10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik

idpintar.com – Kamu pasti pernah denger peribahasa, “Besar pasak daripada tiang,” yang artinya pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan, kan? Banyak dari kita yang menghadapi masalah keuangan kayak gini, bikin bulanannya jadi selalu berat.

Nah, apakah kamu juga punya masalah serupa? Tenang, ada solusi simpel buat ngatur keuanganmu dengan lebih baik. Kamu nggak perlu repot-repot sewa akuntan pribadi buat ngebantu. Cukup unduh beberapa aplikasi pengatur keuangan di Androidmu, dan aplikasi-aplikasi itu bakal bantu kamu ngatur keuangan sehari-hari dengan mudah.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik

1. AndroMoney (Expense Track)

Kamu bisa coba pakai AndroMoney (Expense Track) nih. Aplikasi Pengatur Keuangan ini simpel banget buat melacak pemasukan dan pengeluaranmu. Kamu bakal dapet tampilan yang jelas dan rinci. Ada juga fitur buat atur anggaran dengan detail, grafik yang nunjukin pengeluaranmu, dan bisa nyimpen data lewat Dropbox dan Google Docs.

Dengan AndroMoney, kamu bisa dengan mudah atur budget buat berbagai hal, mulai dari jalan-jalan, nonton film, makan, gadget, sampe belanja kebutuhan rumah tangga dan furniture, atau bahkan belanja baju.

2. Money Lover

Kamu perlu bantuan buat ngatur uangmu? Cobain deh Money Lover, aplikasi pengatur keuangan yang super gampang dipake.

Di aplikasi ini, ada fitur-fitur keren kayak budget, savings, dan events yang bisa bantu kamu atur pengeluaran sepanjang bulan buat segala macam kebutuhan, termasuk makanan, transportasi, dan hiburan.

Dengan Money Lover, semua pengeluaranmu bisa kamu kendalikan dengan simpel, jadi nggak perlu ribet nulis laporan keuangan di kertas lagi.

3. Monefy

Monefy

Kamu pasti setuju, aplikasi Monefy ini punya tampilan yang menarik dan sederhana banget. Gak ada yang mau ribet ngatur keuangan, kan? Nah, dengan Monefy, semuanya jadi lebih simpel.

Di aplikasi ini, ada beberapa kategori buat ngatur anggaran, dan antarmukanya simpel banget tapi efektif. Kamu tinggal masukin jumlah uang, pilih kategorinya, dan selesai! Gampang banget deh ngatur keuangan sehari-harimu.

4. Buku Warung

buku warung

Selanjutnya, ada Buku Warung. Aplikasi ini cocok buat dipake buat keuangan pribadi atau bisnismu. Buku Warung hadir buat nyediain solusi pencatatan keuangan yang gampang, gratis, dan aman.

Di sini, ada fitur Catat Utang yang oke banget. Kamu bisa catat utang orang dengan mudah, dan yang uniknya, mereka bakal dikasih pengingat utang lewat SMS otomatis.

Selain itu, Buku Warung juga bisa bantu kamu nyari tahu untung dan rugi dengan mudah. Jadi gaji yang cepet habis? Gak lagi deh, karena kamu bisa atur keuangan dengan lebih baik.

Kelebihan lainnya, data di Buku Warung aman banget karena disimpan online. Jadi, gak bakal hilang meskipun ganti HP.

5. Finansialku

Nah, kalau Finansialku juga oke nih buat ngatur keuangan. Aplikasi ini punya sertifikat CFP, jadi bisa diandalkan banget. Kamu bisa tentuin budget berdasarkan rekeningmu dan mereka juga punya tips-tips buat ngatur keuangan yang efektif.

6. Spendee

Aplikasi ini bisa bantu kamu ngatur keuangan setiap bulan, catet pengeluaran buat belanja atau liburan, bahkan bisa ngatur keuangan bareng pasangan lewat fitur Keuangan Bersama. Dan yang keren, bisa konekin dengan akun bank dan e-walletmu juga.

7. Money Manager

Kamu bisa pakai Money Manager, nih. Aplikasi ini bantu kamu catet pengeluaran harian dan bulanan dengan mudah.

