10 Cara Belanja di Alibaba Dengan Mudah

idpintar.com – Kamu pasti tahu Alibaba, salah satu situs belanja online yang sangat terkenal dan digemari di Asia. Di sana, baik perusahaan maupun individu bisa jual-beli produk. Bedanya dengan Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak, Alibaba sudah merambah pasar dalam negeri China dan juga di dunia internasional.

Alibaba jadi pilihan banyak orang di luar negeri karena barang-barang dijual di sana seringkali harganya sangat terjangkau. Bahkan orang Indonesia pun suka belanja di Alibaba. Nah, kalau kamu baru belajar atau ingin belanja di Alibaba dengan menggunakan rupiah, tanpa khawatir tentang proses pesanan, informasi berikut ini penting untuk kamu ketahui.

Cara belanja di Alibaba dengan rupiah ini berbeda sekali dengan cara belanja di Shopee melalui Indomaret. Karena Alibaba berskala internasional dan menggunakan mata uang Tiongkok, kamu perlu tahu kurs rupiah terhadap yuan saat berbelanja di sana. Jika kamu memiliki PayPal atau kartu kredit, berbelanja di Alibaba akan jadi lebih muda.

Tapi, bagaimana jika kamu ingin belanja di Alibaba tapi tidak punya kartu kredit atau PayPal? Nah, di sini kami akan memberitahu caranya. Informasi ini tidak hanya untuk mereka yang sudah pernah belanja di Alibaba dan ingin menggunakan rupiah, tetapi juga untuk pemula yang baru pertama kali belanja di situs Alibaba.

Kamu perlu bikin akun di Alibaba sebelum bisa mulai belanja. Sama seperti website toko online lainnya, bikin akun ini langkah pertama sebelum kamu bisa pesan barang dan bayarnya.

10 Cara Belanja di Alibaba Dengan Mudah
10 Cara Belanja di Alibaba Dengan Mudah

Kenapa harus Belanja di Alibaba?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih untuk berbelanja di Alibaba:

  1. Beragam Pilihan Produk: Alibaba memiliki berbagai jenis produk dari berbagai kategori, mulai dari pakaian, peralatan elektronik, perhiasan, hingga peralatan industri. Hal ini memungkinkan kamu untuk menemukan produk sesuai kebutuhanmu.
  2. Harga yang Bersaing: Alibaba sering kali menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada toko konvensional atau bahkan platform e-commerce lainnya. Ini disebabkan oleh jumlah penjual yang besar dan persaingan, sehingga kamu bisa mendapatkan penawaran yang baik.
  3. Penjual Internasional: Alibaba adalah pasar global, yang berarti kamu dapat membeli produk dari penjual di berbagai negara. Hal ini memberi kamu akses ke produk-produk unik dan eksotis yang mungkin sulit ditemukan di pasar lokal.
  4. Penjual Terpercaya: Alibaba memiliki program verifikasi penjual yang membantu dalam mengidentifikasi penjual yang dapat dipercaya. Penjual dengan lencana verifikasi umumnya lebih aman untuk bertransaksi.
  5. Pembelian dalam Jumlah Besar: Alibaba juga cocok untuk bisnis yang ingin membeli produk dalam jumlah besar. Banyak penjual menawarkan diskon ketika kamu membeli dalam jumlah besar.
  6. Kustomisasi: Beberapa penjual di Alibaba memungkinkan kustomisasi produk sesuai dengan kebutuhanmu. Ini sangat berguna jika kamu memerlukan produk dengan spesifikasi tertentu.
  7. Mudah Digunakan: Alibaba memiliki platform yang mudah digunakan, dan proses pembelian biasanya cukup sederhana.

Namun, penting untuk diingat bahwa berbelanja di Alibaba juga memiliki risiko tertentu, terutama terkait dengan keamanan, pemalsuan, dan kualitas produk. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dalam memilih penjual dan melakukan penelitian sebelum berbelanja. Selain itu, pastikan kamu memahami persyaratan pengiriman, pajak, dan bea cukai yang berlaku di negaramu sebelum melakukan pembelian.

