3. Menggunakan Bluetooth

Apabila televisinya mendukung konektivitas menggunakan bluetooth, silahkan ikuti cara berikut. Aktifkan bluetooth di HP. Setelah itu, pilih menu pengaturan koneksi di TV. 

Cara menyambungkan HP ke TV, silahkan nyalakan pengaturan bluetooth lalu scan perangkat untuk mencari perangkat HP. Pilihlah tombol connect atau add. Setelah terhubung, Anda bisa menonton film maupun hiburan lainnya. 

4. Memakai Mi TV Stick

Mi TV Stick merupakan produk seperti Android Box hasil buatan Xiaomi. Dimensinya mirip seperti flashdisk besar namun ukurannya lebih kecil daripada Android Box. 

Alat tersebut berfungsi mengubah TV LED biasa menjadi smart TV dan memutar konten dari berbagai layanan streaming. Contohnya YouTube, Viu, Video, Netflix dan lain-lain. 

Cara menyambungkan HP ke TV dengan mencolokkan alat itu melalui port HDMI. Lalu, hubungkan alatnya ke wifi dan pindah input di TV ke HDMI. HP Anda diinstal Google Home. 

Jalankan aplikasinya, lalu Mi TV  Stick dipindah pada jaringan wifi Anda. Langkah terakhir Anda hubungkan dengan klik tombol connect. Proses menyambungkan telah berhasil.

5. Memakai Kabel USB

Silahkan matikan televisinya terlebih dahulu sebelum dihubungkan. Sambungkan perangkat memakai kabel HDMI, lalu nyalakan televisinya kembali. Pindahkan salurannya ke pilihan HDMI, kemudian aktifkan HDMI connection. 

6. Menghubungkan dengan DLNA

Cara menyambungkan HP ke TV berikutnya adalah menggunakan DLNA (Digital Living Network Alliance). Fitur DLNA ini berfungsi mengakses banyak dokumen multimedia seperti film, musik dan video. 

Selain itu, bisa mengakses gambar yang ada di suatu perangkat lewat perangkat lain dengan memanfaatkan router atau koneksi wifi. Anda tidak hanya bisa melihatnya saja, melainkan bertukar konten antar perangkat.

Hampir sebagian besar smart TV telah terhubung internet sehingga dapat mendukung DLNA. Cara menjalankannya bisa dengan UPnP atau Universal Plug and Play. Pastikan semua perangkat telah terhubung pada jaringan sama. 

7. Cara Menghubungkan HP OPPO

Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk menyambungkannya. Silahkan buka settings, lalu pilih menu other wireless connection. Terakhir aktifkan toggle wireless display atau multi-screen interaction.  

8. Langkah-langkah Menyambungkan HP Vivo

Cara menyambungkan HP ke TV dengan mengatur screen mirroring di jendela status bar. Buka menu settings, lalu pilih menu smart mirroring. Terakhir,aktifkan screen mirroring agar terhubung. 

9. Mengatur Screen Mirroring Pada TV Samsung

Samsung adalah salah satu produk terkenal yang kualitasnya terjamin bagus. Adanya aplikasi SmartThings mempermudah proses penyambungan dengan smartphone. Silahkan Anda download terlebih dahulu aplikasi SmartThings pada HP. 

Langkah berikutnya, klik “add now” pada jendela pop up untuk menghubungkan perangkat. Di halaman dashboard aplikasi, silahkan pilih merek Samsung. Setelah itu, klik titik tiga dan pilih mirror screen.

10. Langkah-langkah Mengatur Screen Mirroring Pada TV Sony

Merek Sony terkenal harganya mahal namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Warnanya tajam dan memiliki resolusi tinggi sehingga memberi kenyamanan saat digunakan menonton. 

Cara menyambungkan HP ke TV yaitu silahkan tekan tombol input. Setelah itu, pilih “screen mirroring”. Lakukan pengaturan di ponsel untuk memulai menghubungkan dengan televisi. 

11. Pengaturan Screen Mirroring di TV LG 

Pada merek ini Anda membutuhkan alat bantu miracast. Cara menyambungkan yaitu tekan tombol home di remote televisinya. Setelah itu, pilih menu network.

Langkah selanjutnya memilih opsi miracast dan aktifkan. Selain itu, Anda aktifkan juga miracast di ponsel saat dilakukan pemindaian. Dengan demikian, proses penyambungan akan berjalan lancar. 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa android TV LG lainnya yang proses pengaturannya sangat mudah. Anda tinggal masuk ke menu screen share. Setelah itu, mengatur screen mirroring di smartphone. 

12. Pengaturan Pada Smart TV Polytron

Cara menyambungkan HP ke TV selanjutnya adalah pilih menu miracast di halaman home televisi tersebut. Aktifkan fitur cast pada smartphone dan pilih perangkat televisinya, kemudian terima di jendela pop up.

13. Pengaturan Sambungan di HP Samsung

Buka jendela quick settings, caranya swipe layar dari atas ke bawah. Geser ke kiri sampai menemukan menu smart view. Klik ikon tersebut untuk mengaktifkannya dan smartphone akan memindai perangkat. 

14. Menyambungkan HP Xiaomi

Xiaomi dilengkapi fitur cast bawaan sehingga Anda tidak harus menginstal aplikasi lagi. Silahkan buka pengaturan dan pilih “connecting & sharing”. Pilih menu cast, aktifkan toggle dan klik tombol “turn on”. 

Semua cara di atas bisa langsung Anda praktikkan untuk memberikan pengalaman menonton lebih baik. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari bagaimana cara menyambungkan HP ke TV.

Tinggalkan komentar