Selain itu, Money Manager juga kasih laporan keuangan, mulai dari harian, bulanan, sampe tahunan. Kamu bahkan bisa unduh laporan-laporan ini dalam berbagai format, termasuk PDF, langsung ke ponsel Androidmu.

8. DompetKu

Selanjutnya, ada DompetKu, aplikasi buatan Indonesia yang oke banget. DompetKu bisa bantu kamu catet pengeluaran, pemasukan, dan bahkan catatan pinjaman dan hutang. Kamu juga bisa tambahin beberapa rekening bank di aplikasi ini.

Yang seru, DompetKu bikin laporan keuangan berkala buat kamu. Laporan ini juga gampang dimengerti, jadi siapa pun yang pake aplikasi ini bisa ngerti.

Nggak perlu khawatir soal privasi, karena DompetKu punya fitur password dan PIN buat melindungi data keuanganmu. Jadi, aman dan nyaman buat ngatur uang.

9. Expenses IQ

Kamu bisa coba Expenses IQ, nih. Aplikasi ini bagus buat catet keuanganmu, termasuk pengeluaran, pemasukan, sampe catatan pinjaman.

Ada fitur keren juga, seperti pengingat tagihan, biar kamu gak lupa bayar tagihan yang penting. Laporan keuangannya juga mudah dimengerti, dan bisa kamu unduh ke smartphone.

Yang seru, Expenses IQ gak cuma buat keuangan pribadi, tapi juga bisa dipake buat atur keuangan perusahaan.

10. Sribuu

Terus, ada juga Sribuu, aplikasi buatan Indonesia yang oke banget buat ngatur uang. Sribuu bisa pantau pengeluaran dan pemasukanmu secara reguler, termasuk di rekening dan belanja online.

Sribuu juga bakal kasih laporan dan pengingat biar kamu lebih disiplin dalam ngatur keuangan. Jadi, bukan cuma memantau, tapi juga bantu kamu jadi lebih bijak dalam mengelola uang.

Kesimpulan

Jadi, ada banyak aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu coba. Semua aplikasi ini dirancang untuk membantu kamu mengelola uang dengan lebih baik. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.

Dengan bantuan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa lebih mudah mencatat pengeluaran, mengatur anggaran, dan mengelola keuanganmu, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Jadi, jangan biarkan keuanganmu berantakan, yuk mulai gunakan salah satu dari aplikasi pengatur keuangan di atas untuk membantu kamu mengatur keuangan dengan lebih efektif.

FAQ

  1. Apa itu pengaturan keuangan? Pengaturan keuangan adalah proses mengelola pendapatan, pengeluaran, serta aset dan kewajiban keuangan secara efisien untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.
  2. Mengapa penting untuk mengatur keuangan? Mengatur keuangan penting untuk menjaga stabilitas finansial, menghindari utang berlebihan, menghemat untuk tujuan masa depan, dan mencapai kebebasan finansial.
  3. Apa perbedaan antara aplikasi pengatur keuangan dengan mencatat keuangan secara manual? Aplikasi pengatur keuangan menyederhanakan proses pencatatan keuangan dengan fitur-fitur otomatis, visualisasi data, dan pelacakan transaksi yang lebih efisien. Mencatat manual cenderung lebih rumit dan rentan terhadap kesalahan.
  4. Apa aplikasi pengatur keuangan yang terbaik? Aplikasi terbaik bervariasi sesuai dengan preferensi individu. Beberapa aplikasi populer untuk pengaturan keuangan termasuk Mint, YNAB (You Need a Budget), Quicken, dan Personal Capital. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan pribadi.
  5. Apakah aplikasi pengatur keuangan aman digunakan? Sebagian besar aplikasi pengatur keuangan memiliki langkah-langkah keamanan seperti enkripsi data dan penggunaan password untuk melindungi informasi finansial. Pastikan selalu menggunakan aplikasi resmi dari penyedia tepercaya dan aktifkan fitur keamanan yang tersedia.
  6. Apakah penggunaan aplikasi pengatur keuangan berbayar atau gratis lebih baik? Kualitas aplikasi pengatur keuangan tidak selalu tergantung pada biayanya. Ada aplikasi gratis yang sangat berguna, tetapi ada juga versi berbayar dengan fitur tambahan. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan kemampuan finansialmu.