Mencari Barang yang Kamu Inginkan

Setelah kamu bikin akun di Alibaba, langkah berikutnya adalah pilih barang yang mau kamu beli. Di sini, penting banget buat bijak dalam memilih penjual, supaya pesanan kamu aman dan sampai tujuan. Kuncinya adalah cari penjual yang sudah divalidasi.

Hindari Penjual dengan Alamat Email Pribadi

Ingat, jangan pilih penjual yang pakai alamat email pribadi buat urusan bisnis. Pastikan mereka punya alamat email yang sesuai dengan perusahaan atau website mereka.

Pilih Metode Pengiriman

Alibaba menyediakan beragam layanan pengiriman internasional seperti Fedex, EMS, atau DHL. Lebih baik pilih DHL atau EMS yang sudah dikenal di Indonesia.

Memilih Cara Bayar

Hal penting dalam cara berbelanja di Alibaba dengan rupiah adalah tahap kelima ini. Pilih metode pembayaran lewat Western Union. Ini memudahkan kamu buat beli barang di Alibaba dengan kurs rupiah. Kamu bisa bayar pesanan kamu di kantor pos, Pegadaian, Indomaret, atau Alfamart pakai Western Union.

Tinggal Tunggu Pesanan Datang

Setelah kamu bayar dan dapat email konfirmasi pembayaran sukses, itu berarti barang kamu sudah dibayar dan tinggal dikirim oleh penjual. Biasanya, pesanan kamu akan tiba dalam waktu maksimal dua minggu. Kalau lebih lama dari itu, mungkin pesanan kamu tertahan di kantor Bea Cukai karena urusan pajak. Buat menyelesaikan masalah ini, kamu harus bayar pajak barang yang kamu beli di Alibaba.

Itu dia cara berbelanja di Alibaba dengan rupiah. Semoga informasi ini berguna buat kamu dan kamu bisa berbelanja dengan aman di Alibaba. Jangan lupa juga cek cara berbelanja di Bukalapak pakai HP Android buat dapat cashback.

Kesimpulan

Berbelanja di Alibaba memiliki sejumlah kelebihan, termasuk beragam pilihan produk, harga yang bersaing, akses ke penjual internasional, penjual terpercaya, kemungkinan pembelian dalam jumlah besar, kemungkinan kustomisasi produk, serta kegunaan platform yang mudah digunakan.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa ada risiko yang terkait dengan keamanan, pemalsuan, dan kualitas produk. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dalam memilih penjual, melakukan penelitian, dan memahami persyaratan pengiriman serta bea cukai sebelum berbelanja di Alibaba. Selamat mencoba ya Sobat!

FAQ

Mengapa saya harus berbelanja di Alibaba?

Ada beberapa alasan untuk berbelanja di Alibaba, termasuk beragam produk, harga yang bersaing, akses ke penjual internasional, penjual terpercaya, dan kemungkinan pembelian dalam jumlah besar.

Bagaimana cara mencari produk di Alibaba?

Gunakan fitur pencarian di situs web Alibaba dan ketik kata kunci produk yang kamu cari. Hasil pencarian akan menampilkan berbagai produk yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Bagaimana saya bisa memverifikasi keamanan transaksi di Alibaba?

Pastikan untuk memilih penjual yang memiliki lencana verifikasi, serta membaca ulasan dari pembeli sebelumnya. Selain itu, pertimbangkan penggunaan metode pembayaran yang aman, seperti PayPal.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak memiliki kartu kredit atau PayPal?

Jika kamu tidak memiliki kartu kredit atau PayPal, Alibaba menyediakan berbagai metode pembayaran alternatif, seperti Western Union. Cari tahu metode pembayaran yang paling sesuai dengan kamu.

Bagaimana cara memeriksa pajak dan bea cukai pada pesanan di Alibaba?

Pastikan untuk memahami persyaratan pajak dan bea cukai yang berlaku di negaramu. Kamu bisa berkonsultasi dengan pihak berwenang atau kantor bea cukai setempat untuk informasi lebih lanjut.

Berapa lama waktu pengiriman produk dari Alibaba?

Waktu pengiriman bisa bervariasi tergantung pada penjual, lokasi, dan metode pengiriman yang kamu pilih. Biasanya, pesanan tiba dalam waktu beberapa minggu, tetapi itu dapat berbeda.

Tinggalkan komentar